Cara berfoto yang bagus

8 Trik Cara Berfoto Yang Bagus, Biar Terlihat Fotogenik Dalam Setiap Foto

Teguh Shaniba Fotografi 1 Comment

Cara berfoto yang bagus

Cara Berfoto yang Bagus – Gambar oleh CHRIS carroll dari Pixabay

Tampil cantik dalam kehidupan sehari-hari, belum tentu tampak cantik di depan kamera. Sebaliknya, seseorang yang terlihat biasa saja dalam kehidupan sehari-hari, malah terlihat cantik di depan kamera. Seberapa fotogenik Anda amat menentukan apakah foto Anda adalah foto yang bagus atau kurang. Anda yang sering mengalami hal seperti ini tidak perlu bingung, kondisi tersebut dapat diatasi dengan beberapa trik cara berfoto yang bagus berikut ini :

  1. Bergerak dan Menarilah 

Pastikan, ketika berada di depan kamera, Anda tidak terlalu tegang atau bahkan kaku. Cara mengatasinya, cobalah dengan cara menarik, ketika Anda merasa senang, secara tidak sengaja beberapa gerakan dan gaya akan terlihat indah ketika difoto.

  1. Tampilkan Sisi Kiri Wajah

Tahukah Anda bahwa menampilkan sisi kiri wajah ketika difoto, membuat penampilan foto Anda terlihat lebih menarik. Jadi ketika difoto tidak ada salahnya jika sedikit melirik ke arah kiri, atau sengaja mengekspos bagian kiri wajah Anda. Anda dapat membuat foto lebih bagus dan tampil fotogenik dengan menerapkan teknik ini.

  1. Tubuh Terlihat Proporsional 

Cara foto yang bagus dengan hasil foto terlihat proporsional, sebaiknya ambil angle foto seluruh tubuh dari sisi yang lebih rendah. Pastikan seluruh tubuh masuk ke dalam frame foto, letakkan 1 kaki di depan kaki lainnya ketika difoto (agar kaki terlihat lebih jenjang), pilih celana yang potongan pinggangnnya lebih tinggi, dan ambil langkah panjang saat mengambil foto (persis seperti orang sedang berjalan). Foto yang bagus seharusnya menampilkan tubuh Anda dalam bentuk yang proporsional.

  1. Ekspresi Wajah adalah Syarat Foto Bagus dan Fotogenik 

Ketika berada di depan kamera, sebaiknya tertawa atau tersenyum. Agar hasil foto terlihat lebih indah, sebaiknya posisikan lidah di belakang gigi. Pandangan mata ke atas lensa, dan mulai tunjukkan aneka ekspresi. Teknik ini pas digunakan sebagai foto “candid”, dan bukan foto “cheese”.  Foto bagus sudah tentu memerlukan ekspresi yang bagus juga bukan?

  1. Mata 

Yang paling penting dalam sesi foto adalah, mata. Cara berfoto yang bagus, berikutnya adalah memfokuskan mata di depan kamera, walaupun hal ini memang sulit. Buat mata Anda agar terlihat hidup, misalnya dengan cara berbicara dengan fotografer, menutup mata dan membukanya kembali, menatap ke arah jendela.

  1. Memanfaatkan Alat Peraga

Agar Anda tidak tampak tegang, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti memegang sesuatu atau alat peraga. Kali ini Anda dapat memegang sepasang sepatu, buku bacaan, dan yang lainnya. Alat peraga akan membantu Anda untuk mempelajari cara befoto yang bagus dengan lebih cepat.

  1. Posisi Tangan 

Tips lainnya, ketika berfoto adalah memperhatikan posisi tangan. Ketika berfoto, jangan biarkan posisi tangan diam saja, mainkan, dan bergeraklah dengan indah. Misalnya saja, dengan menaruh tangan di bahu, meletakkan tangan di dagu (ketika posisi Anda sedang duduk), atau posisi lainnya.  Posisi tangan membantu Anda untuk tampil lebih fotogenik di depan kamera.

  1. Membalikkan Bahu 

Ini adalah salah satu tips sederhana untuk menghasilkan foto bagus, namun juga penting untuk diperhatikan. Ketika Anda akan berfoto, sebaiknya tidak harus selalu menatap kamera, tidak ada salahnya jika mencoba untuk membelakangi kamera, dan ketika akan difoto, baru membalikkan bahu. Ini akan menjadi momen manis, seperti pose candid.

Awalnya cara membuat foto yang bagus yang disebutkan di atas dirasa sulit ketika dilakukan, namun jika hal ini dilakukan secara rutin, atau bahkan dibantu dengan pada ahli, seperti mengunjungi studio foto terbaik di kota Anda, atau bahkan menggunakan jasa editing untuk foto Anda, maka hasilnya pasti akan jauh lebih menarik. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah fotogenik adalah meminta atau menggunakan jasa fotografer portrait profesional. Anda dapat menggunakan layanan dari Shaniba Creative Industry untuk kebutuhan foto portrait Anda. Anda tidak perlu susah payah berlatih untuk menjadi fotogenik karena fotografer sudah membantu Anda. Anda dapat mengunjungi laman beranda Shaniba Creative Industry atau laman layanan portrait untuk informasi lebih lanjut. Shaniba Creative Industry juga melayani kebutuhan editing serta retouching foto Anda serta jasa foto produk untuk kebutuhan bisnis Anda.

Bagikan artikel ini ke:

Semua Komentar 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.