Strategi Promosi di Media Sosial yang Baik - Shaniba Creative Industry Studio Fotografi Produk dan Editing Foto

Strategi Promosi Di Media Sosial yang Efektif? Yuk Cek 7 Tips Berikut Ini

Teguh Shaniba Bisnis, Gaya Hidup, Media Sosial Tinggalkan Komentar

Media sosial saat ini berperan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Bukan hanya untuk interaksi sosial saja, tapi juga menjadi media marketing yang potensial. Namun, menggunakan media sosial sebagai sarana promosi tidak bisa sembarangan. Ada beberapa strategi promosi di media sosial yang perlu Anda lakukan supaya hasilnya lebih optimal.

Strategi Promosi di Media Sosial yang Baik - Shaniba Creative Industry Studio Fotografi Produk dan Editing Foto

Promosi di Media Sosial Membutuhkan Strategi yang Matang agar Hasilnya Maksimal – Photo by Austin Distel on Unsplash

#1 Kredibilitas Adalah Modal Utama Promosi di Media Soaial

Membangun kredibilitas di sosial media tidak berarti Anda harus memiliki banyak follower. Yang terpenting adalah bagaimana Anda membangun brand awareness. Misalnya dengan mendesain tampilan website, blog, dan media sosial sesuai dengan jenis bisnis yang Anda miliki.

#2 Menarik Pelanggan Potensial

Ini adalah strategi promosi di media sosial yang kedua. Salah satu cara mendapatkan pelanggan potensial melalui Facebook adalah dengan melakukan setup geotagging di page Facebook bisnis Anda. Kemudian mengajak teman – teman Facebook Anda untuk menjadi konsumen potensial. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan influencer yang sesuai dengan brand image bisnis Anda.

#3 Membagi Konten Yang Diakurasikan

Akurasi konten adalah salah satu hal yang penting. Karena itu, pastikan Anda memiliki konten yang relevan dan terus berkembang. Konten yang berkualitas dan memberikan manfaat akan cenderung menarik perhatian orang dibandingkan dengan konten yang dibuat sekenanya. Akurasi konten tidak sekedar strategi promosi di media sosial yang perlu dijalankan. Namun lebih tepatnya ini adalah hal yang wajib dilakukan karena akan sangat mempengaruhi nama baik Anda.

#4 Menggunakan Gambar Dan Hashtag Yang Baik Dan Menarik

Jangan lupakan juga aspek penggunaan gambar pada konten yang Anda unggah. Aspek ini akan membuat informasi jadi lebih menarik dan mudah dipahami. Selain itu, penggunaan hashtag juga dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Hashtag yang tepat bisa menjadi crowdsource untuk konten yang Anda unggah. Sehingga, ada lebih banyak orang yang bisa menemukan konten Anda.

Hashtag yang terbaik memang memerlukan perencanaan dan analisa yang matang namun ini adalah salah satu strategi promosi di media sosial yang cukup penting. Hastagh akan membantu kita meningkatkan jangkauan postingan kita agar bisa dinikmati oleh audiens yang lebih besar.

#5 Bergabung Dengan Komunitas Dapat Membantu Aktifitas Promosi di Media Sosial

Ada banyak komunitas online yang bisa Anda ikuti. Dengan bergabung dalam komunitas online bersama dengan pengusaha lainnya, Anda bisa berdiskusi mengenai banyak hal dengan pebisnis lainnya. Termasuk juga tentang bisnis yang Anda jalani dan berbagi tips tentang solusi atas masalah yang Anda hadapi.

#6 Mengadakan Percakapan Yang Menarik

Strategi promosi di media sosial yang ke-enam adalah selalu buat percakapan yang menarik dalam setiap postingan Anda. Selain memberikan informasi kepada orang lain, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan juga akan merasa lebih terhubung secara emosional dengan brand Anda. Hal ini tentu saja akan lebih menarik perhatian pelanggan Anda.

#7 Batasi Platform Yang Digunakan

Menggunakan terlalu banyak platform akan membuat konsentrasi Anda terpecah. Selain itu, mengurusi banyak platform tanpa perencanaan yang matang akan membuat seluruh media sosial yang Anda miliki malah jadi tidak maksimal. Karena itu, usahakan untuk menentukan platform mana yang akan Anda gunakan, dan cobalah untuk fokus secara maksimal di sana.

#8 Gunakan Foto yang Berkualitas Bilamana Anda Adalah Pelaku Usaha

Foto adalah bahan yang tidak bisa dipisahkan dari media sosial. Di media sosial tertentu justru foto adalah modal dasar postingan Anda. Menggunakan foto yang bagus adalah strategi promosi di media sosial yang harus dijalankan bila Anda ingin mendapatkan hasil yang baik. Tidak perlu mengambil banyak contoh, akun media sosial yang menampilkan foto-foto indah selalu ramai pengunjung. Hal ini dikarenakan memang manusia sangat mencintai hal-hal yang indah di mata secara natural.

Menggunakan foto produk yang baik akan membuat audiens nyaman melihatnya atau bahkan meningkatkan minat beli dari calon konsumen. Hal ini sudah tentu menjadi strategi promosi di media sosial yang sangat penting terutama bagi Anda yang menjual produk.

Ciri Foto yang Baik untuk Promosi di Media Sosial

Foto yang bagus itu cukup mudah diartikan. Bila foto tersebut memiliki komposisi yang baik, menampilkan subjek dengan jelas, tajam, serta menampilkan warna dengan indah sudah bisa disebut dengan foto yang bagus. Foto seperti ini akan memanjakan mata audiens dan membuatnya betah melihat postingan Anda lebih lama. Media sosial seperti instagram memiliki algoritma khusus dimana semakin lama postingan Anda dilihat oleh orang maka nilainya akan semakin baik. Hal ini sudah tentu akan jadi strategi promosi di media sosial yang tepat.

Edit Foto yang Akan Anda  Gunakan untuk Promosi di Media Sosial dengan Baik

Saat ini sudah tersedia cukup banyak aplikasi baik gratisan ataupun berbayar yang bisa membantu Anda meningkatkan penampilan foto. Memang butuh skill khusus untuk mendapatkan hasil yang baik. Namun tenang saja, setiap aplikasi normalnya sudah memiliki preset sendiri-sendiri sehingga bisa membantu Anda dalam mengedit foto hanya dengan beberapa kali klik. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, bila Anda adalah seorang pedagang yang menjual produk. Jangan edit foto Anda secara berlebihan karena akan mengurangi originalitas tampilannya. Untuk editing foto produk akan lebih baik bila Anda menggunakan jasa editor foto profesional agar strategi promosi di media sosial Anda lebih efektif.

Buat Foto yang Bagus Bersama Shaniba Creative Industry

Shaniba Creative Industry - Studio Jasa Foto Produk, Editing Foto. & Foto Portrait

Shaniba Creative Industry – Melayani Jasa Foto Produk, Eiditng Foto, & Foto Portrait Profesional

Membuat foto produk yang bagus memang membutuhkan waktu, tenaga, peralatan, dan skill khusus. Bilamana Anda tidak memiliki salah satu atau semuanya, tidak masalah. Karena ada banyak studio foto atau fotografer di luaran sana yang bisa membantu Anda. Studio foto yang cukup recommended untuk pembuatan foto yang bagus adalah Shaniba Creative Industry.

Shaniba Creative Industry adalah studio foto komersial yang melayani jasa foto produk berkualitas. Selain itu juga ada layanan jasa edit retouching foto bila Anda sudah memiliki foto yang bagus namun butuh layanan editing lebih lanjut agar maksimal. Bagi Anda yang menjalankan usaha jasa atau seorang pekerja profesional, tersedia juga jasa pembuatan foto portrait bisnis atau CV.

Informasi lebih lanjut tentang Shaniba Creative Industry dapat Anda peroleh di website resminya shanibacreative.com. Anda juga bisa menghubungi customer service melalui Whatsapp di nomor 081 911 911 999. Bagi pengguna Telegram tidak perlu khawatir, nomor 081 911 911 999 juga terdaftar dengan username @shanibacreative.

Itulah beberapa strategi promosi di media sosial yang bisa Anda lakukan. Dari strategi tersebut, manakah yang sudah Anda lakukan?

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *