Membuat Foto Produk Makanan dengan Maksimal

Membuat Foto Produk Makanan Akan Lebih Maksimal dengan 5 Hal ini

Teguh Shaniba Bisnis, Editing Foto, Fotografi Tinggalkan Komentar

Pernahkah Anda melihat gambar makanan yang selang beberapa detik saja, Anda sudah dibuat ngiler dan ingin mencicipinya? Yap! Itulah the power off memikat orang lewat foto produk makanan. Simak terus artikel ini karena kita akan bagikan 5 syaratnya agar Anda bisa lebih maksimal dalam membuat foto produk makanan yang bagus.

Agar menarik banyak pelanggan, kita tentu harus memiliki bahan promosi yang bisa bikin banyak pelanggan tertarik. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat foto produk makanan yang sangat menarik dan menggugah selera.

Senikmat, selezat dan sehebat apapun rasa yang dimiliki oleh sebuah makanan, jika gambar yang dibuat untuk promosi buruk, asal atau tidak memperhatikan syarat yang ada, ya hasilnya tidak akan senikmat rasa makanannya.

Karena itulah, ilmu tentang membuat foto produk makanan ini harus dipelajari. Supaya nanti pas promosi, bisa langsung memikat para pelanggan.

Membuat Foto Produk Makanan dengan Maksimal

Foto Produk Makanan yang Menggugah Selera Adalah Media Promosi Terbaik – Photo by Ella Olsson on Unsplash

5 Syarat yang harus Dipenuhi untuk Menghasilkan foto Produk yang Maksimal

Setidaknya ada 5 syarat yang wajib dilakukan kalau mau hasil foto produk menjadi maksimal. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pencahayaan yang baik.
  2. Angle yang tepat.
  3. Peralatan yang mumpuni.
  4. Food Styling
  5. Editing Retouching.

Langsung saja kita basa syarat yang pertama ya.

#1 Membuat Foto Produk Makanan dengan Pencahayaan yang Baik

Pada dasarnya, sebuah objek akan tertangkap dengan jelas oleh kamera ketika objek tersebut memiliki pencahayaan yang baik. Karena jika kurang, gambar yang dihasilkan akan terlihat gelap, tidak jelas atau masalah lainnya. Sehingga gambar yang dihasilkan nantinya tidak maksimal.

Karena alasan itulah beberapa alat pencahayaan buatan dibuat. Ada yang langsung dari kamera, ada yang lewat alat lain, ada juga yang menggunakan matahari dengan cara memantulkannya.

Kita harus paham betul bahwa cahaya yang cukup adalah nyawa sebuah objek dalam gambar. Baik buruknya sebuah foto sangat ditentukan oleh seberapa cukup pencahayaannya.

Apalagi jika tujuan Anda adalah membuat foto produk makanan untuk keperluan promosi. Jadi pencahayaan ini harus diperhatikan dengan baik, ya!

#2 Pengambilan Angle yang Tepat

Selain cahaya, pengambilan angle atau sudut pandang juga akan mempengaruhi kualitas foto produk yang dihasilkan. Untuk itu, Anda mungkin perlu mempelajari beberapa teknik pengambilan sudut pandang.

Dalam dunia food photography teknik mengambil sudut pandang ini dibagi menjadi empat macam. Di antaranya adalah high view angle, eye level, low angle, dan Bird’s eye views.

Keempat teknik tersebut bisa disesuaikan dengan atau dicoba satu persatu untuk membuat foto produk makanan yang pas. Dan tiap jenis makanan mungkin hanya akan maksimal menggunakan angle tertentu saja.

High View Angle

Atau biasa disebut dengan teknik memotret langsung dari atas makanan. Di sudut pandang pertama ini, objek ditempatkan di atas meja atau media lain dengan dihiasi oleh beberapa ambience dan properti pendukung.

Pendukung tersebut biasanya mencirikan bahan atau bumbu makanan yang menjadi bagian dari produk tersebut.

Eye Level

Pada sudut pandang ini, pengambil gambar memposisikan kamera sebagai mata pelanggan yang ingin melihat lebih jelas ke dalam makanan. Kamera disesuaikan posisinya yaitu sejajar dengan objek yang akan dibidik.

Dengan sudut pandang seperti ini, yang ingin diperlihatkan adalah tekstur makanan, bentuk dan sesuatu lain yang dianggap menggugah jika dibidik dalam jarak yang dekat.

Teknik ini biasa digunakan untuk memotret seporsi makanan kecil seperti makanan pembuka atau makanan penutup.

Low Angle

Teknik membuat foto produk  dengan low angle ini biasanya dilakukan untuk menangkap objek yang ditaburi sesuatu, misalnya es krim yang atasnya ditaburi susu yang mengalir, atau roti dengan serbuk-serbuk coklat yang melayang.

Birds Eye View

Hampir sama dengan teknik mengambil sudut pandang yang pertama. Bedanya adalah teknik ini mengambil objek dari sudut 90 derajat. Langsung terlihat dari atas.

Teknik ini biasanya digunakan untuk membuat foto produk makanan yang memiliki banyak toping. Misal seperti pizza, nasi tumpeng, nasi goreng dengan aneka taburan. Dan lain sebagainya.

#3 Gunakan Peralatan yang Mumpuni untuk Membuat Foto Produk Makanan dengan Maksimal

Sebuah gambar yang bagus juga dipengaruhi oleh alat yang mumpuni. Ada beberapa pilihan kamera sebagai alat bidik misalnya. Seperti menggunakan HP, Mirrorless atau DSLR.  Memang bisa dengan semua itu, tetapi kita harus tahu untuk apa gambar tersebut dibidik.

Misalkan jika hanya untuk status di Instagram, Anda bisa cukup menggunakan HP dengan alat seadanya. Potret di luar ruangan dengan pencahayaan alami di jam 8-10 pagi, edit sedikit dan bisa langsung diunggah. Tanpa perlu DSLR.

Tetapi untuk tujuan promosi, sebaiknya Anda menggunakan anggota DSLR dengan alat penunjang seperti lighting, pembias cahaya dan alat lainnya. Karena jika menggunakan hp, resolusi yang dihasilkan tidak akan cukup bagus untuk dipasang di media promosi.

#4 Membuat Foto Produk Makanan Lebih Cantik dengan Food Styling

Gambar yang bisa menyita perhatian calon pelanggan adalah gambar yang mampu membuat mata mereka melihat lebih lama dengan keindahannya.

Kita pribadi tentu sangat suka dengan hal yang indah-indah bukan? Maka memperindah makanan sebelum dipotret haruslah dilakukan. Alasan sederhana ini adalah satu lagi syarat yang harus dimiliki sebelum membuat gambar produk makanan yang maksimal.

Nah teknik mempercantik penyajian produk makanan ini sering disebut dengan istilah food styling. Food styling dapat dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan topping, tata cara penyajian, serta alat saji yang akan digunakan.

Anda bisa menambahkan properti yang relate dengan menu makanan yang dibidik. Misalnya bisa berupa rempah, bumbu masakan atau mungkin beberapa bahan yang mungil.

Jika yang Anda bidik adalah minuman pembuka, Anda mungkin bisa membidik toping susu atau cokelat yang ditaburkan di atasnya. Dengan kombinasi teknik low angle foto yang Anda ambil akan terlihat sangat menarik.

#5 Editing Retouching untuk Membuat Foto Produk Makanan Anda Lebih Indah

Satu lagi syarat yang perlu dilakukan sebelum membuat foto produk makanan yang maksimal. Adalah membuat sentuhan akhir semua gambar yang dibidik dengan proses editing.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pencahayaan, angle, alat yang mumpuni dan properti untuk memperindah makanan memang menjadi syarat penting untuk menghasilkan gambar makanan yang bagus. Tetapi proses editing tetap harus dilakukan untuk mendapatkan gambar dengan kualitas yang betul-betul maksimal.

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa editing adalah segalanya. Tapi ini keliru ya, keempat hal sebelumnya tetap tidak bisa dipisahkan.

Terlalu banyak proses editing, bisa membuat gambar makanan terlihat tidak natural. Misalnya penggunaan saturasi, kontras dan brightness yang terlalu berlebihan.

Unsur edit di atas memang bisa membuat objek gambar yang dipotret menjadi cantik dan indah. Tetapi untuk proses pembuatan foto produk makanan, hal tersebut tidak boleh dilebih-lebihkan. Makanan harus terlihat apa adanya, jika ingin terlihat menarik, maka maksimalkan di keempat syarat sebelumnya.

Rekomendasi Jasa Foto Makanan Profesional

Kami tahu bahwa semua proses di atas pasti memerlukan effort yang cukup besar. Belum bahas biaya dan peralatan yang harus disediakan. Anda harus memikirkan biaya promosi dan lain sebagainya.

Kesalahan pemotretan produk makanan bisa menyebabkan promosi menjadi kurang maksimal. Ini sih jadi sayang banget. Padahal sudah berusaha membidik dengan tepat, tetapi hasilnya tetap kurang.

Bila peralatan, skill, atau bahkan waktu menjadi kendala utama Anda untuk membuat foto produk makanan yang bagus. Jasa fotografi profesional bisa menjadi solusi yang paling efektif.

Dengan menggunakan jasa fotografi profesional yang tepat. Anda tidak perlu lagi pusing-pusing memutar otak hanya untuk mencari konsep yang bagus. Tidak perlu juga menghabiskan banyak waktu hanya untuk sesi foto produk yang pastinya bukan merupakan bidang perusahaan Anda.

Shaniba Creative Industry Adalah Solusi Terbaik untuk Membuat Foto Produk Makanan Berkualitas

Ada banyak pilihan studio fotografi ataupun fotografer freelancer yang bagus diluaran sana. Dan salah satu yang terbaik adalah Shaniba Creative Industry.

Shaniba Creative Industry adalah studio fotografi komersial yang melayani kebutuhan fotografi untuk bisnis maupun personal. Layanan yang tersedia adalah jasa foto produk, jasa editing foto dan high end retouching, serta jasa foto portrait bisnis.

Nah, khusus untuk layanan foto produk makanan, Anda akan mendapatkan fasilitas yang sangat lengkap di studio foto satu ini. Setiap paket foto produk makanan sudah terdiri dari food styling, penggunaan properti yang cantik, serta layanan editing mendetail.

Paket lengkap untuk membuat foto produk makanan yang cantik dalam satu harga adalah kelebihan layanan Shaniba Creative Industry.  Anda bisa memilih beragam konsep foto produk sesuai dengan kebutuhan dari konsep katalog hingga tematik custom.

Tata Cara Pemesanan

Untuk melakukan pemesanan foto, cukup konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda ke customer service. Bisa melalui Whatsapp 081 911 911 999 atau Telegram 081 911 911 999 / @shanibacreative.

Customer service akan dengan senang hati membantu Anda dalam merealisasikan konsep yang dibutuhkan. Serta membantu Anda dalam membuat konsep yang pas dan menarik sesuai dengan karakter produk Anda.

Kelebihan utama membuat foto produk makanan di Shaniba Creative Industry adalah sistem harganya yang fleksibel. Jadi Anda bisa membuat foto tanpa aturan pemesanan minimal (minimum order). Anda bisa memesan foto satuan atau dalam bentuk paketan. Sangat ramah budget.

Dapatkan juga harga spesial bila Anda memesan foto dalam jumlah yang banyak. Akan ada diskon kuantitas bila Anda membutuhkan banyak foto sekaligus.

Informasi lebih lanjut serta portofolio lengkap Shaniba Creative Industry dapat dilihat langsung di website resminya www.shanibacreative.com. Membuat foto produk makanan yang menarik kini bukan masalah lagi.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.