media promosi online paling efektif

Tips Memilih Media Promosi Online Paling Efektif Bagi Bisnis Anda

Yudha Epsen SetyawanPromosi 1 Comment

Menentukan media promosi online paling efektif bagi bisnis Anda penting sekali untuk dilakukan. Jenis promosi tersebut menentukan efektivitas iklan. Lalu, apa saja tips dalam menentukannya? Simak pembahasan berikut ini hingga terakhir.

Promosi dan pemasaran merupakan bagian yang tidak bisa dilewatkan pada rantai operasional bisnis. Suatu produk bisa dikenal dan terjual sesudah melewati tahap promosi.

Di tahap ini, produk Anda akan diperkenalkan pada pelanggan melalui memperlihatkan fungsi dan fiturnya. Sebagus apapun produk Anda apabila tidak diperkenalkan secara baik, tentunya pun akan tidak mudah mendapatkan pelanggan.

Aktivitas promosi ini memang gampang-gampang sulit. Karena sekarang ini telah terdapat sangat banyak media promosi yang dapat Anda pakai dengan gratis. Akan tetapi, persaingan pun semakin tinggi.

Sehingga Anda harus menentukan media promosi online paling efektif ketika akan melakukan promosi produk. Karena tidak seluruh media promosi cocok bagi produk Anda. Misalnya saja antara bisnis jasa foto produk UMKM dengan bisnis berjualan pakaian tidak bisa memakai media promosi yang sama. Namun harus memakai media promosi yang berbeda.

Oleh sebab itu, menentukan media promosi menjadi salah satu tantangan tersendiri. Walaupun sebagian besar media online gratis, Anda juga harus tetap mempertimbangkan efektivitasnya. Di bawah ini adalah beberapa media promosi online paling efektif yang bisa Anda gunakan.

Media Promosi Online Paling Efektif

Jadi, media promosi merupakan format media yang dipakai dalam memuat materi promosi tertentu. 

Media promosi ini dapat terbagi jadi media elektronik, media cetak, dan media online. Pembahasan kali ini yaitu mengenai media promosi online paling efektif. Yuk simak.

1. Sosial Media

Media promosi online paling efektif yang pertama yaitu sosial media. Sosial media dapat terdiri dari beberapa aplikasi. Misalnya Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, TikTok, LinkedIn dan lain sebagainya.

Sosial media bisa menghubungkan beragam informasi dari semua orang dengan bersamaan. Hal tersebut yang jadi kunci penggunaan sosial media bagi bisnis.

Beberapa negara Asia, misalnya Indonesia memimpin daftar pengguna sosial media paling banyak, hingga di atas 4,5 miliar pengguna.

2. Marketplace

Media promosi online paling efektif yang kedua yaitu marketplace. Media online ini selain dapat dipakai dalam promosi, tetapi juga mempunyai kegunaan langsung sebagai toko online.

Lewat marketplace, Anda dapat memasarkan produk ke pelanggan. Terdapat beberapa marketplace populer yang dapat Anda coba. Misalnya Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, sampai yang paling baru yaitu TikTok Shop.

3. Email Marketing

Media promosi online paling efektif yang ketiga yaitu email marketing. Seperti yang Anda ketahui bahwa pengguna sosial media tentunya mempunyai alamat email yang dipakai untuk melakukan pendaftaran. Bahkan, beberapa orang dapat mempunyai lebih dari satu alamat email.

Ini berarti, terdapat sangat banyak pengguna email di seluruh dunia. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan dalam melakukan email marketing. Bagaimanakah caranya?

Anda dapat memberi fitur subscribe pada website toko Anda. Dengan demikian, Anda akan memperoleh alamat email pelanggan.

Tidak hanya itu, terdapat pula fitur email marketing yang dapat Anda pakai dengan gratis ataupun berbayar.

4. Facebook Pixel

Facebook Pixel yakni serangkaian kode yang di pasang pada website. Kode ini memungkinkan situs Anda untuk mengukur efektivitas iklan melalui memahami perilaku pengunjung website.

Fitur iklan tersebut dapat merekam kegiatan pelanggan pada blog Anda. Lalu menampilkan iklan promosi yang cocok.

Contohnya, pada saat Anda baru melihat-lihat tas yang cantik pada e-commerce lalu Anda membuka sosial media Instagram.

Dengan tidak sengaja, pada saat Anda tengah melihat-lihat timeline atau story IG, tiba-tiba iklan produk tas tadi muncul pada beranda Anda.

5. Google Ads

Pemakaian Google Ads pun jadi media promosi online paling efektif. Google Ads akan bekerja melalui membaca blog bisnis Anda. Atau dengan kata lain, Google Ads tersebut bisa berupa SEM.

Google Ads bisa membantu blog Anda supaya muncul pada urutan paling atas hasil pencarian pada saat pengguna mencari kata kunci tertentu. Agar dapat memakai Google Ads, pastinya terlebih dahulu Anda harus membangun blog bisnis.

6. Blog

Media promosi online paling efektif yang berikutnya ini akan mengandalkan sekali konten dan kreativitas. Biasanya blog berisi konten artikel, video, atau gambar. Akan tetapi, untuk membuat blog Anda gampang ditemukan oleh audiens, terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan.

Pertama yaitu memakai teknik SEO. Cara ini gratis akan tetapi memang memerlukan waktu yang cukup lama. Cara kedua memakai Google Ads atau SEM yang adalah layanan berbayar.

7. Forum Online

Media promosi lain yang lumayan efektif yaitu lewat forum online. Pastinya Anda telah tidak asing lagi pada Kaskus, bukan?

Media tersebut merupakan platform yang biasanya dipakai oleh netizen dalam melakukan diskusi pada suatu forum tertentu.

Pada Kaskus, Anda dapat membuka topik perbincangan dan mempersilahkan audiens melakukan diskusi tentang produk Anda.

8. Iklan Berbayar

Apabila Anda tertarik mencoba fitur berbayar, pastinya Anda dapat mencoba fitur iklan. Pada beberapa sosial media telah terdapat fitur iklan berbayar yang dapat Anda coba. Contohnya seperti Facebook Ads, TikTok Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya.

Apabila Anda memiliki budget yang lebih, maka Anda juga dapat memasang iklan pada Youtube ataupun pada aplikasi pemutar musik, misalnya Spotify.

9. Whatsapp Business

Berikutnya ada media sosial berbasis komunikasi, yakni Whatsapp. Whatsapp mempunyai layanan Business yang dapat Anda download dengan gratis.

Lewat Whatsapp Business, Anda dapat memasukkan katalog produk, jam buka, alamat toko, sampai pesan otomatis.

Akan tetapi, untuk pemakaian pastinya Anda harus mempunyai dan menyimpan kontak pelanggan Anda dan sebaliknya. Anda dapat mencantumkan nomor Whatsapp Bisnis tersebut pada sosial media.

10. LinkedIn

Meskipun sebelumnya telah disinggung, akan tetapi LinkedIn mempunyai peran yang berbeda daripada sosial media lainnya. Sejatinya LinkedIn merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari dan menemukan pekerjaan.

Akan tetapi, seiring berkembangnya LinkedIn dapat menjadi media promosi yang tetapi bagi model bisnis Business to Business (B2B). Karena, pada LinkedIn Anda dapat menemukan halam bisnis berbagai perusahaan besar.

Anda pun dapat membuat serta membagikan postingan pada beranda. Ini berarti, jika Anda menjalankan bisnis vendor atau B2B, Anda sangat dapat menawarkan kerjasama dengan bisnis lainnya lewat LinkedIn.

Sangat banyak manfaat dari media promosi online. Hal itulah yang membuat para pebisnis kini beralih dari metode pemasaran konvensional ke metode pemasaran online.

Beberapa manfaat yang bisa didapat dari pemasaran online misalnya tidak butuh biaya yang besar dan waktu yang lama, serta pesan yang Anda sampaikan dapat mempunyai jangkauan lebih luas.

Demikianlah tadi daftar media promosi online paling efektif yang dapat kami sampaikan. Anda dapat mencoba media yang menurut Anda cocok. Semoga bermanfaat dan membantu Anda semua. Sampai jumpa.

Bagikan artikel ini ke:

Semua Komentar 1

  1. Pingback: Tips dan Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *