Studio Foto Produk Komersial - Shaniba Creative Industry

Seperti Ini 7 Ciri Studio Foto Produk Komersial Yang Bagus

Studio Foto Produk Komersial - Shaniba Creative Industry

Studio Foto Produk Komersial – Photo by Ali Bakhtiari on Unsplash

Studio foto produk komersial yang bagus diperlukan untuk menunjang promosi usaha Anda. Fotografi produk sendiri menggunakan teknik spesifik yang dapat menonjolkan daya tarik produk sehingga bisa membuat pembeli potensial tergugah. Ini merupakan bagian penting dari periklanan online maupun offline. Foto produk sendiri dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti katalog, brosur, iklan majalah, billboard, iklan online, dan website perusahaan.

#1 Memiliki Sampel Foto Produk Yang Berkualitas

Studio foto produk komersial sudah semestinya memiliki beberapa contoh foto produk sebagai sampel. Adanya contoh dari klien sebelumnya atau yang memang diperuntukkan untuk sampel. Ini menunjukkan bahwa studio foto tersebut memang benar-benar siap dan telah mengetahui teknik untuk foto produk. Klien bisa melihat apakah sampel foto produk yang ditawarkan tersebut memang berkualitas dan sesuai dengan yang diinginkan.

Studio foto yang profesional biasanya akan memberikan banyak variasi foto sampel, apalagi bagi yang sudah berpengalaman. Foto produk sendiri bisa beragam tergantung dari tema dan jenis produknya. Adanya sampel bisa memudahkan pelanggan untuk memilih mana tema yang ingin diterapkan untuk produknya.

Memiliki Peralatan Yang Diperlukan Untuk Menunjang Foto Produk

Studio foto produk komersial yang baik memiliki peralatan yang memadai dan berkualitas. Meskipun sama-sama foto, namun jenis foto produk perlu perlakuan khusus. Beberapa peralatan yang wajib dimiliki, antara lain:

  • Kamera profesional: semua studio foto membutuhkan kamera yang mumpuni sehingga bisa menghasilkan gambar yang optimal. Jenis kamera yang digunakan sebaiknya mampu menangkap gambar dengan kualitas tinggi sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dan ukuran. Jika studio foto tersebut hanya menggunakan jenis kamera biasa atau bahkan jadul maka bisa dipastikan bahwa hasilnya tidak akan optimal untuk kebutuhan masa kini.
  • Lighting: pencahayaan menjadi faktor yang cukup penting dalam fotografi begitu juga dengan foto produk. Studio foto sudah seharusnya memiliki peralatan lighting yang mumpuni untuk menunjang proses pemotretan.
  • White backdrop: Latar putih seperti tenda lampu akan merefleksikan cahaya kembali pada produk. Ini bisa membuat potret produk menjadi lebih jelas atau berkualitas.
  • Tripod: tripod dapat mengurangi goyangan kamera dan meningkatkan kualitas dari foto produk. Ada beberapa jenis tripod yang cocok digunakan untuk fotografi produk, ini bisa dilihat dari fitur tripod tersebut misalnya bisa membuat kamera berada di posisi yang beragam dan fleksibel namun tetap stabil.
  • Peralatan post-retouching yang bagus seperti monitor dengan gamut warna sRGB atau lebih baik.

Studio foto produk komersial yang bagus sudah semestinya memiliki peralatan-peralatan tersebut. Jika tidak, maka bisa dipastikan mereka kurang serius dan hasilnya bisa jadi tidak optimal.

Ada Pilihan Indoor Dan Outdoor

Foto produk bisa dilakukan di indoor atau outdoor. Secara umum, foto produk indoor lebih banyak dilakukan karena bisa lebih fokus pada benda tersebut daripada latar belakang alam. Namun pilihan foto produk outdoor juga seharusnya diberikan oleh studio foto. Pada studio foto profesional maka mereka tidak akan masalah melakukan foto produk di outdoor karena sudah berpengalaman dan mengetahui apa teknik yang harus diterapkan. Cahaya alami di luar ruangan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto produk jernih. Pilihan indoor atau outdoor ini bisa disesuaikan dengan jenis produk itu sendiri apakah memerlukan suasana di luar ruangan atau tidak.

Ada Fasilitas Post-Processing (Editing)

Foto produk memerlukan proses editing agar bisa benar-benar ditampilkan ke dalam berbagai media. Studio foto produk komersial seharusnya juga memiliki layanan untuk proses editing ini. Meskipun tidak harus sampai ke pembuatan media promosi, namun foto yang diberikan sebaiknya sudah jadi dengan ukuran yang bisa disesuaikan untuk berbagai media. Proses editing ini juga diperlukan agar foto produk bisa tampil lebih prima seperti masalah pencahayaannya.

Untuk bagian post-processing ini juga perlu dipahami bahwa studio foto tertentu yang memiliki kualitas kerja yang lebih tinggi terkadang memasukkan layanan retouching mendetail pada setiap foto sehingga harga layanan akan lebih tinggi dari studio foto yang hanya menawarkan proses editing standar. Studio foto produk tertentu juga menawarkan layanan post-processing mendetail dalam layanan terpisah dan sudah pasti dengan tambahan biaya.

Memiliki Pilihan Tipe Untuk Fotografi Produk

Ada beberapa tipe foto produk yang bisa diterapkan, antara lain:

  • Individual shots: pemotretan untuk individual produk berarti dalam satu foto tersebut hanya ada satu jenis produk saja. Misalnya untuk produk jam tangan yang perlu difokuskan pada detailnya sehingga lebih baik memakai jenis tipe ini. Tipe foto produk yang satu ini biasanya dengan menempatkan sebuah produk dengan latar belakang polos.
  • Lifestyle shots: Tipe ini berupa foto produk yang sedang dipakai. Misalnya untuk produk tas, maka fotonya berupa seseorang yang menggunakan tas tersebut. Ini membutuhkan model untuk membuat tas tersebut bisa tampil lebih hidup.
  • Scale shots: Jenis tipe fotografi produk yang satu ini memberikan kejelasan tentang ukuran produk itu sebenarnya. Jadi foto produk tersebut bisa menggambarkan ukurannya sebenarnya, misalnya dengan ditempatkan dengan benda atau orang.
  • Detailed shots: Pada beberapa produk, perlu untuk difoto secara detail sehingga terlihat jelas desain atau fitur yang ingin ditonjolkan. Jenis foto produk yang satu ini menampilkan produk dengan detail dan biasanya dari jarak dekat.
  • Group shots: Produk yang memiliki beberapa varian bisa difoto secara berkelompok. Misalnya produk topi dengan beberapa warna, maka bisa dipotret secara berkelompok.
  • Packaging shots: Kemasan untuk sebagian jenis produk kadang cukup penting sehingga perlu ditampilkan. Tipe potret yang satu ini menampilkan kemasan produknya.

Studio foto produk yang bagus pastinya memberikan banyak pilihan tipe foto yang bisa diambil. Banyaknya variasi foto yang bisa dipilih sebaiknya juga disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tepat untuk promosi produk tersebut.

Layanan Yang Ramah Dan Informatif

Studio foto produk komersial yang dibangun secara profesional pasti memiliki proses operasional yang terstandarisasi. Begitu juga dengan pelayanan kepada pelanggan. Saat ada yang ingin memesan dan bertanya tentang beberapa hal maka pihak studio foto akan dengan senang hati memberikan penjelasan. Layanan yang diberikan juga informatif sehingga pelanggan bisa memahami pesanan mereka dan mendapatkan kepuasaan setelah mendapatkan hasilnya.

Adanya Pilihan Paket Produk Foto Dengan Harga Masuk Akal

Studio foto produk komersial yang bagus fokus pada layanan untuk fotografi produk. Jadi mereka sudah memiliki paket-paket layanan foto produk yang bisa dipesan. Paket ini bisa dibagi berdasarkan jenis fotografi produk, media cetaknya, dan jumlahnya. Jumlah yang lebih besar biasanya akan diberikan harga yang lebih murah per satuannya. Masalah harga juga perlu mendapatkan perhatian dari klien. Bandingkan harga paket studio satu dengan yang lainnya. Jika harganya cenderung mahal perhatikan apakah memang kualitasnya lebih baik.

Selain harga, waktu pengerjaan juga bisa menjadi acuan apakah studio tersebut memang bagus. Waktu pengerjaan yang tepat dan sesuai dengan kesepakatan menunjukkan bahwa studio itu bisa dipercaya.

Studio Foto Produk Komersial Mana yang Bagus untuk Saya?

Ada banyak pilihan studio diluar sana, namun salah satu yang cukup direkomendasikan adalah Shaniba Creative Industry. Studio foto satu ini menawarkan layanan fotografi produk berkualitas tinggi untuk Anda. Anda dapat membuat foto untuk segala jenis produk dengan beragam konsep sesuai keinginan. Seluruh foto yang akan Anda terima sudah termasuk dengan layanan retouching mendetail sehingga menjamin tampilan produk Anda dalam frame. Seluruh foto produk juga diambil menggunakan kamera full frame serta peralatan lighting khusus untuk setiap jenis produk.

Tidak hanya layanan foto produk, bila Anda hobi memotret produk Anda sendiri, Shaniba Creative Industry juga melayani jasa retouching khusus untuk memaksimalkan post-processing untuk semua foto Anda. Anda tidak perlu menginvestasikan waktu berharga Anda untuk mengerjakan post-processing sehingga bisa memanfaatkannya untuk hal lain yang menunjang bisnis Anda.

Yang paling keren dari Shaniba Creative Industry adalah Anda dapat mereview foto Anda secara online menggunakan galeri khusus sehingga sangat mempermudah kinerja Anda. Pembayaran atas pesanan pun dapat dilakukan menggunakan beragam metode pembayaran.

Informasi mengenai layanan yang tersedia di Shaniba Creative Industry dapat Anda cek secara langsung di website resminya shanibacreative.com atau hubungi customer service melalui Whatsapp di nomor 081 911 911 999.

Memilih studio foto produk komersial yang baik bisa dilihat berdasarkan ciri-ciri yang telah disebutkan. Pengusaha khususnya membutuhkan foto produk yang dapat menunjang promosi bisnisnya. Foto produk yang bagus dapat dihasilkan oleh studio foto yang profesional. Tak jarang ada pengusaha yang masih memprioritaskan hal lain sehingga mengurangi biaya promosi. Namun promosi dengan foto produk yang jelek malah membuat pembeli potensial kabur. Jadi penting bagi Anda untuk memastikan bahwa foto produk yang dipromosikan dikerjakan secara profesional.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *