cara-memotret-yang-bagus

Mari Belajar Tips Cara Memotret yang Bagus Bagi Pemula

Teguh Shaniba Fotografi Tinggalkan Komentar

cara-memotret-yang-bagus

Memotret yang Bagus – Gambar oleh Kiên Trịnh dari Pixabay

Cara memotret yang bagus tentu bisa dipelajari dengan banyak jalur. Bagi Anda yang masih pemula, hal ini tentu terkesan menantang. Banyak orang bahkan tidak tahu harus bagaimana saat ingin mulai terjun ke dunia fotografi.

Walaupun terkesan menantang, fotografi sebenarnya adalah hal yang bebas. Anda tidak harus menggunakan kamera mahal untuk mendapatkan foto yang baik. Sekarang saja, para fotografer sudah ada yang hanya menggunakan smartphone.

Tergantung dari jalur fotografi yang Anda kejar, peralatan yang digunakan bukanlah yang harus dipermasalahkan. Hal yang lebih penting adalah menyesuaikan teknik dengan gambar apa yang ingin Anda tangkap. Jika Anda yang masih pemula ingin belajar lebih cepat, mari bahas beberapa tips di bawah ini Anda bisa membantu Anda menjadi pemotret yang handal!

Memilih Jalan Fotografi Mana yang Paling Cocok Untuk Anda

Sebelum mulai belajar tentang cara potret, hal yang paling dahulu harus Anda cari tahu adalah jalan fotografi apa yang ingin Anda ambil? Fotografi tentu ada banyak cabang, mulai dari fotografi sebagai hobi, foto untuk karir dan bahkan apa media yang Anda gunakan.

Jika Anda bandingkan foto untuk karir di studio misalnya, tentu akan berbeda dengan fotografi alam seperti yang ada di majalah National Geographic. Karena berbeda, tentu saja Anda tidak bisa asal belajar.

Semisal Anda adalah pemula yang ingin jago mengambil foto dari HP, tentu belajar cara menjadi fotografer dengan HP Android lebih baik diperdalam dibandingkan dengan kamera DSLR. Alat yang berbeda memiliki patokan berbeda. Tapi untuk beberapa hal setiap fotografi juga memiliki persamaan, tapi jika ingin lebih clear belajar, Anda harus tentukan jalannya terlebih dahulu.

Semisal Anda sudah ahli, banyak hal tentu akan terbuka bagi Anda. Misalnya karena ahli sebagai fotografer komersial. Karena itu, Anda bisa patok harga foto prewedding di studio yang tinggi. Hal seperti ini tentu tidak akan terjadi jika Anda tidak fokus belajar sebagai pemula sebelumnya.

Beli Alat Potret yang Paling Baik Sesuai dengan Pilihan Jalur Fotografi Anda

Jika sudah jelas tentang jalur mana yang akan diambil dalam fotografi, sekarang Anda bisa menentukan senjata yang dipakai. Hal seperti kamera digital, kamera vintage dan bahkan HP, semua bisa jadi alat yang mendukung Anda dalam mengambil gambar foto bagus.

Karena gambar biasanya sejalan dengan kualitas alat yang digunakan. Anda harus perhatikan benar spec alat tersebut. Misal saja soal HP untuk fotografi hobi Anda. Spec kamera HP tentu harus tajam, memiliki fitur lengkap dan bisa di customize sesuai kebutuhan gambar dan tentunya mudah digunakan. Sebisa mungkin, ambil alat yang terbaik walau harus keluar sedikit mahal dari segi biaya.

Pelajari Alat yang Anda Gunakan dengan Baik sebelum Anda Bisa Membuat Foto yang Baik

Setelah membeli alatnya, sekarang waktunya belajar tentang alat tersebut. Bagi pemula yang belum terbiasa menggunakan alat fotografi mahal, Anda tentu perlu proses untuk terbiasa menggunakannya. Pastikan cari tips dan informasi seputar cara berfoto yang baik menggunakan alat tersebut. Setting seperti apa yang paling umum digunakan? Bagaimana cara mengatur focus? Bagaimana cara mengaplikasikan filter? Semua itu perlu Anda ketahui jika ingin menggunakan alat secara maksimal.

Untuk cara memotret yang baik menggunakan alat tersebut, Anda juga harus eksperimen sendiri. Mencoba – coba dan sering menggunakan alat tentu membuat Anda lebih terbiasa memegangnya. Jika sudah terasa tidak enak digunakan, Anda baru mulai menggunakan teknik yang lebih advance.

Sebagai contoh saja, Anda ingin belajar cara selfie yang cantik menggunakan kamera HP. Anda paling tidak, harus terbiasa memegang HP dan tahu setting yang tepat untuk kamera selfie ini. Apakah Anda akan selfie dengan kamera depan atau kamera belakang? Jika Anda tidak tahu kamera mana yang cocok untuk selfie ini, tentu Anda tidak akan bisa menggunakan kamera-nya untuk fotografi yang lebih serius.

Siapkan Aksesoris Pendukung

Selain alat pengambil gambarnya, Anda tentu bisa belajar cara memotret yang bagus menggunakan alat bantu dan aksesoris. Hal seperti tripod dan drone adalah alat yang sekarang ini populer untuk fotografi.

Penggunaan alat ini tentu akan membuat proses pengambilan gambar lebih berbeda. Jika tidak dilatih, Anda bisa canggung dan bisa gagal mendapatkan foto menarik. Sebagai contoh saja Anda terbiasa dengan cara mengambil gambar yang bagus menggunakan kamera yang dipegang. Saat beralih menggunakan drone untuk mengambil gambar, tentu Anda harus belajar ulang lagi untuk mengaplikasikan apa yang sudah Anda pelajari sebelumnya.

Memotret yang Bagus Harus dilengkapi dengan Teknik Editing Gambar

Sebagai pemula, alat fotografi saja tentu tidak cukup untuk menghasilkan gambar menarik. Jika Anda memang masih belajar soal mengambil gambar yang baik, hasil gambar bisa saja kurang sempurna. Untuk memperbaiki hasil gambar ini, Anda bisa memanfaatkan program editing gambar.

Editing ini bukan bermain curang, tapi adalah alat yang tidak terpisahkan dari pada fotografer. Para fotografer pro tetap memanfaatkan alat editing ini untuk membuat gambar semakin tajam dan keluar sesuai dengan visi yang mereka bayangkan.

Ambil Kelas Fotografi Atau Belajar Dari Tutorial Online

Belajar sendiri tentu bisa jadi alternatif untuk menguasai skill fotografi. Tapi bagi Anda yang serius ingin jago dengan cepat, jangan ragu untuk ambil kelas kursus soal ini. Belajar cara menghasilkan foto yang bagus dari kelas ini tentu akan membuat Anda lebih mengerti dengan cepat. Bimbingan dan material yang diberikan biasanya lebih jelas. Anda bahkan bisa bertanya jika menemukan masalah yang sulit dipahami.

DI kelas ini, Anda akan belajar hal – hal dasar seperti pengaturan cahaya, pengaturan fokus manual dan juga seputar angel dalam fotografi. Semua ini tentu bisa menjadi landasan untuk jadi fotografer yang lebih professional.

Jika di area Anda tidak ada kelas kurus untuk fotografi, Anda tidak perlu takut. Sekarang kelas tutorial online sudah tersedia. Materi tutorial ini bisa dibagi dua. Tutorial model kursus ataupun tutorial untuk belajar otodidak. Tergantung dari kemampuan Anda dalam belajar, kedua hal ini bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Perbanyak Pengalaman dengan Trial dan Error

Walaupun sudah belajar dari kelas, Anda tentu harus latihan sendiri juga. Melakukan trial dan error untuk cara foto yang baik memastikan Anda akan memiliki style tersendiri. Setiap fotografer terkenal biasanya memiliki style tersendiri saat mengambil gambar mereka.

Mulai dari fotografer yang ahli mengambil gambar pemandangan, fotografer yang jago mengambil gambar tempat tinggi dan juga fotografer yang ahli mengambil cuplikan social, tentu akan lebih menonjol. Jika dari latihan sendiri, Anda mengembangkan skill unik pada fotografi Anda, tentu hal ini patut dirayakan.

Sekian bahasan seputar belajar fotografer dan mengambil gambar bagus bagi pemula. Mudah – mudahan bahasan ini membantu Anda dalam belajar cara memotret yang bagus.

Untuk sahabat semua yang hobi atau justru terjun dalam dunia fotografi secara lebih serius, Anda bisa memanfaatkan layanan editing retouching di Shaniba Creative Industry juga lhoo, kunjungi laman layanan kami untuk informasi lebih lanjut. Kami juga melayani layanan fotografi produk dan portrait juga bila dibutuhkan. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan selamat mencoba tips – tipsnya!

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *