Cara foto yang bagus

Hanya Bermodal Smartphone, Begini Cara Foto yang Bagus di setiap Momen

Teguh Shaniba Fotografi Tinggalkan Komentar

cara foto yang bagus shaniba creative industry

Cara Foto yang Bagus – Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Bila Anda gemar mengabadikan setiap momen melalui jepretan kamera, mengetahui cara foto yang bagus adalah modal utama untuk hasilkan foto berkelas. Apalagi bagi kebanyakan orang mendokumentasikan momen-momen penting seperti kumpul bersama teman atau keluarga, wisuda, hingga traveling adalah suatu kewajiban.

Untuk keperluan yang satu ini, smartphone seringkali jadi andalan. Fitur smartphone yang kian canggih dari waktu ke waktu sangat mendukung untuk menghasilkan kualitas jepretan yang tidak kalah dari kamera profesional.

Cara Berfoto yang Bagus dengan Smartphone

Menguasai teknik fotografi hp menjadi salah satu kiat untuk memperoleh foto berkualitas dengan kamera ponsel. Kendati demikian, ada beberapa hal yang harus dipastikan jika ingin menghasilkan foto yang bagus. Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Pastikan kebersihan lensa kamera

Sebelum membidik objek foto, pastikanlah bahwa lensa kamera smartphone berada dalam keadaan bersih. Lensa yang tidak bersih dapat mengakibatkan hasil foto terlihat berkabut atau buram. Menjaga kebersihan lensa kamera ponsel terbilang mudah, yaitu cukup dilap dengan kain bersih.

  1. Memastikan pencahayaan cukup

Cahaya menjadi salah satu komponen penting dalam urusan mengambil gambar. Sebab dari itu, penting untuk memastikan bahwa objek foto mendapatkan pencahayaan yang cukup. Jika pencahayaan dirasa kurang, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan flash pada kamera.

  1. Penting untuk menjaga kestabilan kamera

Supaya hasil foto tidak blur, sangat penting untuk menjaga kestabilan smartphone. Penggunaan tripod menjadi solusi pas untuk menghasilkan foto yang lebih stabil. Bila Anda mengambil foto selfie, selain mencari gaya selfie yang bagus untuk mendapatkan hasil yang cantik, Anda bisa menggunakan fitur timer pada kamera ponsel untuk meminimalkan goyangan saat tangan Anda memencet tombol pada kamera.

Hal lain yang tidak kalah penting saat berswafoto adalah memahami cara selfie yang bagus, seperti memperhatikan riasan agar terlihat menawan, mengenali pose yang sudah ketinggalan zaman, jeli terhadap pengganggu atau photo bomber, hingga tampilan wajah yang alami dan tidak berlebihan.

Cara Berfoto Keren dengan Smartphone saat Traveling 

Sekarang ini traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Saat traveling biasanya ada banyak hal menarik yang sayang untuk tidak diabadikan, seperti keindahan alam dan kegiatan warga lokal. Agar hasil bidikan kamera smartphone Anda terlihat semakin menarik, beberapa tips berikut ini patut dicoba saat traveling.

  1. Jangan takut berinteraksi dengan warga setempat

Mengusung tema human interest dengan membidik kegiatan warga lokal adalah hal menarik yang bisa dilakukan saat traveling. Sebelum mengambil foto, jangan takut untuk berinteraksi dengan warga lokal sambil meminta izin untuk mengabadikan kegiatan mereka. Meminta izin merupakan salah satu etika fotografi yang harus dijunjung oleh travel photographer.

  1. Pilih angle yang menarik

Pemilihan angle adalah cara foto yang bagus berikutnya. Pemandangan alam yang diambil dengan sudut pandang yang berbeda bisa menghasilkan foto yang luar biasa walaupun hanya bermodal smartphone. Jangan takut untuk bereksperimen dalam memilih angle.

  1. Bingkai alami dalam foto

Membuat bingkai alami dalam foto menjadi salah satu teknik komposisi yang dapat diterapkan dalam fotografi smartphone. Metode ini mampu menciptakan efek visual yang menarik. Anda bisa menggunakan terowongan, cabang pohon, pintu, hingga jendela untuk membuat bingkai alami ini.

  1. Cari gaya berfoto yang bagus

Jika objek foto adalah diri Anda sendiri atau teman traveling, sangat penting untuk mencari gaya yang bagus supaya memperoleh foto yang bagus.

  1. Ambil foto saat golden hour

Cobalah untuk mengambil foto saat pagi dan sore hari. Disaat pagi dan sore hari dimensi suatu objek akan lebih terlihat karena mendapat cahaya matahari dari arah samping.

  1. Hemat baterai dan jangan lupa menikmatinya dengan mata

Smartphone Anda tidak akan berguna untuk memotret jika baterainya habis. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghemat baterai smartphone saat traveling. Namun yang tidak kalah penting adalah menikmati pemandangan dengan mata. Sebagus apapun hasil foto yang Anda ambil dengan smartphone, akan lebih menawan jika Anda menikmatinya dengan mata sendiri.

Food Photography untuk Pecinta Kuliner 

Bagi para pecinta kuliner berburu makanan khas ketika traveling menjadi kegiatan yang sangat menarik. Tak jarang mereka pun membagikan foto-foto makanan di sosial media. Jika Anda salah satunya, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya food photography yang Anda ambil terlihat lebih keren.

Salah satu di antaranya adalah menggunakan porsi makanan yang sedikit. Menampilkan porsi makanan yang sedikit mampu membawa lebih banyak atensi pada makanan tersebut dan menjadikannya lebih menarik. Kesederhanaan makanan inilah yang menjadi kunci untuk menghasilkan foto yang menarik.

Selagi mengambil gambar makanan, pastikanlah bahwa flash kamera pada smartphone Anda tidak menyala. Cahaya yang terlalu banyak justru menurunkan kualitas gambar yang diambil. Berbanding terbalik ketika Anda menggunakan pencahayaan yang lembut dari cahaya alami, hasil foto makanan akan terlihat lebih baik. Agar lebih menarik, jangan takut untuk mencoba bermacam angle.

Cara Berfoto Agar Hasilnya Bagus 

Menguasai teknik fotografi berbasis smartphone memang penting supaya hasil bidikan kamera ponsel terlihat bagus. Tapi yang tidak kalah penting adalah penampilan saat berfoto. Ekspresi wajah  kerap kali menjadi penilaian utama.

Agar ekspresi wajah terlihat lebih fotogenik, tersenyum bisa jadi solusinya. Supaya senyuman Anda terlihat lebih natural dan tidak dipaksakan, jangan ragu untuk menunjukkan eye smile. Senyuman yang terbentuk dari mata dan bibir dapat menggambarkan ekspresi yang natural.

Jika masih kurang, cobalah untuk tersenyum lepas dengan mengingat hal-hal membahagiakan yang pernah Anda alami. Bagi Anda yang berpipi chubby cobalah tersenyum sembari menunduk dengan posisi kamera yang menyerong supaya terlihat lebih fotogenik.

Gunakan Fotografer Profesional untuk Momen Sakral

Walaupun Anda mampu menghasilkan foto berkualitas bagus dengan smartphone, untuk momen-momen sakral seperti pernikahan, acara kantor, atau foto prewed di studio akan lebih bijak menggunakan jasa fotografer profesional.

Apalagi mencari fotografer profesional bukanlah hal sulit, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Jogja (Yogyakarta) dan sebagainya. Anda bisa menemukan jasa studio foto di kota-kota besar tersebut dengan mudah bahkan beberapa studio kini memiliki sistem booking online seperti Shaniba Creative Industry.

Tetap Menjadi Diri Sendiri

Demikianlah tips dan trik yang dapat Anda terapkan jika ingin menghasilkan foto berkualitas bagus hanya bermodal smartphone. Terlepas dari banyaknya cara yang bisa Anda gunakan, ketika Anda menjadi objek dari foto itu sendiri akan lebih bijak jika Anda tetap menjadi diri sendiri. Mulai dari riasan wajah hingga fashion yang Anda kenakan.

Meski begitu, Anda harus menyesuaikannya dengan konsep. Untuk acara-acara sakral dan penting, usahakanlah untuk tampil anggun dari riasan, kostum, dan sepatu. Sedangkan untuk traveling, tampilan simple dengan sneaker tidak akan mempengaruhi cara foto yang bagus selama Anda memahami tekniknya.

Tak lupa jika Anda membutuhkan layanan pembuatan foto bagus berkelas khusus untuk pembuatan katalog produk, portrait, maupun layanan highend retouching, Shaniba Creative Industry adalah partner yang tepat untuk Anda. Kunjungi beranda kami untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.