Teknik Pengambilan Foto Yang Paling Umum Digunakan

Teguh Shaniba Fotografi 1 Comment

Teknik pengambilan foto

Teknik Pengambilan Foto Gambar oleh S. Hermann & F. Richter dari Pixabay

Teknik pengambilan foto merupakan sebuah teknik pemilihan luas area frame yang digunakan pada subjek foto yang sudah ditentukan. Teknik pengambilan gambar ini sebenarnya menjelaskan mengenai aturan dan batasan pemotongan subjek dalam frame yang disesuaikan dengan jenis teknik yang digunakan. Berikut ini ada beberapa teknik atau cara mengambil foto yang bagus dan paling umum digunakan, yaitu:

Extreme Close Up

Extreme close up atau biasa disingkat dengan ECU merupakan salah satu teknik pengambilan gambar dari jarak yang dekat. Pengambilan gambar dari jarak dekat ini biasanya sampai memperlihatkan pori-pori pada kulit. Tujuan dari penggunaan teknik ECU ialah untuk membuat objek foto terlihat sangat jelas.

Big Close Up

Big close up  atau BCU merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk menunjukan ekspresi dari objek tertentu. Teknik pengambilan gambar ini bertujuan untuk membuat objek foto terlihat lebih jelas. Perlu diketahui, teknik BCU ini memiliki sasaran objek dari atas kepala hingga dagu objek yang dibidik dengan kamera.

Medium Close Up

Teknik pengambilan foto medium close up bertujuan untuk mempertegas gambaran profil yang menjadi objek bidikan kamera. Pengambilan foto ini umumnya dengan menyoroti objek dari kepala hingga bagian dadanya. Penggunaan teknik close up ini biasanya sering digunakan untuk mengisi foto profil seseorang agar bisa terlihat lebih jelas.

Medium Long Shoot

Medium long shoot merupakan salah satu teknik pengambilan gambar yang memiliki beberapa batasan yaitu yang dimulai dari bawah lutut kaki hingga atas kepala, serta dari bagian perut ke atas kepala. Teknik fotografi ini banyak digunakan untuk foto portrait.

Medium Shoot

Medium shoot merupakan sebuah teknik pengambilan gambar dengan area yang lebih sempit dibandingkan dengan teknik medium long shoot. Area pengambilan gambar dengan teknik medium shoot ialah dari batas pinggang hingga ke atas kepala. Penggunaan teknik medium shoot berguna untuk memperlihatkan detail dari ekspresi tubuh subjek.

Long Shoot

Long shoot merupakan salah satu teknik pengambilan gambar dengan menggunakan area yang pas dan tepat. Sehingga semua objek akan terlihat dan tanpa terpotong di dalam frame. Teknik ini lebih menyoroti dan memprioritaskan subjek utama untuk memperlihatkan subjek dengan ekspresi serta interaksi secara keluruhan tanpa terpotong. Teknik long shoot sangat tepat digunakan untuk pengambilan gambar yang menampilkan semua objeknya.

Group Shoot

Group shoot adalah sebuah teknik mengambil foto dengan memperlihatkan sekumpulan orang. Layaknya sebuah adegan kerumunan orang, pasukan serta lainnya. Teknik group shoot ini sering digunakan untuk pengambilan foto keluarga.

Teknik pengambilan foto yang bagus adalah syarat utama untuk menjadi fotografer yang handal. Mempelajari fotografi ke level yang lebih tinggi adalah hal yang sangat menyenangkan namun ada satu hal yang mungkin tetap sulit Anda lakukan sehebat apapun teknik fotografi Anda. Hal tersebut adalah mengabadikan foto Anda sendiri hehe. Bantuan dari fotografer professional akan tetap Anda butuhkan apalagi bila Anda adalah pelaku bisnis yang mungkin memahami banyak tentang ilmu fotografi namun tidak mempunyai banyak waktu untuk menjalankannya. Anda bisa menghubungi Shaniba Creative Industry untuk membantu Anda dalam masalah seperti ini. Anda dapat memperoleh layanan jasa foto produk premium, jasa foto portrait strobist, dan juga layanan highend retouching untuk memanipulasi foto Anda. Kunjungi website Shaniba Creative Industry untuk informasi lebih lanjut.

Itulah beberapa teknik pengambilan gambar yang paling sering digunakan. Demikianlah, semoga dengan adanya ulasan diatas dapat menjadi referensi bagi Anda semua yang sedang mencari info seputaran teknik pengambilan foto yang paling umum digunakan.

Shaniba Creative Industry

Butuh layanan fotografi segera?

Shaniba Creative Industry solusinya. Klik menu dibawah untuk informasi lengkap.

Bagikan artikel ini ke:

Semua Komentar 1

  1. Pingback: Beberapa Teknik Pengambilan Gambar Yang Wajib Kamu Ketahui -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *