Teknik Fotografi Smartphone Shaniba Creative Industry

6 Teknik Fotografi Smartphone untuk Membuat Foto Bagus

Teguh Shaniba Fotografi Tinggalkan Komentar

Teknik Fotografi Smartphone Shaniba Creative Industry

Teknik Fotografi Smartphone – Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Teknik fotografi smartphone – Berbicara mengenai kamera Hp di era industri 4.0, terkadang sulit dibedakan antara hasil foto kamera Hp dan foto dari kamera digital dalam beberapa kondisi tertentu. Oleh sebab itu, bagi kamu yang gemar fotografi, namun terbatas dengan alat yang dibutuhkan. Maka tidak perlu khawatir, karena kini kamu bisa memaksimalkan hasil foto dari Hp layaknya kamera mahal dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

Pahami Bahwa Cahaya Menjadi Kunci Utama Foto Bagus

Pada dasarnya seni fotografi memiliki arti melukis dengan cahaya. Untuk itu, pastikan kondisi kamu mengambil foto dengan pencahayaan yang cukup dan tepat. Hal ini patut kamu perhatikan sebab kamera HP memiliki keterbatasan sensor yang lebih kecil dibandingkan DSLR. Karena ukuran yang kecil inilah yang akhirnya membuat kemampuan kamera Hp untuk menangkap cahaya menjadi lebih sedikit. Oleh sebab itu, penting bagi kamu mengetahui teknik fotografi smartphone untuk mengambil foto dalam lingkungan yang sangat terang maupun gelap guna memperoleh kualitas foto yang bagus dan keren.

Memegang HP Dengan Stabil

Melatih tangan untuk bisa memegang Hp tetap stabil memang sangat penting Anda pertimbangkan untuk mengembangkan teknik fotografi smartphone ANda. Sebab hal ini berguna agar foto yang kamu ambil tidak terlihat kabur ataupun blur. Selain itu, dengan memegang Hp tetap stabil saat pengambilan foto juga dapat membuat kualitas hasil foto lebih maksimal layaknya hasil foto bagus dengan kamera mahal.

Menggunakan HDR Di Situasi Kontras Cahaya

Cara mengambil foto bagus dengan kamera Hp selanjutnya ialah dengan menggunakan HDR di situasi kontras cahaya. Sebelum kamu menggunakan fitur HDR (high dynamic range), sebaiknya pahami terlebih dahulu kegunaan dari HDR. Secara umum fitur HDR merupakan salah satu fitur yang biasanya digunakan untuk menyeimbangkan kecerahan pada foto yang diambil dengan kamera, baik itu bagian gelap maupun terang agar terlihat lebih bagus dan keren. Oleh sebab itu, fitur HDR juga bisa kamu gunakan saat mengambil foto dalam kondisi kontras yang tinggi, seperti mengambil foto di siang hari yang akhirnya membuat objek foto menjadi gelap. Penggunaan HDR adalah teknik fotografi smartphone yang mudah diterapkan di beragam kondisi.

Memilih Objek Yang Menarik

Sebelum memilih objek yang ingin disorot, sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu apakah objek tersebut benar-benar terlihat menarik ataupun sebaliknya. Untuk mencari objek foto menarik juga bisa dengan cara menelusuri beberapa hasil foto karya fotografer yang profesional. Jika kamu sudah menemukan objek yang ingin disorot maka kamu bisa langsung mengambil foto dari berbagai sisi sehingga menghasilkan foto yang luar biasa indahnya. Teknik fotografi smartphone yang baik ditambah dengan objek yang baik sudah tentu akan menghasilkan foto bagus dan terbaik.

Mempelajari Komposisi Foto Bagus

Komposisi foto memang sangat penting diperhatikan karena dapat menjadi penentu apakah foto tersebut memiliki arti tertentu ataupun hanya sekedar jepretan semata. Perlu diketahui, komposisi foto yang patut kamu pelajari ialah seperti spiral, pola, golden ratio, rule of third, burst dan masih banyak lainnya. Cara mengambil foto yang bagus ini patut dipelajari untuk mempermudah kamu dalam mengambil foto dengan latar dan properti yang cocok saat di dalam frame.

Mendekatkan Kamera Dengan Objek Yang Ingin Di Foto

Pada dasarnya yang membuat hasil foto terkadang terlihat jelek ialah karena kamu kurang dekat dengan objek fotonya. Mengambil foto dengan mendekatkan kamera dengan objek memang memiliki banyak kelebihan. Seperti adanya efek bokeh atau blur pada background foto dan kamu tidak perlu lagi menggunakan fitur zoom pada kamera untuk memperjelas hasil foto yang diambil. Tidak hanya itu saja, cara mengambil foto yang bagus dengan kamera Hp ini juga bisa mengkomposisikan objek berada di seluruh frame foto yang ingin Anda bidik.

Membuat foto bagus sebenarnya tidak sulit. Anda dapat menghubungi studio foto terbaik dan terdekat atau Shaniba Creative Industry sebagai asisten fotografer Anda. Di Shaniba Creative Industry Anda dapat memperoleh beragam layanan untuk membuat foto bagus baik untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis. Layanan-layanan tersebut adalah layanan foto produk premium, layanan foto portrait strobist, dan layanan highend retouching untuk menyempurnakan hasil foto Anda. Kunjungi laman Shaniba Creative Industry untuk informasi lebih lanjut.

Demikian informasi mengenai teknik fotografi smartphone ini, semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.