Cara Edit Foto yang Benar untuk Fotografer - Shaniba Creative Industry

Cara Edit Foto Agar Hasilnya Maksimal? Lakukan 4 Tahapan Ini

Teguh Shaniba Editing Foto, Fotografi Tinggalkan Komentar

Ketika merintis sebuah usaha, keberadaan foto adalah elemen yang paling krusial. Melalui sebuah foto yang bagus, maka usaha Anda akan dikenal oleh masyarakat luas. Foto tersebut kelak akan digunakan untuk mengisi situs official usaha, digunakan untuk membuat katalog dan brosur, di dalam kartu nama, presentasi, atau sekadar postingan di media sosial. Tidak heran jika banyak orang yang mencari cara edit foto supaya foto yang digunakan untuk memulai usaha terlihat meyakinkan.

Untuk mendapatkan stok foto usaha, maka baiknya Anda mengambil foto sendiri supaya tidak tersangkut dengan hak cipta. Anda bisa menggunakan kamera ponsel, namun jauh lebih disarankan jika memakai kamera profesional. Seperti yang telah disebut di atas, perlu editing foto untuk membuat foto-foto tersebut siap untuk dirilis ke masyarakat.

Cara Edit Foto yang Benar untuk Fotografer - Shaniba Creative Industry

Proses / Cara Edit Foto yang Benar Memerlukan Tahapan yang Tepat – Photo by Samsung Memory on Unsplash

Editing Menjadi Elemen Utama Keindahan Foto Digital Saat Ini

Perlu Anda ketahui, mengedit foto itu tak bisa memakan waktu yang sebentar, juga tidak semudah kelihatannya. Anda harus memiliki skill di bidang fotografi dan editing supaya bisa menghasilkan foto yang indah.

Namun karena tidak semua pengusaha memiliki skill yang cukup untuk mengedit foto, maka memutuskan menggunakan jasa editor foto yang profesional agaknya lebih bijaksana. Akan menghemat banyak waktu dan tenaga untuk menghasilkan sebuah foto indah untuk wajah usaha yang sedang Anda rintis.

Editing Bisa Membantu Kita Menyempurnakan Hasil Akhir Foto

Apa saja yang akan dikerjakan dalam mengedit foto? Akan ada banyak sekali hal yang dikerjakan, misalnya dimulai dari mengatur pencahayaan foto yang kurang memuaskan, menambahkan beberapa teks pelengkap, menambahkan efek dan lain sebagainya. Biasanya para editor foto memiliki aplikasi editing profesional di komputernya, misal adalah Adobe Lightroom dan Adobe Photoshop.

Tahukah Anda, bahwa ada beberapa tahapan cara edit foto yang benar? Itu semata demi mendapatkan hasil foto yang benar-benar prima.

Tahapan Cara Edit Foto yang Benar

Bagaimana cara edit foto yang benar? Ada banyak tutorial yang bisa Anda ikuti di internet. Editing foto dilakukan untuk membuat foto yang Anda ambil terlihat lebih keren dan menonjolkan objek yang ada di dalamnya, sehingga pesan untuk para audiens yang melihat foto Anda pun bisa tersampaikan dengan baik.

Tetapi tidak banyak yang tahu tahapan penting dalam editing foto, dan di bawah ini adalah 4 tahapan penting cara edit foto yang benar. Silahkan disimak:

#1 Cropping untuk Memotong Bagian yang Tak Diperlukan

Hal pertama yang Anda lakukan saat mengedit foto adalah dengan memanfaatkan tool cropping dalam aplikasi edit foto. Langkah ini dimaksudkan untuk memilih bagian foto mana yang harus dipertahankan dan mana yang harus Anda buang. Sebab saat memotret, banyak yang tak sadar jika hasil jepretan mereka bocor, alias menangkan bagian atau objek yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Dengan adanya teknik ini, sangat bermanfaat untuk mengatasi bagian yang bocor itu.

Supaya hasilnya bagus, ikutilah aturan rule of third yang memang dijadikan acuan komposisi dalam sebuah foto. Biasanya garis ini akan muncul saat Anda menggunakan tool cropping dan gunanya untuk melihat perbandingan sisi foto saat dipotong, sehingga hasilnya seimbang.

#2 Patching untuk Menambahkan Elemen yang Ada dalam Foto

Cara edit foto yang benar lainnya adalah dengan melakukan patching, sebab saat mengambil foto pasti selalu ada saja objek yang tak sengaja terpotret dan mengganggu. Sayangnya semua itu bisa membuat foto yang Anda ambil jadi rusak, dan patching bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Bukan hanya bisa menghilangkan objek yang bisa dilakukan saat mengedit foto, Anda juga bisa menambahkan objek lainm atau mengganti elemen yang ada dalam foto Anda. Bila ada noda pada objek yang mengganggu, bisa menggunakan tool untuk membersihkan spot atau noda.

Namun jika ingin menghilangkan objek yang cukup besar, misalnya tanaman, benda, hewan dan bahkan manusia, maka Anda bisa gunakan patch tool dan beberapa aplikasi edit foto sudah disertai dengan tool yang satu ini.

Tool ini memiliki fungsi untuk menghapus objek yang merusak gambar dengan cara menambalnya dengan objek lainnya yang Anda inginkan.

#3 Melakukan Pengaturan Warna dan Tone

Bukan hanya mengatur posisi dan pencahayaan saja, Anda juga bisa menyisipkan ciri khas editing foto Anda dengan mengubah warna asli yang ada dalam foto. Anda bisa menggunakan tone kekuningan, tone kebiruan dan bahkan monokrom dengan memanfaatkan color balance dalam aplikasi editing.

Bahkan di semua aplikasi edit foto yang gratis pun sudah disediakan macam-macam tone warna. Semua itu akan membuat Anda lebih mudah dalam melakukan pengaturan warna, tinggal dipilih dan disesuaikan saja supaya bisa menampilkan kesan warna yang satu tone dalam tampilan media sosial yang Anda miliki.

#4 Menambah Efek Sesuai Kebutuhan

Yang terakhir adalah menyempurnakan gambar dengan menambahkan efek-efek tertentu, misalnya bayangan, tapi halus, cahaya, rotasi 3D, pantulan dan lain sebagainya. Jangan lupakan juga efek artistik seperti mengubah kecerahan gambar, ketajaman gambar dan kontras pada foto pun jangan ditinggalkan. Semua itu akan membantu Anda dalam mengedit foto menjadi lebih sempurna lagi.

Menggunakan Jasa Edit Foto Profesional untuk Keperluan Edit Foto Anda

Karena mengedit foto sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi jika foto yang harus Anda edit ada banyak jumlahnya ditambah Anda juga tidak memiliki skill editing yang cukup bagus. Untuk mempelajari skill basic untuk editing saja cukup memakan waktu, apalagi jika harus langsung mengedit semuanya sendirian.

Shaniba Creative Industry Adalah Partner Edit Foto yang Tepat untuk Anda

Oleh sebab itu, jika Anda ingin melakukan cara edit foto yang praktis dan cepat maka percayakan pada Shaniba Creative Industry yang merupakan profesional di bidangnya. Anda bisa mendapatkan layanan jasa editing foto dan juga highend retouching, untuk membuat foto Anda terlihat lebih maksimal.

Apakah Anda memiliki sejumlah foto produk yang kurang maksimal? Atau foto wisuda, prewedd, wedding, dokumentasi acara yang berharga, atau mungkin foto kenangan bersama keluarga yang kondisinya kurang bagus? Maka Anda bisa menggunakan jasa Shaniba Creative Industry untuk memperbaikinya.

Kelebihan Layanan Edit Foto Shaniba Creative Industry

Di sini Anda bisa memperbaiki warna yang kurang tajam, menghilangkan objek yang mengganggu. Membuat penampilan subjek terlihat lebih cantik sampai memanipulasi dan menggabungkan beberapa foto yang Anda miliki. Semua itu bisa didapatkan mulai dari 15k Rupiah saja lho!

Bukan hanya itu, di sini juga tersedia layanan studio jasa foto produk untuk fotografi produk Anda. Bagi Anda yang ingin memiliki foto produk yang diambil dengan profesional, dengan menggunakan tema khusus atau dibuat sesuai dengan karakter produk itu sendiri, Shaniba Creative Industry bisa mewujudkannya untuk Anda.

Selain itu ada juga jasa foto portrait untuk profil perusahaan dan CV. Cocok sekali untuk Anda yang ingin melamar kerja, melengkapi foto diri di CV supaya terlihat lebih profesional. Atau mungkin untuk sekadar foto profil yang menawan pun bisa mempercayakannya di sini.

Hubungi Shaniba Creative Industry untuk Informasi Lebih Lanjut

Bila Anda tertarik dengan layanan yang tersedia di Shaniba Creative Industry atau ingin mempelajari lebih lanjut mengenai layanan, tata cara order, hingga harga jasanya. Customer service akan membantu Anda dengan senang hati melalui Whatsapp 081 911 911 999 atau Telegram 081 911 911 999 / @shanibacreative. Informasi lengkap juga dapat Anda peroleh dengan mengunjungi laman web resmi Shaniba Creative Industry di www.shanibacreative.com.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *