Cara mengambil foto yang bagus untuk selfie

Mari Belajar Cara Mengambil Foto yang Bagus Untuk Selfie

Teguh Shaniba Fotografi Tinggalkan Komentar

Cara mengambil foto yang bagus untuk selfie

Cara Mengambil Foto Selfie yang Bagus – Gambar oleh Sonyworld dari Pixabay

Banyak orang pasti ingin belajar cara mengambil foto yang bagus untuk selfie. Menggunakan smartphone sendiri untuk ambil foto diri dan share di social media adalah hobi yang sekarang banyak disukai. Tapi jika foto yang di share tidak tampil menarik, tentu tidak banyak orang akan melirik ataupun memberikan like.

Untuk memaksimalkan tampilan selfie, penggunaan teknik pengambilan foto yang baik juga diperlukan. Walaupun tidak sama dengan menggunakan kamera standar, beberapa hal masih sama konsepnya.

Banyak orang sekarang memandang cara mengambil foto yang bagus dengan kamera HP ini sebagai cabang fotografi baru. Penggunaan kamera dan fotografi dari HP mungkin sedikit berbeda dari segi pengaturannya, tapi pada dasarnya teory akan sama. Jika Anda tertarik untuk belajar seputar fotografi HP untuk membuat selfie Anda makin keren, mari bahas bersama di bawah ini:

Kenali Alat Kamera HP dan Aplikasi Pendukungnya

Hal pertama yang harus Anda pelajari dan kenali baik adalah alat kamera HP dan juga aplikasi yang digunakan. Untuk mengambil gambar, terkadang Anda bisa menggunakan aplikasi langsung seperti Instagram ataupun Snapchat. Program diluar basic camera yang datang building pada HP tentu menawarkan sesuatu yang berbeda. Sebagai contoh saja penggunaan filter yang lebih banyak jika Anda pakai Instagram.

Jika Anda tidak mengenal bagaimana program tersebut digunakan, tentu Anda tidak bisa mengambil foto yang lebih menarik. Belajar fotografi HP juga tidak cukup mengenal programnya, tapi juga praktek dan membiasakan diri menggunakannya.

Selain belajar dari aplikasi ambil gambar tersebut, Anda juga harus kenali spesifikasi kamera Anda. Pengambilan gambar baik pada kamera spek rendah tentu akan berbeda dengan kamera dengan spek tinggi di HP. Contoh saja pada kamera modern sekarang, sudah tersedia kombinasi beberapa kamera yang bekerja sama mengambil gambar yang sama.

Pengenalan kamera ini juga masih dibagi lagi menjadi dua yaitu kamera belakang dan kamera depan. Jika ingin mengambil selfie, banyak orang menggunakan kamera depan. Tapi disisi lain, spec kamera belakang biasanya bisa jauh lebih tinggi. Jadi dengan memanfaatkan kaca ataupun stick selfie, banyak orang juga mulai belajar menggunakan kamera belakang ini.

Bedakan Tipe – Tipe Ambil Gambar Selfie

Untuk selfie ada beberapa tipe yang bisa Anda ambil. Selfie wajah penuh, selfie group dan selfie dengan pemandangan. Setiap tipe ini tentu akan menggunakan trik ambil gambar berbeda. Jika ingin belajar cara pengambilan gambar sesuai dengan tipe selfie-nya, Anda tentu harus tahu dulu tujuan dari mengambil gambar tersebut.

Untuk selfie wajah, yang jadi target utama adalah tampilan muka Anda sendiri. Karena focus pada wajah, Anda hanya perlu menangkap wajah Anda saja tanpa pemandangan sekitar. Pemandangan lain hanya akan mengganggu. Trick cara mengambil foto yang bagus untuk tipe selfie ini adalah memastikan pencahayaan, angle dan penyesuaian jarak kamera bisa membuat wajah Anda jelas dan terkesan menarik.

Jenis selfie bersama, Anda harus bisa membuat jarak kamera sedikit lebih jauh. Hal ini membuat Anda direkomendasikan menggunakan selfie stick. Saat mengambil gambar, pastikan posisi orang yang dipotret masuk semua ke kamera. Orang yang paling jauh dari kamera akan terlihat kecil, tapi hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuat semua orang masuk dalam gambar. Jadi pastikan saat selfie, orang berbaris dan membuat gradient antrian dari pendek di dekat kamera dan tinggi jauh dari kamera.

Tipe selfie pemandangan adalah mengambil gambar diri dan pemandangan tertentu sebagai background. Untuk cara mengambil foto selfie ini, silahkan menggunakan tipe kamera wide. Hal ini memastikan Anda mendapatkan gambar background yang lebih luas. Selain itu, pastikan juga wajah Anda hanya memenuhi satu sisi gambar agar background pemandangan juga terlihat jelas. Banyak orang biasanya memilih pojok – pojok foto untuk posisi wajah dan sisanya untuk menangkap pemandangan.

Pahami Tentang Focus, Angle dan Cahaya

Sama seperti penggunaan kamera standar, tentu Anda harus belajar soal penggunaan focus, angle dan cahaya. Untuk selfie, focus kamera cukup dekat karena Anda harus memegang kamera menghadap ke wajah Anda. Hal ini tentu membutuhkan pengaturan zoom yang tidak terlalu jauh untuk memastikan detail yang diambil seimbang.

Sekarang ini, beberapa program bisa membantu Anda untuk setting focus secara otomatis. Pengaturan fokus untuk selfie juga bisa tinggal pasang dari setting program dan Anda bisa langsung ambil gambar. Penggunaan program seperti itu merupakan salah satu trik cara berfoto yang keren dengan lebih mudah.

Penggunaan filter dari program tersebut juga memudahkan pengaturan cahaya saat mengambil gambar. Hal seperti filter kamera malam dan filter high contrast adalah pilihan yang baik saat cahaya tidak banyak. Jadi walaupun lokasi tidak mendukung dari segi pencahayaan, Anda tetap bisa ambil selfie yang tajam dan menarik.

Tapi jika ingin hasil foto yang paling keren untuk selfie Anda, hal ini masih harus digabungkan dengan teknik kamera tertentu. Untuk selfie, pastikan arah cahaya tidak datang dari belakang kepala Anda. Hal ini akan membuat wajah Anda menjadi gelap dan terkadang blur. Hal ini tidak bisa dihindari walaupun dengan penggunaan filter. Jadi lebih baik lebih hati – hati soal cahaya ini.

Cara foto yang keren tentu melibatkan sudut dan angle yang bagus. Untuk selfie hal ini harus lebih diperhatikan. Jarak ambil gambar yang dekat tentu lebih sulit untuk mengambil wajah secara menyeluruh jika tanpa penyesuaian angle.

Angle Foto Selfie yang Bagus

Umumnya, angle foto yang bagus untuk selfie adalah dari tempat yang tinggi. Angle mengambil gambar dari atas ke bawah, Anda tentu harus melihat ke kamera tersebut. Karena posisi kepala menghadap atas, wajah tentu akan terkena cahaya dan terlihat lebih jelas.

Selain dari tempat tinggi, pastikan juga Anda tidak menghadap kamera langsung. Miringkan kepala Anda sedikit agar hasil tampilan selfie terasa dinamis dan paras Anda terlihat lebih baik. Anda juga bisa bereksperimen untuk angle ini agar bisa menghasilkan gambar sesuai yang Anda inginkan. Jika ingin lebih ahli soal ini Anda perlu biasakan dengan trial and error, Anda nantinya bisa temukan angle, fokus dan pencahayaan yang paling sesuai.

Menggunakan cara – cara di atas, Anda tentu sudah bisa mengambil gambar selfie yang menarik. Jika hasilnya bagus, Anda bisa kirim foto tersebut pada jasa foto produk Bandung, Jakarta ataupun area sekitar Anda untuk di print menjadi produk tertentu. Menempelkan selfie yang menarik di benda fisik seperti mug, tentu akan lebih menarik dari sekedar posting di social media.

Mudah – mudahan bahasan cara mengambil foto yang bagus untuk selfie di atas, berguna bagi Anda. Jika masih ingin belajar soal ini, silahkan cari video tutorial dan materi tentang fotografi dengan kamera HP di internet. Hal tersebut akan memastikan skill Anda jadi lebih baik untuk mengambil gambar selfie ini.

Oiya, Shaniba Creative Industry juga menawarkan layanan foto portrait berkualitas lho untuk Anda. Silahkan kunjungi laman layanan foto portraitnya disini. Selain itu juga ada layanan lainnya yakni jasa foto produk untuk keperluan usaha Anda ataupun layanan highend retouching. Terima kasih sudah membaca artikel-nya!

Shaniba Creative Industry

Butuh layanan fotografi segera?

Shaniba Creative Industry solusinya. Klik menu dibawah untuk informasi lengkap.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *