Edit Foto Wisuda untuk Hasil yang Lebih Maksimal

Edit Foto Wisuda Anda agar Terhindar dari 5 Masalah Umum Ini

Teguh Shaniba Editing Foto, Fotografi Tinggalkan Komentar

Wisuda menjadi momen langka yang terjadi dalam hidup. Oleh karenanya perlu diabadikan dalam jepretan kamera. Sehingga foto dapat disimpan seumur hidup. Agar memperoleh foto yang berkesan, edit foto wisuda menjadi pilihan yang tepat. Karena bisasaja ada beberapa masalah yang bisa terjadi saat fotografer mengambil gambar.

Jarang sekali kita mendapatkan momen yang sempurna. Misalnya seluruh keluarga bisa hadir, semua bisa berpose dengan baik, menggunakan kostum yang kompak, hingga menggunakan make up yang maksimal, dan lain sebagainya. Terkadang juga terjadi beberapa masalah dari pihak fotografer seperti pencahayaan ternyata kurang maksimal, atau hasil foto kurang memuaskan.  Hal seperti ini mungkin terkadang tidak bisa dihindari namun masih bisa diperbaiki dalam proses edit foto wisuda Anda.

Kita akan membahas beberapa jenis masalah cukup sering terjadi pada sesi foto wisuda kita. Pada dasarnya semua permasalahan ini mungkin hanya bisa di selesaikan oleh professional saja. Terutama editor foto profesional seperti Shaniba Creative Industry. Namun akan lebih pas bila kita memahami masalah apa saja sih yang umum terjadi pada sesi foto wisuda. Dan pastinya solusi terbaik untuk masalah tersebut.

Edit Foto Wisuda untuk Hasil yang Lebih Maksimal

Momen Wisuda – Photo by Charles DeLoye on Unsplash

Masalah #1 – Senyum yang Terlihat Aneh

Kelulusan menjadi momen terbaik bagi mahasiswa. Hal ini sangat diimpikan karena menentukan langkah selanjutnya. Sehingga menampilkan ekspresi senyum sangat dianjurkan. Orang lain yang melihat foto pun bisa terbawa oleh situasi yang menyenangkan.

Bagi orang yang tak terbiasa dengan kamera, ekspresi kaku cenderung dilakukan. Ini terjadi karena mereka merasa canggung. Sehingga kurang bisa mengeluarkan ekspresi dengan baik. Terutama saat di hadapan kamera.

Terlebih lagi di momen wisuda, senyuman adalah hal yang dinanti. Ini menunjukkan perasaan bahagia karena telah lulus setelah mengalami perjalanan panjang. Tentu bukanlah hal yang mudah belajar bertahun-tahun dengan mata kuliah yang harus diselesaikan.

Memperbaiki Masalah Ringan pada Senyuman Anda

Senyum yang tidak simetris merupakan hal yang lumrah terjadi pada manusia. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Tapi, pada manusia normal senyum asimetris dapat diatasi dengan mudah. Bisa dicoba melakukan senam wajah dan latihan tersenyum di depan cermin.

Klien yang kaku menjadi masalah tersendiri bagi fotografer. Selain hasil yang kurang maksimal, perlu tambahan waktu untuk mengedit foto. Tapi, kejadian ini bukanlah hal yang baru. Fotografer berpengalaman Shaniba Creative Industry dapat menangani masalah ini.

Edit Foto Wisuda Lanjutan untuk Menggabungkan Beberapa Foto dengan Senyum Berbeda

Bila Anda lupa tersenyum di foto Anda. Atau senyum Anda mungkin terlalu lebar dan tidak ingin gigi Anda terlihat. Fotografer Anda normalnya akan memotret Anda dalam beberapa frame dan berbagai pose. Nah bila proses edit foto wisuda ringan tidak dapat memperbaiki masalah yang ada maka Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menambal foto.

BIla Anda memiliki beberapa stok foto dimana foto yang terbaik Anda tidak menyukai senyuman Anda. Editor foto dapat memindahkan senyum Anda dari foto lainnya yang mungkin sesuai dengan pilihan Anda. Tidak hanya senyuman, bahkan wajah Anda juga bisa ditukar dengan foto lainnya selama memenuhi persyaratan.

Tidak semua studio fotografi menyediakan layanan editing tingkat lanjut. Namun jangan khawatir bila studio Anda menolak permintaan Anda. Masih banyak editor foto di luar sana yang bisa mengerjakannya untuk Anda.

Masalah #2 – Background Foto yang Kurang Mendukung

Background foto merupakan elemen yang cukup penting pada sebuah foto wisuda. Peran penting latar belakang ini dapat mengubah kesan sebuah foto. Obyek yang difoto terlihat lebih menarik dengan background yang cocok. Sebuah foto wisuda akan terasa kosong tanpa latar yang baik.

Dengan kata lain, latar belakang foto menjadi amunisi agar orang lain tertarik melihat. Dari ketertarikan tersebut akan muncul sebuah kesan. Terlebih lagi dengan pencahayaan yang tepat, maka foto wisuda akan terlihat kontras dan dramatis. Sehingga momen penting tersebut akan selalu dikenang.

Edit Foto Wisuda untuk Merapikan Background

Untuk mendapatkan hasil maksimal, edit foto wisuda pada bagian background sangat sering dilakukan. Perbaikan ini ditujukan untuk mendapatkan latar yang sesuai dengan tema. Ketika mengambil foto wisuda, maka latar belakang foto perlu disesuaikan. Ini berpengaruh terhadap hasil foto.

Dalam pemotretan foto wisuda, fotografer akan menemui background yang kurang mendukung. Dengan begitu, perlu dilakukan perbaikan agar hasil foto lebih baik. Latar belakang lebih terlihat mulus dan rapi.

Untuk merapikan bagian yang mengganggu, fotografer akan melakukan beberapa langkah. Bisa saja mengganti atau memotong bagian yang mengganggu.

Edit Foto Wisuda Lanjutan untuk Mengganti Background Secara Keseluruhan

Beberapa orang mungkin mengalami masalah yang lebih rumit, yakni tidak mendapatkan kesempatan untuk momen foto wisuda di studio foto. Atau mungkin mendapati hasil foto yang biasa saja karena slot studio foto berkualitas sudah habis. Atau pilihan background yang tersedia di studio foto tidak sesuai dengan keinginan sama sekali.

Permasalahan seperti ini mungkin terasa sangat tidak menyenangkan namun tenang saja editor foto profesional adalah jawaban atas permasalahan Anda satu ini. Foto Anda akan diproses di Adobe Photoshop, subjek akan diseleksi kemudian background foto akan dipotong dan diganti menggunakan background yang lebih sesuai keinginan Anda. Hal tersulit dari proses edit foto wisuda seperti ini adalah bagaimana cara menyatukan subjek dengan background baru foto.

Masalah #3 – Tidak Semua Anggota Keluarga Bisa Hadir di Sesi Foto

Prosesi wisuda selalu diminta untuk dihadiri oleh orang tua. Sehingga acara ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Kebahagiaan anak yang lulus kuliah perlu disaksikan oleh keluarga. Ini sebagai pembuktian bahwa seorang anak telah menyelesaikan studinya dengan baik.

Karena menjadi acara yang ditunggu-tunggu, tak jarang orang tua juga ikut serta dalam frame foto. Banyak juga orang tua yang mengajak sanak saudara lain untuk merayakan kelulusan anaknya. Sehingga momen kebersamaan ini tidak boleh terlewatkan.

Sayangnya, pada beberapa kesempatan, ada anggota keluarga yang tak terfoto. Ini disebabkan oleh banyak hal. Bisa jadi berhalangan karena kesibukan. Bahkan orang tua tidak bisa menyaksikan kelulusan anaknya karena telah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Tentu hal ini menjadi masalah tersendiri.

Edit Foto Wisuda untuk Menambahkan Orang Baru dari Foto Baru

Proses editing yang demikian biasanya diminta oleh wisudawan agar terkesan orang tersebut turut menghadiri wisuda. Sehingga keluarga terasa lengkap dengan penggabungan obyek yang dimaksud.

Subjudul satu ini mungkin membuat kita bingung, namun maksudnya adalah menggabungkan foto wisuda kita dengan foto keluarga yang tidak hadir. Namun foto tersebut juga merupakan foto yang dibuat di studio foto dan merupakan foto baru.

Dalam hal ini, prosesnya mirip dengan edit foto wisuda untuk mengganti background. Hanya saja kini yang diseleksi dan dipotong di Adobe Photoshop adalah subjek foto tambahan. Jadi kita perlu memotong subjek di foto baru kemudian menempelkannya pada foto wisuda kita. Hal ini cukup mudah dilakukan. Namun Kembali lagi Anda akan membutuhkan skill menggunakan Adobe Photoshop untuk mendapatkan hasil maksimal.

Menambahkan Orang Lain dari Foto Lama, Edit Foto Wisuda Lanjutan

Beberapa dari kita mungkin benar-benar tidak bisa menghadirkan anggota keluarga terpenting kita dalam sesi foto wisuda. Hal ini mungkin dikarenakan yang bersangkutan mengalami sakit atau telah berpulang terlebih dahulu. Sesi foto wisuda pun mau tidak mau harus diselesaikan tanpa kehadirannya.

Untuk menambahkan orang lain dari foto lama, dibutuhkan skill retouching yang cukup tinggi. Dalam urusan ini, sebaiknya Anda menggunakan layanan jasa editing foto profesional. Jauh lebih efisien ketimbang menghabiskan banyak waktu mempelajari Adobe Photoshop atau aplikasi sejenisnya.

Editor foto profesional adalah partner yang tepat untuk Anda. Pertama, subjek di foto lama akan diseleksi lalu di salin ke foto wisuda baru Anda. Nah, Langkah paling sulitnya ada disini. Tak jarang kedua foto memiliki kualitas yang berbeda sehingga seringkali terlihat tidak nyambung satu sama lainnya. Editor foto akan melakukan editing khusus seperti mengatur tone, color balance, saturasi, hingga melakukan patching pada foto lama sehingga dapat menyatu dengan foto wisuda Anda.

Masalah #4 – Foto Grup yang Kurang Kompak

Membuat foto wisuda beramai-ramai memang cukup menarik. Dalam dunia fotografi, ini disebut dengan foto grup. Pengambilan gambar bisa dilakukan bersama keluarga atau teman. Sehingga tak heran jika studio fotografi pilihan Anda akan terlihat penuh saat momen wisuda. Karena klien datang secara rombongan.

Studio akan dibanjiri pesanan foto wisuda. Sehingga antrian penuh oleh mahasiswa yang telah lulus. Momen ini tentu cukup menarik karena antusias wisudawan yang menggebu-gebu. Sedangkan sebagai studio foto terpercaya, Shaniba Creative Industry selalu sigap melayani para klien.

Sayangnya, momen sekali seumur hidup itu tidak menjamin foto terlihat bagus. Karena terdiri dari beberapa orang, tak jarang didapatkan foto yang kurang kompak. Ini terlihat dari pose atau ekspresi yang berbeda satu sama lain. Ada juga yang terlihat canggung saat difoto. Sehingga terkesan kaku daripada yang lain.

Memperbaiki Eskpresi Subjek Foto

Dalam foto grup, seringkali terjadi ketidakkompakan. Kecuali jika sesi foto tersebut sudah di rencanakan dengan matang. Atau dipimpin oleh fotografer yang benar-benar berpengalaman dalam sesi foto grup. Fotografer yang memiliki kemampuan super detail dalam mengatur pose grup mungkin bisa jadi solusi untuk Anda. Namun sudah tentu jarang sekali Anda menemukan fotografer seperti ini kalau bukan di studio yang bisa dibilang “mahal”.

Bila ketidakkompakan akhirnya terjadi. Tidak masalah, masih ada editor foto yang bisa membantu Anda. Hampir semua masalah pada foto digital dapat diselesaikan dengan Adobe Photoshop kok. Dengan menggunakan teknik patching dan liquify Anda bisa memperbaiki ekspresi orang-orang yang ada di foto Anda. Tidak perlu skill terlalu tinggi yang terpenting adalah persepsi Anda apakah setelah diperbaiki, orang tersebut masih tampak seperti aslinya.

Edit Foto Wisuda Lanjutan, Memperbaiki Ekspresi, Make Up, Editing, serta Pose

Nah untuk yang satu ini, sepertinya agak sulit. Namun tetap tenang karena editor atau retoucher foto (yang cukup jago) dapat melakukannya untuk Anda. Beberapa foto yang permasalahannya agak rumit seperti pose yang kurang bagus, tubuh yang tidak terlihat ideal juga dapat diperbaiki. Namun karena ini adalah foto grup maka memang diperlukan skill profesional untuk membereskannya. Karena akan diperlukan banyak proses pembentukan ulang dan penambalan di Adobe Photoshop.

Masalah #5 – Pakaian Toga Tidak Rapi

Secanggih apapun kamera yang digunakan tidak berarti tanpa kesan kerapian sebuah foto. Begitu juga dengan berbagai macam pose tidak menjamin kualitas foto bagus. Jangan sampai foto wisuda terlihat jelek karena pakaian yang kurang rapi.

Sebenarnya masalah ini paling umum terjadi. Sering ditemui pakaian toga wisudawan kurang rapi. Dalam pengertian toga tak sengaja terlipat, kusut dan tak simetris saat dikenakan. Lipatan atau gulungan pada toga menyebabkan hasil foto tidak menarik lagi.

Setiap orang yang melihat hasil fotonya bisa merasa risih karena satu alasan. Padahal masalah ini cukup remeh. Oleh karena itu, edit foto wisuda secara detail sangat diperlukan. Agar masalah kecil semacam ketidak rapian toga dapat dikendalikan.

Ketidak rapian bisa disebabkan banyak hal. Misalnya, toga tidak disetrika sebelum dikenakan, duduk dengan posisi toga terlipat dan melakukan banyak gerakan. Pencahayaan studio memberikan efek terhadap lipatan tersebut. Sehingga pakaian terlihat kurang rapi.

Merapikan Pakaian Toga

Studio fotografi kebanyakan akan merapikan pakaian Anda selama masalahnya tidak terlalu rumit. Jadi selalu pastikan kondisi pakaian toga Anda tetap maksimal selama sesi foto. Fotografer juga normalnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memposisikan pakaian Anda dengan teliti agar tampak maksimal.

Nah bila pakaian toga terlanjur tidak maksimal atau terjadi miss dalam kinerja fotografer maka masih bisa diperbaiki dalam proses editing. Editor foto akan menambal bagian-bagian yang tidak rapi di Adobe Photoshop. Proses ini bisa dibilang mudah selama Anda memiliki skill dasar penggunaan Photoshop.

Fotografer atau tukang edit akan menghaluskan gambar menggunakan aplikasi. Kegiatan ini bisa disebut dengan setrika digital. Proses merapikan toga secara digital harus hati-hati. Tidak dianjurkan mengedit secara berlebihan. Karena menyebabkan hasilnya kurang natural.

Edit Foto Wisuda Lanjutan, Memperbaiki Pakaian Toga Secara Mendetail

Jika Anda termasuk orang yang mengutamakan kualitas. Proses setrika digital seringkali memberikan efek yang terlalu halus atau flat pada pakaian toga. Beberapa orang nyaman dengan hal ini namun tidak bagi sebagian orang. B

Beberapa orang ingin pakaiannya tampak megah sehingga perlu penyesuaian cukup banyak. Misalnya bagian lengan perlu dirapikan dan tampak simetris. Memperbaiki bagian atau properti yang terbalik. Menghilangkan semua kerutan namun tetap tampak realistis. Memindah arah tali toga dan lain sebagainya.

Bila sudah sejauh ini sebaiknya Anda mengonsultasikan kebutuhan Anda ke editor foto profesional. Hal ini masih bisa diperbaiki kok. Hanya saja memang memerlukan skill lanjutan dalam penggunaan aplikasi retouching. Jangan khawatir ada Shaniba Creative Industry yang bisa membantu Anda.

Layanan Jasa Editing Retouching Profesional Shaniba Creative Industry

Sejak tadi kita membahas tentang Shaniba Creative Industry. Sebenarnya siapakah gerangan? Shaniba Creative Industry atau biasa disebut dengan SCI adalah studio fotografi komersial yang berfokus pada layanan jasa editing foto tingkat lanjut, jasa foto produk, dan jasa foto portrait profesional.

SCI melayani beragam jenis editing retouching dari ringan hingga rumit. Jadi untuk layanan edit foto wisuda sudah tentu tersedia disini. Anda dapat memperbaiki beragam masalah yang ada sesuai permintaan. Hanya saja memang tidak semua masalah dapat diselesaikan, jadi SCI menyediakan layanan pembuatan draft gratis untuk Anda

Gratis Pembuatan Draft Editing Foto

Ini adalah layanan yang sangat membantu di SCI. Tim kreatif SCI akan membuatkan dulu draft atau hasil kasar dari permintaan edit foto wisuda Anda. Apakah permintaan Anda dapat direalisasi, hanya Sebagian saja, atau sama sekali tidak bisa dilakukan. Jadi Anda tidak perlu membayar jika tidak cocok dengan hasil kasarannya. Sangat mudah bukan?

Kirim, Review, dan Terima Hasil Edit Foto Wisuda Anda Secara Online

Kelebihan kedua dari layanan SCI adalah sistem pemesanannnya yang online. Semua proses dari penerimaan foto, pembayaran, proses review, hingga penyerahan foto dilakukan secara online. Jadi dimanapun Anda berada bisa memesan layanan editing di SCI.

Seluruh pesanan foto Anda akan dikerjakan oleh editor foto profesional yang telah memiliki pengalaman dalam hal manipulasi foto. Tidak perlu ragu dengan kualitas kerja SCI. Anda dapat mempelajari tentang cara order hingga portfolio SCI di website resminya www.shanibacreative.com. Customer service SCI juga akan senang hati menjawab berbagai pertanyaan Anda melalui Whatsapp 081 911 911 999 atau Telegram 081 911 911 999 / @shanibacreative.

Foto wisuda menyimpan beragam kenangan. Oleh karenanya jangan sampai hasilnya kuranga maksimal. Tidak perlu khawatir bila hasil foto wisuda Anda belum maksimal. Layanan jasa edit foto wisuda adalah jawaban dari permasalahan Anda.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.