Foto Produk yang Bagus untuk Promosi - Shaniba Creative Industry

Foto yang Bagus untuk Promosi Bisa Lebih Optimal dengan 4 Tips Ini

Teguh Shaniba Bisnis, Fotografi, Promosi Tinggalkan Komentar

Foto Produk yang Bagus untuk Promosi - Shaniba Creative Industry

Foto Produk yang Bagus untuk Promosi Mampu Bercerita Bahkan Tanpa Adanya Teks – Photo by Tamara Bellis on Unsplash

Anda pasti mengenal istilah “satu foto berarti 1.000 kata”. Istilah memiliki arti bahwa sebuah foto, apapun obyeknya bisa mengungkapkan banyak kata dan kalimat. Oleh karena itu, foto banyak digunakan untuk berbagai keperluan dimana tidak ada tempat untuk menuliskan kata-kata yang panjang. Cukup dengan satu foto semuanya bisa disampaikan dengan baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa tiap perusahaan sudah seharusnya memiliki foto yang bagus untuk promosi.

Foto dianggap efektif untuk mempromosikan suatu produk karena seluruh produk bisa terlihat dalam satu atau dua foto beserta aksesorisnya. Guna lebih mengefektifkan fungsi foto produk, seorang fotografer harus mampu menghasilkan foto yang bagus untuk promosi. Apapun obyek fotonya. Sebagai contoh, klien meminta foto untuk produk ayam goreng yang dijualnya. Fotografer harus mampu membuat foto ayam goreng tersebut tampak lezat bagi para calon konsumen yang melihatnya.

Pada artikel ini akan dibahas beberapa cara atau beberapa tips yang bisa diaplikasikan guna membuat suatu karya foto yang bagus untuk promosi dan mampu menarik para calon konsumen secara lebih efektif.

Cara 1: Kenali Produk Yang Akan Dipromosikan

“Tak kenal maka tak sayang”, istilah ini sudah sangat melekat di pikiran kita. Istilah ini juga berlaku di dunia fotografi. Setiap kali akan memotret sebuah obyek atau model, fotografer harus mengenal dekat obyek atau produk yang akan dijadikan foto yang bagus untuk promosi. Hal tersebut bertujuan agar fotografer dapat memotret obyek atau produk tersebut seperti yang seharusnya. Hasil jadi foto produk atau obyek tersebut seakan berbicara pada calon konsumen. Pengenalan obyek atau produk tidak hanya sekedar tahu bentuknya, tapi juga mengetahui maknanya. Untuk siapa produk tersebut diciptakan (sasaran konsumen) serta kesan apa yang ingin ditimbulkan dari obyek atau produk tersebut. Misal kesan anggun, kesan gagah atau bahkan kesan garang.

Setelah mengenal produk lebih dekat. Fotografer akan lebih mudah mengatur laku produk dan obyek dalam pemotretan, entah obyek tersebut adalah makhluk hidup (model manusia dan binatang) atau produk tak bergerak. Pengenalan produk juga dapat membantu fotografer dalam menghidupkan produk di dalam foto khususnya bila produknya benda mati. Sebagai contoh produk ayam goreng tadi, melalui pengenalan produk fotografer akan paham bagaimana memoles ayam goreng tersebut. Misal dengan menambahkan olesan bumbu, minyak dan sambal atau menambah lalapan hijau segar disampingnya agar ayam goreng terlihat sangat lezat, seolah-olah mengajak konsumen untuk segera menyantapnya saat makan siang. Foto yang bagus untuk promosi sekali lagi adalah foto yang mampu berbicara bahkan tanpa tambahan teks sedikitpun.

Contoh lainnya adalah foto promosi yang melibatkan model di dalamnya, misal baju, tas atau sepatu. Ketika model memakai produk, fotografer harus paham bagaimana mengarahkan sang model agar produk yang dikenakannya terlihat menarik sekaligus indah dipAndang, artinya produk tersebut tidak hanya sekedar dipakai, tapi juga memperindah sang model. Oleh karena itu, fotografer harus memahami produk agar tidak salah dalam menginterpretasikannya dalam tubuh sang model.

Cara 2: Rancang Lingkungan Dan Lokasi Yang Tepat untuk Membuat Foto yang Bagus untuk Promosi

Setelah mengenal produk yang akan difoto, cara berikutnya agar bisa menghasilkan foto yang bagus untuk promosi adalah dengan meletakkan produk di lokasi dan lingkungan yang tepat. Beberapa produk dapat ditempatkan di sebuah studio khusus dengan berbagai aksesoris pendampingnya agar tampil lebih menarik. Ada juga produk yang akan sangat indah jika diletakkan di luar ruangan sebagai latar belakang fotonya. Seorang fotografer harus mampu menentukan pada lingkungan seperti apa produk akan ditempatkan karena penempatan produk yang tidak tepat dapat menggagalkan tujuan promosi.

Sebagai contoh produk makanan sambal. Jika fotonya hanya diletakkan begitu saja di atas meja, seenak apapun rasa sambalnya hanya sebagian kecil konsumen saja yang tertarik. Namun jika diletakkan di atas meja makan, di sebelahnya ada sepiring nasi beserta tempe goreng dilengkapi dengan lalapan hijau, maka siapapun yang melihatnya akan langsung tergiur membeli sambalnya. Membayangkan makan tempe goreng beserta sambalnya.

Contoh berikutnya adalah produk tas ransel untuk naik gunung atau biasa disebut tas carrier. Jika melakukan pemotretan tas beserta model di dalam studio, tas tersebut akan kurang terlihat menarik hanya sebatas tas gunung berukuran besar. Sebaliknya jika fotografer melakukan pemotretan di luar ruangan atau bahkan di lokasi pegunungan asli, maka tas ransel tersebut akan terlihat sangat menarik dan akan terlihat fungsinya sebagai tas naik gunung. Elemen yang akan kita gunakan pada komposisi foto kita harus serasi dengan produk agar bisa tercipta sebuah foto bagus untuk promosi yang efektif.

Cara 3: Manfaatkan Momen Tertentu

Selanjutnya selain lokasi dan lingkungan yang tepat, foto yang bagus untuk promosi juga membutuhkan momen yang tepat. Momen sangat dibutuhkan dalam sebuah foto karena momen yang menjadikan sebuah foto seakan hidup dan orang-orang dapat merasakan foto tersebut. Momen bisa dibuat hanya untuk keperluan foto promosi atau benar-benar memanfaatkan momen yang sedang berlangsung. Contohnya fotografer memanfaatkan momen matahari terbenam di pantai untuk melakukan pemotretan busana renang. Contoh lainnya fotografer memanfaatkan momen musim dingin bersalju untuk pemotretan produk baju hangat dan sepatu boot hangat.

Fotografer juga bisa membuat serta menciptakan momen tertentu untuk memperkuat foto promosi yang sedang dibuatnya. Caranya adalah dengan menyulap studio foto agar sesuai dengan momen yang diharapkan. Sebagai contoh, fotografer diberi kepercayaan untuk melakukan pemotretan sebuah produk busana santai tapi cocok dikenakan pada sebuah perayaan pesta yang santai juga. Fotografer bisa menyulap studio dalam ruangan menjadi sebuah tempat pesta. Memasang berbagai dekorasi pesta serta melibatkan beberapa model yang diminta bergaya seolah-olah sedang berpesta pora dengan sahabat dekatnya. Fotografer akan dapat melakukan pemotretan di tengah-tengah momen pesta, mendapatkan aura pesta yang diinginkan untuk keperluan promosi tanpa benar-benar harus mencari tempat pesta yang sesungguhnya.

Seorang fotografer yang ingin mengabadikan foto yang bagus untuk promosi harus dapat menggabungkan antara ruh dan ciri khas produk dengan lokasi serta momen yang memperkuat produk tersebut. Selain itu, kemampuan fotografer dalam mengoperasikan kamera, menciptakan dan memanfaatkan pencahayaan serta kemampuan dalam mengatur gaya model dan tata letak produk juga turut andil dalam menciptakan foto yang indah untuk keperluan promosi.

Cara 4: Menggunakan Layanan Jasa Studio Foto Produk untuk Membuat Foto yang Bagus untuk Promosi

Pilih Studio Foto yang Tepat

Studio fotografi pada umumnya akan menyediakan beragam layanan fotografi dari foto personal hingga foto produk. Namun setiap studio foto juga memiliki ciri khasnya masing-masing. Fotografi produk membutuhkan peralatan dan skill fotografer khusus agar hasilnya bisa maksimal. Jadi akan berbeda dengan studio foto wisuda apalagi studio foto khusus untuk wedding. Untuk membuat foto yang bagus untuk promosi dibutuhkan properti, peralatan, hingga keahlian penataan tertentu. Skill dan peralatan ini hanya dimiliki oleh studio foto produk.

Shaniba Creative Industry Bisa Menjadi Pilihan Perusahaan Anda

Ada banyak pilihan studio foto produk di luaran sana namun daripada menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk mencoba satu persatu, Shaniba Creative Industry bisa menjadi solusi untuk Anda. Shaniba Creative Industry adalah studio foto komersial yang melayani jasa foto produk, jasa editing dan high end retouching, serta jasa foto portrait untuk kebutuhan pembuatan profil profesional. Seluruh layanan yang tersedia adalah layanan fotografi yang dikhususkan untuk kebutuhan bisnis. Bisa dipastikan peralatan serta properti foto yang digunakan di Shaniba Creative Industry juga bersifat khusus. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan, daftar harga, dan portofolio kerja Shaniba Creative Industry, Anda bisa mengunjungi laman web resminya di shanibacreative.com.

Dalam membuat foto yang bagus untuk promosi, konsep harus dibuat dengan matang. Di Shaniba Creative Industry, Anda bisa mengonsultasikan kebutuhan konsep Anda secara bebas. Tim kreatif Shaniba Creative Industry kemudian akan mencarikan pilihan terbaik untuk memenuhi keinginan Anda. Untuk mengonsultasikan konsep foto produk Anda hingga membuat pesanan, cukup hubungi customer service melalui pesan Whatsapp di nomor 081 911 911 999. Konsultasi konsep juga bisa dilakukan via Telegram di nomor 081 911 911 999 atau user @shanibacreative.

Demikian informasi tentang tips membuat foto yang bagus untuk promosi ini serta pilihan studio foto yang tepat untuk Anda. Jadi bagaimana menurut Anda? Apakah ada cara lain untuk memperindah foto promosi? Silakan bagikan pendapat Anda.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.