Cara Membuat Foto yang Bagus - Shaniba Creative Industry

Tips dan Trik Fotografi, Cara Membuat Foto yang Bagus

Cara Membuat Foto yang Bagus - Shaniba Creative Industry

Cara Membuat Foto yang Bagus – Gambar oleh Jan Vašek dari Pixabay

Untuk menghasilkan sebuah foto bagus, ada trik khusus yang perlu dipelajari. Memang kualitas kamera memiliki pengaruh terhadap hasil foto, namun kamera yang bagus bukan segalanya. Jika Anda menguasai trik dan cara membuat foto yang bagus, dengan kamera yang sederhana pun Anda bisa mendapatkan hasil foto layaknya seorang fotografer profesional. Jadi kualitas kamera bukan yang utama. Buat Anda yang ingin mempelajarinya, berikut trik mudah dan beragam cara membuat foto yang bagus yang bisa Anda manfaatkan:

Pahami Komposisi Fotografi

Salah satu ilmu yang perlu Anda kuasai untuk mendapatkan hasil foto bagus adalah Anda terlebih dahulu harus mempelajari komposisi dalam dunia fotografi. Mempelajari komposisi merupakan dasar bagi seorang fotografer. Komposisi dapat diartikan sebagai unsur unsur yang terdapat dalam sebuah foto yang sesuai dengan porsi dan tempatnya sehingga menghasilkan suatu keindahan. Dengan kata lain jika Anda sudah menguasai komposisi fotografi, Anda akan mampu menghasilkan foto yang bagus. Beberapa jenis komposisi dalam fotografi seperti Rule of Third, Golden Shape, Simetris, dan yang lainnya.

Kuasai Pencahayaan

Pencahayaan juga merupakan faktor yang sangat penting dipelajari dalam dunia fotografi. Pastinya sangat berbeda bukan jika Anda mengambil foto pada siang hari dengan malam hari. Bahkan hasil foto pada pagi hari dan siang hari saja bisa berbeda, jika Anda tidak memperhatikan pencahayaannya. Salah satu cara memfoto yang bagus yakni dengan memanfaatkan pencahayaan yang ada sehingga hasil foto Anda menjadi lebih artistik nantinya.

Ambil Fokus pada Satu Objek

Setiap foto bagus harus mampu mengungkapkan makna, atau memiliki sesuatu yang hendak ditunjukkan pada foto tersebut. Oleh karena itu  saat Anda hendak memfoto sesuatu, Anda harus memiliki satu objek yang menjadi fokus utama Anda, sehingga hasil foto Anda nantinya memiliki makna yang hendak diungkapkan.

Perhatikan Jarak Foto

Jika Anda menggunakan kamera DSLR yang memiliki lensa dengan kualitas zoom yang bagus, jarak mungkin tidak terlalu penting. Namun jika Anda menggunakan kamera smartphone atau kamera biasa yang kemampuan zoom nya rata rata, maka Anda perlu memperhatikan jarak dalam pengambilan fotomu. Jarak yang tepat akan memberikan kualitas gambar yang bagus.

Kuasai Pengaturan dalam Kamera

Untuk menghasilkan foto yang bagus tentunya Anda harus belajar menggunakan mode manual, bukan mode otomatis, karena mode manual akan memberikan Anda berbagai pilihan pengambilan gambar dengan efek yang alami. Menggunakan mode manual memang bukan hal yang wajib, namun dapat memberikan keleluasaan untuk Anda dalam membuat foto bagus.

Rajin Berlatih

Setelah Anda mengetahui cara membuat foto yang bagus, yang perlu Anda lakukan adalah dengan rajin berlatih agar kemampuan Anda semakin meningkat. Anda juga bisa foto di studio terlebih dahulu untuk mengetahui contoh foto yang bagus. Misalnya seperti foto pribadi, ataupun foto keluarga. Saat ini harga foto studio keluarga sudah sangat relatif murah.

Menguasai teknik fotografi dengan baik adalah syarat utama untuk bisa membuat foto bagus dengan kamera Anda sendiri, namun bila Anda berkecimpung di dunia bisnis atau profesional alangkah baiknya Anda memilih layanan fotografer profesional untuk mengerjakan kebutuhan foto Anda. Ada banyak pilihan studio yang baik untuk membuat foto bagus, salah satunya adalah Shaniba Creative Industry. Bila Anda membutuhkan materi foto berkualitas untuk katalog produk atau mteri promosi, layanan jasa foto produk premium Shaniba Creative Industry bisa jadi pilihan terbaik. Ada juga layanan foto portrait stobist untuk membuat foto profil berkualitas tinggi untuk menghias CV ataupun profil bisnis Anda. Layanan terakhir yang tak kalah penting adalah layanan highend retouching untuk memaksimal setiap foto Anda, layanan ini sangat penting untuk pada fotografer untuk memaksimalkan kinerja dan hasil karyanya. Semua layanan berkualitas ini dapat Anda pesan secara online, kunjungi laman web Shaniba Creative Industry untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *