Menjalankan Bisnis Fashion di Media Sosial - Shaniba Creative Industry

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Fashion Di Media Sosial

Teguh Shaniba Bisnis, Media Sosial Tinggalkan Komentar

Menjalankan Bisnis Fashion di Media Sosial - Shaniba Creative Industry

Menjalankan Bisnis Fashion di Media Sosial – Photo by Clark Street Mercantile on Unsplash

Dunia kreatif semakin mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Hal ini menjadikan ruang kreasi jadi semakin luas. Termasuk juga bagi orang – orang yang tertarik dengan dunia fashion. Kemajuan teknologi informasi juga menjadi hal penting yang mendukung industri kreatif seperti fashion. Sehingga banyak orang yang berhasil sukses menjalankan bisnis fashion di media sosial.

Di balik kesuksesan tersebut, tentu saja ada sederet usaha keras dan kesabaran yang tidak dialami dalam waktu singkat saja. Selain itu, ada juga faktor sukses yang bisa menjadi katalisator pertumbuhan bisnis Anda. Nah, apa sajakah kunci sukses menjalankan bisnis fashion di media sosial? Mari kita simak artikel berikut ini.

#1 Jadikan Media Sosial Kunci Penting Dalam Pemasaran

Siapapun tahu bahwa media sosial menjadi bentuk baru komunikasi bagi masyarakat modern. Banyak orang yang memulai usahanya dari sosial media. Namun, tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan secara asal – asalan. Dengan menyadari pentingnya peran media sosial dalam perkembangan bisnis, sudah sewajarnya Anda menaruh perhatian lebih terhadap media sosial bisnis Anda. Menjalankan bisnis fashion di media sosial sebenarnya tidak begitu berbeda dengan menjalankan bisnis secara konvensional. Kita tetap harus menjaganya, memberikan salam dan sapa bila ada pengunjung (chat), membersihkannya dari waktu-ke waktu (dalam hal konten), dan pastinya memperbarui terus pajangan kita.

Biasanya, pebisnis pemula hanya menjadikan media sosial bisnisnya sebagai katalog produk fashion yang dimiliki. Padahal, lebih dari itu, Anda bisa menambahkan konten yang bermanfaat dan membuat media sosial Anda menjadi lebih menarik. Jangan lupakan juga interaksi dengan follower Anda dan menjalin komunikasi dengan mereka. Sehingga, media sosial Anda akan terasa lebih menarik.

#2 Pahami Faktor Beli Konsumen

Saat seseorang menemukan online shop fashion, tentu saja mereka tidak akan langsung melakukan pembelian. Ada beberapa faktor yang membuat seseorang memutuskan untuk membeli suatu produk. Termasuk juga produk fashion di toko Anda. Karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja faktor beli atau hal – hal yang mempengaruhi seseorang untuk membeli produk fashion Anda.

Pada dasarnya, ada empat hal yang menjadi faktor seseorang membeli barang. Yaitu emotion, engagement, exclusivity, dan experience. Pahami empat faktor ini dengan baik dan manfaatkan hal tersebut sesuai dengan target pasar bisnis Anda. Jika Anda berhasil memanfaatkan salah satu atau bahkan empat faktor ini dengan baik, maka Anda telah beberapa Langkah lebih maju untuk berhasil dalam menjalankan bisnis fashion di media sosial.

Meskipun Anda telah memahami hal tersebut, menemukan formula yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda juga target pasarnya seringkali membutuhkan waktu dan kesabaran yang cukup. Karena itu, Anda juga perlu bersabar dan terus mempelajari dunia bisnis yang Anda pilih. Kembali pada prinsip dasarnya menjalankan bisnis di media sosial tetaplah sama dengan menjalankan bisnis secara konvensional. Hanya berbeda dari wujud bisnisnya saja dimana bisnis konevensional membutuhkan tempat yang bersifat real. Untuk bisnis di media sosial, lokasi usaha Anda akan berada di dunia digital.

#3 Selalu Perbarui Katalog Toko Anda

Katalog yang memiliki foto adalah senjata Utama dalam pemasaran. Foto dapat berbicara langsung ke pelanggan, menceritakan tentang produk Anda secara detail dalam hitungan waktu yang sangat cepat. Namun sisi lain dari hal ini adalah, bila foto Anda tidak berkualitas, maka foto tersebut akan menceritakan hal tidak berkualitas pada pelanggan Anda. Bukannya meningkatkan penjualan namun justru malah mengurangi imej positif perusahaan di mata pelanggan.

Namun membuat foto yang bagus bukanlah hal yang mudah dan menjadi tantangan sendiri dlam menjalankan bisnis fashion di media sosial. Butuh skill khusus untuk menganalisa apakah foto kita sudah cukup bagus untuk menarik minat pelanggan atau bahkan menyingkat proses penjualan.

Foto Produk Fashion yang Bagus

Foto adalah bahan utama dalam membuat katalog produk online Anda. Semakin bagus kualitas foto akan semakin bagus juga kualitas katalog Anda. Nah, mari kita bahas sebenarnya foto produk fashion yang bagus itu seperti apa sih? Foto produk fashion yang bagus biasanya memiliki elemen-elemen berikut ini:

#1 Menampilkan Produk Anda dalam Kondisi Terbaik

Setiap produk fashion kita harus ditampilkan dengan maksimal dalam setiap foto. Jangan biarkan kerutan yang mengganggu tampak dalam foto katalog kita. Kerutan-kerutan mengganggu adalah masalah yang wajar terjadi dalam membuat foto produk fashion. Kerutan adalah hal yang natural hanya saja bila jumlahnya banyak dan ada di lokasi yag tidak tepat justru akan mengurangi penampilan produk Anda dalam katalog onlie. Fotografer professional biasanya akan mengondisikan produk fashion Anda dalam bentuk terbaik sebelum sesi pemotretan. Perbaikan atas kerutan ini juga bisa dilakukan dalam proses editing foto.

#2 Menampilkan Warna Produk Secara Tepat

Sebagai orang yang menjalankan bisnis fashion di media sosial sudah tentu Anda tahu, bahwa warna adalah salah satu variabel utama yang dipikirkan oleh calon pelanggan sebelum melakukan transaksi. Calon pelanggan bisa saja batal hanya karena warna yang diinginkan tidak tersedia atau kurang cocok. Permasalahan kedua yaitu, sering kali foto produk yang ditampilkan di katalog online kita tidak merepresentasikan warna yang sebenarnya. Pencahayaan yang kurang maksimal, jenis sensor atau kamera yang kita gunakan, ataupun teknik editing yang digunakan sangat mempengaruhi hal ini.

#3 Dapat Memberikan Informasi Bagaimana Bentuk Produk Saat Digunakan

Variabel ketiga ini bersifat opsional namun bila Anda dapat memenuhinya maka foto katalog Anda akan menjadi lebih informatif. Membuat foto produk Anda menggunakan pose flatlay adalah yang paling mudah dan sebenarnya sudah cukup untuk menjalankan bisnis fashion di media sosial. Hanya saja foto dengan gaya ini tidak dapat memberikan gambaran pada pelanggan tentang bagaimana dan seperti apa bentuk produk Anda saat dipakai. Hal ini bisa diakali dengan membuat foto produk fashion dengan bantuan manekin untuk memberikan gambaran bentuk tubuhnya. Hanya saja penggunaan manekin biasanya justru membuat foto produk Anda jadi kurang menarik. Solusi yang terbaik untuk hal ini adalah menggunakan model hanya saja Anda memang perlu menyiapkan modal tambahan.

Membuat Foto Produk Fashion Anda Sendiri

Hampir setiap orang yang memiliki smartphone saat ini pasti mempunyai kamera, bahkan merek kamera saat ini sudah sangat banyak sehingga kamera yang berkualitas bisa diperoleh dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup dalam hal fotografi dan editing, membuat foto produk sendiri sebenarnya tidak sulit dan tidak membutuhkan peralatan professional. Kita juga menjadi beberapa langkah lebih maju untuk sukses dalam menjalankan bisnis fashion di media sosial.

Permasalahan yang sering terjadi dalam membuat foto produk sendiri adalah:

  1. Saya sudah memiliki kamera dan skill fotografi yang cukup mumpuni hanya saja waktu saya sudah habis untuk menjalankan bisnis fashion di media sosial terutama dalam hal komunikasi pelanggan, aktifitas pemasaran, serta proses transaksi;
  2. Saya sudah membuat foto produk saya sendiri namun tidak memiliki kemampuan yang cukup dalam hal editing. Saya tidak punya waktu luang untuk belajar editing foto;
  3. Saya tidak bisa membuat foto produk saya sendiri karena memang tidak memiliki kemampuan yang cukup baik dalam teknik fotografi maupun editing foto.
  4. Bila salah satu dari permasalahan ini Anda hadapi selama menjalankan bisnis fashion di media sosial maka Anda memang perlu untuk menyerahkan proses pembuatan foto produk Anda ke tangan professional seperti Shaniba Creative Industry.

Menggunakan Jasa Foto Produk Shaniba Creative Industry

Menggunakan jasa layanan foto produk dari studio foto komersial adalah pilihan terbaik bagi siapapun yang menjalankan bisnis fashion di media sosial. Anda memang perlu menyiapkan modal untuk hal ini, hanya saja Anda tidak perlu lagi membebani pikiran Anda untuk urusan pembuatan foto. Apalagi jika kemampuan Anda di bidang fotografi cukup terbatas. Tidak hanya waktu berharga Anda yang terbuang, aktifitas bisnis menjadi terganggu, dan hasil foto pun menjadi tidak maksimal.

Menggunakan jasa studio komersial akan menjamin kualitas foto produk Anda, namun Anda perlu jeli dalam memilih studio foto ataupun fotografer yang tepat. Ada banyak pilihan di luar sana, namun yang cukup recommended adalah Shaniba Creative Industry. Studio foto satu ini dapat menjadi partner yang tepat untuk Anda yang menjalankan bisnis fashion di media sosial. Tersedia beragam layanan foto produk fashion yang dapat membuat operasional bisnis Anda menjadi lebih efisien. Layanan foto produk fashion ini pun dapat disesuaikan dengan konsep yang Anda inginkan. Misalnya Anda ingin konsep foto dengan penataan flatlay, menggunakan manekin, ghost mannequin, atau bahkan menggunakan model sebagai pelengkap.

Shaniba Creative Industry juga menyediakan layanan editing retouching foto bila Anda sudah membuat foto produk Anda sendiri namun punya masalah dengan proses editing.  Untuk informasi lebih lanjut tentang detail layanan yang tersedia di Shaniba Creative Industry, Anda dapat mengunjungi laman web nya di shanibacreative.com atau langsung menghubungi customer service melalui Whatsapp ke Nomor 081 911 911 999 untuk konsultasi ataupun pemesanan. Ya, Shaniba Creative Industry bisa menjadi partner Anda dalam menjalankan bisnis fashion di media sosial.

Setiap orang akan menjalankan bisnisnya dengan cara yang berbeda-beda, bahkan akan menjumpai masalah yang berbeda pula. Namun, kunci sukses menjalankan bisnis fashion di media sosial ini adalah hal dasar yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis. Sehingga seiring waktu bisnis Anda bisa semakin dikenal orang banyak dan juga dipakai oleh lebih banyak orang. Jadi, selamat mengimplementasikan kunci sukses tersebut dalam bisnis Anda.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *