Teknik Membuat Foto Portrait - Shaniba Creative Industry

8 Macam Teknik Membuat Foto Portrait Yang Perlu Anda Ketahui

Teguh Shaniba Fotografi Tinggalkan Komentar

Teknik Membuat Foto Portrait - Shaniba Creative Industry

Teknik Membuat Foto Portrait – Gambar oleh Dimitar Veselinov dari Pixabay

Ada beragam teknik yang dapat diaplikasikan dalam membuat foto profil berkualitas. Teknik membuat foto portrait ini terdiri dari beberapa aturan dalam pemilihan luas frame serta batasan pemotongan subjek berdasarkan prinsip fotografi secara umum.

Berikut ini ada beberapa macam teknik membuat foto portrait dan foto profil yang perlu Anda ketahui, diantaranya :

Long Shot

Teknik pertama ini memanfaatkan area dengan cara menampilkan subjek secara keseluruhan tanpa harus terpotong frame. Pengambilan gambar ini lebih menitikberatkan subjek dengan semua ekspresi dan aktivitasnya tanpa ada sedikitpun bagian yang terpotong.

Extreme Long Shot

Teknik pengambilan foto ini meliputi area yang begitu luas serta memasukkan beberapa objek yang ada di lingkungan subjek utama. Subjek utama biasanya dibuat agak kecil. Dalam hal ini, Anda wajib mencari komposisi gambar yang tepat untuk bisa menggabungkan antara subjek dengan kondisi yang ada di sekitarnya. Dengan demikian, akan tampak seperti satu kesatuan. Pengambilan gambar ini biasanya banyak diaplikasikan pada foto-foto prewedding yang menampilkan pemandangan atau lingkungan di sekitarnya.

Medium Long Shot

Teknik membuat foto portrait ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan teknik foto long shot. Namun pemotongan frame sendiri dimulai dari bagian lutut sampai ke atas kepala.

Medium Shot

Teknik pengambilan gambar yang satu ini bertujuan agar lebih fokus pada body language subjek dengan ekspresi wajah yang ditampilkan. Pemotongan frame-nya sendiri dilakukan mulai dari bagian pinggang sampai bagian atas kepala subjek tersebut.

Close Up

Teknik membuat foto portrait satu ini biasanya pemotongan frame-nya terlihat sempit. Tujuannya ialah agar lebih fokus dengan ekspresi wajah subjek. Saat orang yang hendak difoto menampilkan ekspresi menarik, seperti menangis, tertawa, sedih, dan tersenyum, sangat cocok mengaplikasikan teknik pengambilan gambar close up. Teknik ini biasanya dimulai dari bagian bahu sampai ke atas kepala.

Big Close Up

Teknik pengambilan gambar ini biasanya memotret gambar dari bagian leher hingga ke bagian atas kepala. Memiliki tujuan yang serupa dengan metode close up namun lebih menampilkan detail ekspresi seseorang lewat mimic wajahnya.

Extreme Close Up

Merupakan teknik membuat foto portrait yang umumnya hanya fokus terhadap satu bagian atau elemen tertentu pada wajah seseorang, seperti bibir, mata, ataupun hidung. Teknik pengambilan foto ini lebih banyak diterapkan pada gambar-gambar katalog produk kosmetik, biasanya.

Slanted

Adalah teknik membuat foto portrait dari sudut yang terlihat tidak fontral baik dari samping ataupun depan objek. Namun mengambil sudut sekitar 45o pada objek. Sehingga menyebabkan objek lain masuk ke rekaman kamera.

Mempelajari teknik membuat foto portrait dan foto profil berkualitas adalah hal yang menyenangkan. Bila Anda membutuhkan foto portrait yang bagus untuk menghias rumah, tempat kerja, ataupun CV Anda namun kesulitan untuk mengonsep foto profil yang bagus, menggunakan jasa studio foto adalah solusi yang sangat tepat. Ada banyak pilihan studio foto yang menyajikan layanan pembuatan foto portrait dan foto profil diluar sana, salah satu yang bisa menjadi rekomendasi adalah Shaniba Creative Industry. Tersedia layanan jasa foto profil dan portrait yang dilengkapi dengan peralatan profesional sehingga memberikan hasil maksimal.

Setiap paket layanan foto profil yang Anda pilih sudah dilengkapi dengan layanan jasa editing dan high end retouching untuk menjamin kualitas hasil foto. Layanan retouching ini juga dapat Anda pesan secara terpisah bila Anda sudah memiliki foto sebelumnya. Selain layanan foto portrait, tersedia juga layanan jasa foto produk untuk kebutuhan iklan perusahaan bila Anda membutuhkannya. Kunjungi laman web Shaniba Creative Industry untuk informasi lebih lanjut.

Itulah 8 teknik membuat foto profil yang bisa Anda pelajari sebagai fotografer pemula ataupun yang baru ingin menekuni hobi fotografi. Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *