Cara berfoto keren

Cara Berfoto Keren Menggunakan Ponsel

Teguh Shaniba Fotografi Tinggalkan Komentar

Cara berfoto keren

Cara Berfoto Keren – Gambar oleh Jill Wellington dari Pixabay

Semenjak kemunculan Instagram, foto yang bagus bisa dipamerkan untuk memperbaiki feed instagram. Oleh karena itu banyak orang yang berlomba-lomba memasang foto yang estetik agar feed media sosial tersebut tampak cantik dan sedap dipandang mata. Jika Anda hanya memiliki modal ponsel juga bisa berfoto ria, lho. Yuk, simak penjelasan cara berfoto keren dengan ponsel berikut ini:

  1. Pahami dan Pelajari Rule of Thirds

Rule of thirds adalah panduan yang bisa diikuti guna membingkai foto agar tampak lebih proporsional. Rule of third menjadi dasar untuk membuat foto yang bagus dan wajib diterapkan oleh para fotografer pemula. Fotografer profesional pun tetap menggunakan aturan ini untuk membuat foto yang bagus. Meskipun dengan kamera smartphone, Anda tidak perlu susah mengenai cara membagi foto menjadi sembilan bagian persegi panjang. Cukup menampilkan grid untuk membagi bagian foto menjadi sembilan. Bagi pengguna android maka Anda hanya perlu ke bagian Settings yang terdapat pada aplikasi kamera kemudian jangan lupa cari sub menu Grid lalu klik aktifkan. Bagi pengguna iOS, Anda bisa memilih menu Photos & Camera pada aplikasi Settings, lalu aktifkan toggle Grid.

  1. Ubah Fokus

Cara berfoto keren bisa diperoleh dari fokus kamera. Oleh karena itu Anda harus mengubah fokus menggunakan sekali tap pada bagian layar kamera. Hal ini tidak hanya akan mengubah fokus, tapi juga dapat meningkatkan cahaya sesuai dengan keinginan Anda. Caranya menaikkan atau menurunkan indikator yang ditampilkan pada bagian layar. Sebagian smartphone malah menyediakan fitur tersebut dengan menggeser indikator.

  1. Pilih Posisi yang Stabil

Cara foto yang bagus juga berpengaruh dari posisi stabil. Apabila pegangan stabil maka akan menghasilkan foto yang sempurna terlebih dalam kondisi minim cahaya. Untuk menstabilkan kamera smartphone, Anda bisa menggunakan tripod mobile. Lain halnya jika Anda tidak memiliki tripod, maka Anda bisa memanfaatkan objek lainnya agar smartphone tidak bergerak seperti dinding. Lalu nyalakan self timer di mana kamera akan menangkap gambar dengan sendirinya setelah waktu yang Anda tentukan.

Trik ini sudah banyak dilakukan sebelumnya oleh beberapa orang untuk membuat fot yang bagus, namun jika Anda ingin lebih praktis, bisa langsung membeli tripod agar tidak repot meletakkan smartphone di dinding dan objek lainnya. Tripod juga aman karena smartphone akan dicengkram oleh pegangan yang kuat sehingga tidak terancam jatuh.

  1. Mode HDR Otomatis

Tampilan foto yang menarik juga bisa Anda dapatkan dengan cara mengaktifkan mode HDR secara otomatis. Bisa dikatakan hampir seluruh smartphone memiliki fitur auto HDR. Namun fitur ini perlu diaktifkan terlebih dahulu jika dibutuhkan. Fitur HDR akan membuat bagian foto yang gelap dan terang menjadi seimbang sehingga tidak ada area minim cahaya dan terlalu banyak cahaya. Trik satu ini membutuhkan teknologi dalam penerapannya namun sangat membantu Anda dalam membuat foto yang bagus.

Itulah beberapa cara berfoto keren menggunakan smartphone. Jadi, Anda tidak perlu berpikir bahwa tanpa kamera canggih tidak dapat membuat foto yang bagus, buktinya smartphone telah menyediakan beragam fitur agar hasil fotonya lebih baik serupa dengan kamera canggih lainnya. Namun walaupun begitu, foto Anda tetap akan lebih bagus bila diambil langsung oleh fotografer profesional menggunakan peralatan kamera yang juga berkualitas pro. Anda dapat menghubungi Shaniba Creative Industry untuk mendapatkan layanan foto portrait yang lengkap dengan layanan highend retouching untuk menjamin kualitas foto Anda. Untuk Anda pelaku usaha atau bisnis, Shaniba Creative Industry juga menyediakan layanan foto produk untuk membuat foto yang bagus untuk keperluan katalog serta materi promosi perusahaan Anda.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.