Bisnis di Media Sosial - Shaniba Creative Industry

Aturan Dasar Agar Bisa Kuasai Bisnis Di Sosial Media

Teguh Shaniba Bisnis, Media Sosial Tinggalkan Komentar

Bisnis di Media Sosial - Shaniba Creative Industry

Bisnis di Media Sosial – Gambar oleh William Iven dari Pixabay

Banyak orang mengira bahwa membuat konten yang menarik dan viral adalah langkah awal untuk bisa menguasai bisnis di media sosial. Sehingga orang akan berlomba-lomba membuat berbagai jenis konten yang unik, menarik dan viral. Namun sayangnya, anggapan itu tak selamanya benar.

Selain membuat konten viral, ada hal-hal lain yang harus anda perhatikan jika ingin menguasai bisnis di media sosial, antara lain:

Fokus

Apapun bisnisnya, baik offline maupun online, anda harus fokus untuk melakukan penjualan, pemasaran dan proses branding. Termasuk jika anda akan membuat konten pemasaran bagi produk yang akan anda pasarkan. Buatlah konten yang fokus terhadap produk yang anda pasarkan. Jangan membuat konten yang tidak berhubungan dengan produk tersebut. Boleh bermacam-macam jenis kontennya asal tetap fokus pada produk yang anda tawarkan.

Kualitas

Yang dimaksud kualitas di sini adalah kualitas produknya maupun kualitas kontennya. Sekalipun dijual di dunia maya, namun jika produknya berkualitas maka akan mudah sekali untuk memasarkannya.

Tak hanya produk yang berkualitas. Kontennya juga harus berkualitas. Jangan hanya kontennya yang banyak. Sekalipun anda membuat banyak konten tapi tidak berkualitas, lebih baik sedikit konten tapi cukup viral karena kualitasnya yang bagus.

Etis

Kunci menguasai bisnis di media sosial lainnya adalah etis. Mungkin anda pernah memposting gambar dengan cara download dari blog atau website orang lain. Sepintas memang tidak masalah. Namun sebenarnya hal tersebut kurang etis. Karena anda asal comot gambar, caption, tulisan atau apapun yang berhubungan dengan hasil karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya. Jika anda merasa perlu mengambil karya orang lain untuk keperluan konten, sebaiknya minta izin terlebih dahulu kepada yang bersangkutan agar tidak terkesan kurang etis.

Jujur

Banyak orang yang memanfaatkan kemudahan sosial medis untuk melakukan penipuan. Seperti membuka lapak seakan menjual barang. Namun sayangnya toko tersebut fiktif. Hanya bertujuan untuk meraup keuntungan dengan cara menipu.

Jika anda ingin menguasai bisnis di media sosial, sebaiknya jangan melakukan penipuan. Jujurlah terhadap barang yang anda jual. Katakan sejujurnya mengenai kondisi barang yang anda jual. Jika ada minus, katakan juga dimana kekurangan barang tersebut agar pelanggan tidak kecewa.

Intensitas

Membuat postingan yang terlalu sering justru akan membuat pelanggan bosan. Tapi jarang membuat postingan juga akan membuat pelanggan pasif dan tidak tertarik dengan barang yang anda jual. Sebaiknya buatlah postingan dengan intensitas yang sesuai dengan jadwal konsumen membuka sosial media.

Berbisnis di media sosial berarti Anda akan berjuang untuk memberikan konten terbaik sebagai strategi promosi Anda. Membuat konten menarik membutuhkan materi foto berkualitas. Mempersiapkan materi iklan sekaligus membuat foto bagus akan memperlambat kinerja Anda bila bekerja sendiri. Sebaiknya kurangi load pikiran Anda, fokus ke materi utama bisnis Anda dan gunakan jasa studio foto yang berfokus di bidang komersial seperti Shaniba Creative Industry untuk membantu Anda dalam membuat materi foto terbaik. Tersedia beragam layanan fotografi komersial seperti layanan jasa foto produk untuk membuat foto produk original berkualitas premium, jasa foto profil portrait untuk membuat profil bisnis, serta layanan edit foto dan high end retouching untuk memaksimalkan setiap frame foto Anda. Kunjungi laman web Shaniba Creative Industry untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana? Anda tertarik mencoba 5 aturan dasar menguasai bisnis di media sosial di atas? Jika sudah, cobalah untuk menceritakan pengalaman anda pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.