Membuat Foto Produk Marketplace yang Bagus

Foto Produk Marketplace Haruslah Bagus, Berikut 7 Alasannya

Teguh Shaniba Bisnis, Fotografi, Media Sosial Tinggalkan Komentar

Bikin foto produk marketplace memang harus bagus ya? Sebelum menjawab pertanyaan ini mari kita jabarkan dulu masalahnya.

Persaingan adalah hal yang pasti terjadi di dunia bisnis. Penjual normalnya akan membuat tokonya tampak lebih menarik dan memberikan diskon agar lebih banyak pelanggan yang datang. Nah, di dunia marketplace online semua toko tampak mirip, bahkan promo-promo yang diberikan juga mirip karena sebagian besar juga disediakan oleh marketplace tersebut?

Membuat Foto Produk Marketplace yang Bagus

Foto Produk Marketplace yang Baik dapat Meningkatkan Penjualan – Photo by Ashley Piszek on Unsplash

Di Dunia Marketplace, Semua Penjual Tampak Mirip

Lalu, kalau dalam hampir semua hal sudah mirip? Bagaimana caranya kita bersaing dan mendapatkan pelanggan lebih banyak? Salah satu pembedanya adalah kualitas admin yang mampu menjawab pertanyaan pelanggan dengan baik sehingga meningkatkan kepercayaan.

Masalahnya, admin ataupun customer service adalah lapisan kedua di lapak online kita. Calon pelanggan mungkin tidak begitu tertarik untuk menghubungi admin jika toko online kita tampak tidak menarik  dari segi visual. Mengapa? Karena aspek visual adalah yang pertama diterima oleh calon pelanggan kita untuk semua bisnis online.

Foto adalah Pandangan Pertama Pelanggan ke Toko Online Kita

Saat kita mencari produk di marketplace, yang muncul sudah pasti foto atau video dalam sebagian kecil pencarian. Penjual yang memiliki tampilan foto paling menarik sudah tentu lebih cepat dalam menggaet pelanggan.

Foto produk marketplace yang terkonsep dan berkualitas adalah komponen utama yang bisa menunjang hal ini. Bisa dikatakan, foto merupakan modal dasar berjualan online. Kualitas foto produk akan menentukan seberapa serius kita menampilkan toko online kita ke pelanggan. Hal ini mirip dengan menghias toko seindah mungkin untuk menarik perhatian lebih banyak orang. Berikut ini efek positif dari tampilan foto produk yang berkualitas pada online shop.

#1 – Foto Produk Marketplace Yang Berkualitas Mampu Membantu Mengangkat Nama Brand

Toko online yang semula biasa saja bisa langsung melejit berkat tampilan foto produk yang keren. Bukan rahasia lagi foto produk secara tidak langsung menjelaskan tentang brand. Tampilan gambar yang kurang maksimal lebih banyak dilewatkan oleh pembeli. Meski barangnya tergolong bagus dan berkualitas.

Semakin baik kualitas foto produk marketplace, pembeli akan semakin yakin dengan produk yang dibelinya. Jika produk sesuai dengan ekspektasi, mereka akan merasa puas. Sehingga nama toko anda akan selalu diingat. Nama brand semakin baik.

Jika menemui orang yang membutuhkan produk sama, pembeli sebelumnya tidak segan merekomendasikan toko online anda. Sehingga brand akan dikenali oleh masyarakat.

#2 – Foto Produk Adalah Imej Perusahaan, Modal Dasar untuk Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Bagi penjual produk barang maupun jasa, kepercayaan pelanggan menjadi tolok ukur kesuksesan. Seperti pada merek terkenal, mereka tidak pernah bermain asal. Bahkan foto yang digunakan terlihat menarik. Tak heran jika banyak orang ingin membeli produknya.

Perusahaan sudah tentu perlu membuat foto produk marketplace dengan maksimal dan berkualitas. Sehingga tidak bisa menggunakan kamera biasa. Perlu kamera DSLR dan pencahayaan yang terkonsep untuk menampilkan gambar maksimal. Untuk itu, beberapa penjual mempercayakan foto produk kepada studio foto komersial.

#3 – Foto Produk Marketplace yang Dikonsep Dengan Baik Akan Meningkatkan Nilai Jual

Bayangkan saja, foto produk yang kurang pas dipamerkan pada online shop. Orang-orang akan mengabaikan begitu saja. Karena tampilan visual yang tidak menarik. Akibatnya, penjual menawarkan dengan harga lebih murah.

Bahkan banyak terjadi penjual memberikan potongan harga besar. Padahal produk mereka sebenarnya sangat baik. Hanya saja foto produk marketplace yang digunakan yang tidak mendukung, mengesankan produk murahan. Pembeli tentu ragu-ragu untuk membeli barang.

Beda cerita saat memajang foto terbaik dan berkualitas bagus. Hasil foto yang profesional dapat meningkatkan nilai jual. Ini karena tampilan dari produk yang diambil secara profesional terkesan elegan.

Pemilihan foto yang baik menunjukkan sikap penjual yang serius. Orang menilai toko anda tidak main-main. Berkat kesan tersebut penjual bisa menaikkan atau menentukan harga jual sendiri yang lebih mahal. Sehingga harga jual yang ditawarkan bebas dari perang harga online.

#4 – Foto Profil dan Foto Produk Adalah Ibarat Identitas Penjual atau Perusahaan

Keseriusan penjual meletakkan foto produk marketplace yang berkualitas mencerminkan identitas. Ini bisa dijadikan kesempatan oleh penjual untuk membagikan visi dan misi berbisnis online. Semangat ini menunjukkan jati diri penjual yang pantang menyerah dan energik.

Nantinya, citra positif akan terbentuk. Sehingga pembeli akan selalu mengingat toko anda saat mencari barang yang sama. Citra tersebut semakin bertambah dengan koneksi yang baik dengan pembeli. Pembeli akan merasa lebih dekat saat mulai mengenali identitas toko online yang anda geluti.

Foto produk marketplace bagus yang berbeda dapat mengubah kesan pembeli. Pembeli tidak merasa takut tertipu. Karena maraknya toko online bisa membuat pembeli takut. Alasannya karena foto produk yang dipasang sudah umum terlihat di media sosial. Tentu saja ini menambah keraguan pembeli.

#5 – Tema Foto Poduk Marketplace Harus Disesuaikan dengan Strategi Pemasaran Perusahaan

Bagian yang tak kalah penting bagi online shop adalah pemasaran. Karena kegiatan dilakukan secara online, calon pembeli tidak bisa bertemu secara fisik. Mereka hanya bisa melihat dari foto yang ditampilkan oleh penjual.

Oleh karena itu, banyak online shop yang memasang strategi pemasaran. Untuk menjangkau target, promosi terus dilakukan. Kegiatan upload foto produk ke media sosial sudah menjadi kebiasaan. Tujuannya demi mendapat keuntungan.

Strategi pemasaran melalui media sosial disebut dengan social media marketing. Strategi ini diterapkan pada sebuah platform. Bisa melalui cara tidak berbayar dan berbayar. Tergantung pada budget dan kepentingan.

Teknik marketing seperti ini juga tak lepas dari syarat utama yakni harus menggunakan foto produk marketplace yang bagus pastinya. Semua kembali pada persyaratan awal yang sudah kita bahas berkali-kali dalam artikel ini. Namun tujuannya satu, yakni agar calon pembeli mendapat gambaran terhadap produk yang hendak mereka beli.

Foto produk bisa diambil sendiri atau menggunakan jasa profesional, seperti Shaniba Creative Industry. Tentu hasil keduanya nampak berbeda. Foto biasa didapatkan dari peralatan seadanya. Sedangkan foto produk yang bagus didapatkan setelah memikirkan konsep dengan matang. Kemudian melakukan pemotretan di studio dengan perangkat lengkap dan kamera DSLR.

#6 – Foto Produk Marketplace yang Bagus akan Memudahkan Pelanggan Mengenal Lebih Jauh Tentang Produk Kita

Pelanggan sangat gemar membanding-bandingkan produk antar toko online. Ada banyak hal dibandingkan, mulai dari tampilan barang hingga harga. Ini kerap kali dilewatkan oleh penjual. Padahal sikap tersebut perlu diatasi dengan benar.

Calon pembeli sering berkeluh kesah tentang informasi produk yang kurang jelas. Hal tersebut bisa terjadi karena foto produk yang ditampilkan kurang maksimal. Sehingga ada bagian yang terlihat buram atau warnya pudar. Oleh karena itu, informasi pada kemasan tidak terbaca dengan baik.

Penjual perlu memiliki trik jitu agar membicarakan kebaikan produk hanya dengan melihat. Untuk itulah diperlukan fotografi yang profesional. Sehingga produk yang anda tawarkan bernilai lebih di mata calon pembeli.

Hanya menampilkan foto terbaik produk, calon pembeli dapat tertarik seketika. Terlebih lagi ketajaman gambar dapat memperjelas informasi yang ingin diperoleh pembeli. Dengan tambahan bahasa marketing, orang tersebut bisa langsung melakukan transaksi.

#7 – Foto dapat Membantu Mengubah Persepsi Pelanggan

Pelanggan sering merasa ragu menentukan keputusan saat belanja online. Namun kualitas foto produk marketplace yang ditampilkan dapat mempengaruhi keputusan untuk membeli atau tidak. Untuk itu, tampilan produk harus eye catching agar berkesan di mata calon pembeli.

Suka atau tidak, keberadaan foto produk yang berkualitas terbukti handal memikat pembeli. Tampilan foto memberikan pengalaman secara langsung. Sehingga terbentuk koneksi yang kuat antara produk yang dijual dengan pelanggan.

Fotografi dengan polesan emosi pada toko online dapat membangun hubungan dengan pembeli. Emosi dalam foto yang diterima oleh calon pelanggan dapat mengubah keputusan untuk membeli barang dari toko anda. Pembeli merasa yakin dengan produk dan bertransaksi pada tempat yang benar.

Kesan positif ini dapat mengalahkan online shop lain yang menampilkan gambar biasa saja. Karena nilai produk langsung terlihat. Kredibilitas toko online anda juga berhak diperhitungkan. Nah, inilah mengapa kita perlu benar-benar mengonsep foto produk marketplace kita dengan maksimal. Karena dampaknya adalah pada hasil penjualan toko online kita.

Memiliih Vendor yang Tepat untuk Membuat Foto Produk Marketplace

Ada banyak studio foto yang memberikan layanan jasa foto produk. Namun agar hasilnya maksimal, selalu pilih studio foto komersial untuk permasalahan ini. Mengapa? Karena studio foto komersial adalah studio yang fokus pada pembuatan foto produk. Dan bukan merupakan studio foto campur aduk semua bisa.

Studio foto komersial sudah tentu memaksimalkan properti dan peralatannya untuk membuat foto produk terutama foto produk marketplace. Teknik pencahayaan dan editingnya pun sudah disesuaikan

Ada banyak pilihan studio foto komersial di luar sana, salah satu yang cukup direkomendasikan adalah Shaniba Creative Industry. Studio foto komersial satu ini sangat berpengalaman dalam membuat foto produk untuk kebutuhan marketplace serta untuk kebutuhan digital marketing perusahaan.

Membuat Foto Produk Terbaik di Shaniba Creative Industry

Di Shaniba Creative Industry atau biasa disebut dengan SCI, segala konsep foto produk dapat dibuat. Tinggal sampaikan saja kebutuhan foto Anda pada ke customer service-nya. Anda akan dibantu untuk memperoleh konsep terbaik untuk produk Anda.

Anda bisa membuat foto produk marketplace dengan konsep katalog, tematik, hingga digital imaging. Penasaran dengan layanan yang diberikan? Informasi lengkapnya bisa di cek di laman web resminya https://shanibacreative.com . Perlu konsultasi langsung? Bisa juga donk, cukup hubungi admin melalui Whatsapp ke nomor 081 911 911 999 (klik disini).

Demikian artikel tentang 7 alasan mengapa kita harus membuat foto produk marketplace kita dengan konsep yang matang. Seluruh alasan ini mengacu pada satu tujuan, yakni untuk memaksimalkan penjualan toko online kita. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.