Cara Memotret yang Baik - Shaniba Creative Industry

Mengenal Cara Memotret Yang Baik Bagi Pemula, Simak Tips Berikut

Cara Memotret yang Baik - Shaniba Creative Industry

Cara Memotret yang Baik – Gambar oleh Raman Oza dari Pixabay

Mempersiapkan Diri dan Alat

Dalam memotret, memang membutuhkan keahlian dan peralatan, namun bukan berarti Anda harus langsung menjadi seorang ahli. Mempersiapkan diri untuk mengenal cara memotret yang baik, apalagi bagi para pemula, harus diawali dengan persiapan diri yang baik. Persiapan diri ini meliputi peralatan dan kemauan. Peralatan tidak harus mewah, cukup memiliki kamera yang standar, bisa menggunakan kamera profesional, atau bisa mengandalkan kamera smartphonemu. Untuk mengetahui cara memotret yang baik, harus diiringi dengan mempelajari beberapa dasar dalam fotografi, apa saja itu?

Memahami Jenis-Jenis Angle

Dalam cara memotret yang baik, tahapan yang pertama, yang harus Anda pahami adalah mengenai perbedaan angel. Perbedaan sudut dalam pengambilan foto bisa sangat mempengaruhi bagaimana hasil yang akan didapatkan. Mengetahui mengenai perbedaan sudut pada foto ini akan sangat membantumu untuk menentukan komposisi pada foto. Sebagai pemula, Anda bisa memetakan sudut menjadi low angle untuk objek yang lebih fokus, high angle untuk lanskap, eye level untuk foto model, dan birds eye untuk kawasan objek yang luas.

Perhatikan Fokus Objek

Fokus dalam foto merupakan hal kedua yang harus Anda pelajari. Terkadang kegagalan yang terjadi dalam sebuah hasil foto adalah karena fokus foto yang tidak presisi. Tentukanlah apakah Anda ingin mengambil foto yang berjarak dekat, dengan detail tertentu, atau ingin mengonsepkan objek yang lebih luas dan beragam.

Pelajari Penggunaan Cahaya

Permainan cahaya merupakan bagian yang sebagai penentu bagus atau tidaknya hasil foto yang dijepret. Cahaya yang tepat akan sangat berpengaruh pada hasil foto yang baik. Ketahuilah tak semua jenis foto memerlukan bantuan cahaya flash, dan tak semua jenis foto membutuhkan kadar cahaya tinggi. Anda harus mencoba berbagai komposisi cahaya, agar bisa mengetahui bagaimana perpaduan yang paling apik.

Latihan Setiap Hari

Menemukan cara memotret yang baik bukan hanya perkara alat, namun juga masalah rasa dan selera. Dan keduanya ini baru bisa didapatkan setelah latihan yang intensif dan kontinyu. Sehingga Anda bisa lebih memahami bagaimana perbedaan antar angel, penggunaan cahaya dan tepat, dan bagaimana pemilihan objek yang cocok.

Melakukan Eksperimen dengan Setting pada Kamera

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan percobaan pada pengaturan yang ada di kamera yang Anda miliki. Biasanya yang paling dasar adalah mengetahui mengenai penggunaan pengaturan manual pada iso, ataupun diafragma, dan fokus pada kamera. Mempelajari ini bisa membuatmu lebih memahami mengenai komposisi pada gambar. Dengan terbiasa pada pengaturan manual ini, Anda akan jadi lebih peka juga pada titik-titik pengambilan foto dan objek.

Sebenarnya tidak perlu harus menjadi fotografer handal terlebih dahulu untuk bisa membuat foto bagus. Menggunakan jasa studio foto atau fotografer profesional adalah solusi tercepat untuk Anda. Bagi Anda yang membutuhkan foto bagus untuk kebutuhan bisnis, Shaniba Creative Industry adalah salah satu pilihan yang tepat. Anda bisa memperoleh beragam layanan fotografi seperti jasa layanan foto produk, jasa foto portrait, dan juga jasa editing serta highend retouching. Kunjungi laman web Shaniba Creative Industry untuk informasi lebih lanjut.

Itulah beberapa cara memotret yang baik, yang bisa Anda jadikan referensi sebagai seorang pemula. Jangan lupa, cara memotret yang bagus itu tidak datang dengan instan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *