Layanan Jasa Edit Foto - Shaniba Creative Industry

Pentingnya Layanan Jasa Edit Foto Untuk Membangun Bisnis

Layanan Jasa Edit Foto - Shaniba Creative Industry

Layanan Jasa Edit Foto – Photo by Joseph Pearson on Unsplash

Layanan jasa edit foto saat ini menjadi kebutuhan pokok, khususnya yang akan kita bahas dalam artikel ini yaitu untuk mengembangkan bisnis, misalnya: untuk kebutuhan endorse di media sosial, mengisi website, kartu nama, brosur, katalog, presentasi dan keperluan bisnis lainnya. Seluruh kebutuhan bisnis tersebut membutuhkan satu bahan utama yakni sebuah berkas foto. Kualitas berkas foto yang akan digunakan pun sangat menentukan hasil akhir serta keefektifannya. Dan sudah tentu tidak ada perusahaan yang ingin media promosinya berakhir menjadi mimpi buruk hanya karena kualitas foto yang buruk. Jadi bukannya nilai positif yang diperoleh, namun justru komentar negatif dari konsumen hanya karena foo yang kurang berkualitas.

Dengan terus berkembangnya teknologi, kini hampir semua orang sudah memiliki akses untuk menggunakan kamera yang cukup berkualitas. Yang dapat disebut dengan kamera dewasa ini tidak hanya kamera DSLR atau sejenisnya saja lho, namun kamera yang terpasang pada perangkat smartphone. Perkembangan industry smartphone telah mengubah pola hidup masyarakat terutama dalam kebutuhan bisnis. Kualitas sensor foto pada smartphone masa kini sudah cukup mumpuni untuk dijadikan sebagai bahan promosi, oleh karena itu banyak orang yang ingin membuat fotonya sendiri dengan alasan menghemat biaya. Namun permasalahannya, sebaik apapun kamera dan skill memotret Anda, masih diperlukan 1 skill lagi, yakni kemampuan editing. Bila Anda hanya menggunakan foto Anda untuk kebutuhan pribadi, mungkin aplikasi editing instan sudah cukup bagi Anda. Namun bila foto akan Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis, foto tersebut harus disempurnakan sehingga banyak yang memilih untuk menyerahkan bagian ini ke penyedia layanan jasa edit foto profesional.

Skill editing juga merupakan bagian dari bidang fotografi hanya saja memerlukan ilmu khusus agar hasilnya maksimal. Tanpa ilmu yang cukup, hasil editing kita bisa jadi malah jauh lebih buruk daripada file mentah foto. Proses pembelajaran untuk skill editing juga memakan waktu sehingga bagi pelaku bisnis, menggunakan jasa layanan edit foto adalah pilihan paling efektif sekaligus efisien.

Seputar Proses Editing Foto

Kita semua sudah tahu bahwasanya berkas mentah dari kamera sebaiknya jangan langsung digunakan, terutama untuk kebutuhan bisnis. Setidaknya masukkan foto Anda ke aplikasi editing terlebih dahulu. Proses editing penting dilakukan agar mengetahui apa yang menjadi kekurangan foto lalu bisa diperbaiki agar hasilnya berkualitas.

Proses editing sebuah foto membutuhkan waktu karena tidak semudah yang dibayangkan seperti menggunakan aplikasi instan edit foto. Apabila kalian tidak memiliki keahlian dibidang editing, jangan khawatir karena sekarang sudah banyak jasa layanan edit foto profesional. Editing foto profesional biasanya menggunakan software khusus pengolahan foto, seperti Adobe Lightroom, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya.

Dalam proses edit foto ada banyak hal yang perlu dikerjakan dengan teliti, mulai dari memperbaiki cahaya foto, menambahkan efek sesuai kebutuhan, menambahkan teks, mengatur komposisi dan lain sebagainya. Semua hal ini dapat Anda peroleh di studio manapun yang melayani layanan jasa edit foto profesional.

Alasan Mengapa Penting Menggunakan Layanan Jasa Edit Foto Profesional

#1 Kualitas Foto Mewakili Image Serta Citra Perusahaan/Bisnis

Foto yang digunakan untuk keperluan perusahaan atau bisnis secara otomatis mewakili citra perusahaan. Contoh sederhananya seperti ini: foto-foto yang digunakan untuk iklan produk perusahaan/bisnis Anda terlihat buram, warna tidak tajam, terlalu gelap atau terang bisa membuat publik yang lihat tidak terkesan dan tidak tertarik untuk melihatnya. Hal ini bisa berakibat mereka tidak jadi menggunakan jasa atau membeli produk yang Anda tawarkan.

Apalagi jika dijadikan media pemasaran melalui online, sebaiknya gunakan foto-foto yang ukurannya besar dengan hasil yang jernih, jelas dan tajam. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus bisa gunakan jasa layanan fotografer profesional yang terpercaya, tapi walaupun sudah menggunakan fotografer profesional, proses edit foto tetap harus dilakukan. Tapi tenang saja, fotografer profesional akan selalu menyediakan layanan jasa edit foto untuk setiap hasil fotonya walau dengan intenstitas yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Ya, tidak semua fotografer handal dalam proses editing, oleh karena itu kita harus memastikan bagian ini sejak awal. Salah satu studio foto yang fokus dalam hal fotografi profesional adalah Shaniba Creative Industry. Studio foto ini memang tidak menggarap foto-foto umum seperti wedding, keluarga dan sebagainya, namun sangat fokus dalam bidang komersial. Studio foto komersial sudah tentu akan menyediakan layanan jasa edit foto berkualitas dan normalnya sudah termasuk dalam setiap pesanan foto Anda

Edit foto dilakukan biasanya untuk menghilangkan atau menambahkan latar belakang pada produk, menambahkan teks atau logo jika diperlukan dan beberapa sentuhan lainnya. Jika Anda menggunakan kebutuhan foto untuk berjualan di marketplace sebaiknya gunakan latar belakang produk berwarna putih agar terlihat bersih dan fokus terhadap produk. Untuk kebutuhan ini Anda bisa memanfaatkan layanan jasa edit foto agar hasilnya berkualitas dan waktunya relatif lebih cepat.

#2 Warna Foto

Foto yang berkualitas umumnya menampilkan warna warna yang harmonis atau selaras. Dengan melakukan proses editing warna-warna bisa dirubah agar foto menjadi unik, contohnya: merubah warna foto menjadi hitam putih, kebiru-biruan, kekuning-kuningan dan lain sebagainya.

Masalah utama yang sering terjadi adalah seperti ini, Anda telah menggunakan teknik fotografi dengan benar serta pencahayaan yang cukup, namun warna produk menjadi berubah setelah Anda membandingkan hasil foto dengan mata Anda. Ini adalah hal umum yang terjadi bila Anda memotret foto Anda sendiri tanpa bantuan dari studio foto komersial. Setiap kamera terutama kamera smartphone telah dilengkapi software editing otomatis dan khusus yang berbeda-beda hasilnya untuk setiap brand. Hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran warna. Setiap jenis sensor foto pun memiliki kelemahan dalam warna tertentu, hal inilah yang menyebabkan mengapa harga kamera profesional sangatlah mahal.

Kamera profesional yang harganya puluhan juta memiliki sensor yang dapat menangkap warna dengan baik bahkan tanpa bantuan aplikasi khusus. Hal ini juga yang menyebabkan perusahaan besar enggan memotret produknya sendiri dan lebih memilih menggunakan jasa foto studio ataupun layanan jasa edit foto profesional. Tapi tenang saja, memiliki kamera profesional bukanlah sebuah keharusan, kita masih bisa mengakali kesalahan warna ini menggunakan bantuan editing.

#3 Pencahayaan Foto

Pencahayaan foto menjadi faktor penting. Apakah foto terlihat terlalu terang atau gelap? Apakah objek pada foto ditonjolkan? Dalam proses editing keinginan Anda bisa terwujud. Misalnya jika foto terlalu gelap bisa ditambah pencahayaannya ataupun sebaliknya jika terlalu gelap bisa menjadi lebih terang.

Masalahnya, bila foto Anda terlalu gelap lalu Anda paksakan untuk dibuat lebih terang maka akan menghasilkan noise sehingga detail foto menjadi hilang. Aplikasi editing foto normalnya memiliki program untuk menghilangkan noise, namun bila salah menggunakannya, detail foto justru akan semakin hilang. Anda harus lebih teliti dalam mengedit bagian ini. Bila merasa kesulitan, tenang saja hal ini bisa diatasi dengan mudah oleh penyedia layanan jasa edit foto profesional.

#4 Kontras Foto

Tingkat kekontrasan mempengaruhi ketajaman dan nuansa dalam foto. Dengan mengedit foto, Anda dapat mendapatkan nuansa atau suasana sesuai keinginan.

#5 Komposisi Foto

Komposisi mempengaruhi fokus orang yang melihat. Foto yang berkualitas memiliki minimal salah satu dari komposisi dasar, misalnya komposisi simetris, rule of third, atau garis diagonal. Komposisi terkadang tidak dapat diperoleh secara sempurna dalam sesi foto, oleh karena itu sesi editing akan sangat membantu bila terjadi masalah.

#6 Menyelamatkan Foto yang Bagus Namun Bermasalah

Semakin majunya teknologi smartphone seperti sekarang ini, hampir semua produk smartphone dilengkapi fitur kamera yang canggih. Semua orang bisa dengan mudahnya mengabadikan setiap moment atau peristiwa penting hanya berbekal smartphone. Namun kadang tidak semua foto hasilnya berkualitas/tidak sesuai harapan. Misalnya: ada objek yang tidak diinginkan, posisi objek miring.

Apabila ada foto yang hasilnya tidak sesuai harapan jangan buru-buru dibuang, karena dengan adanya aplikasi foto editing, foto-foto yang dianggap gagal tersebut bisa dipoles menjadi indah. Hanya saja kembali lagi ke prinsipnya, butuh skill khusus untuk mengerjakan bagian ini, tanpanya Anda hanya akan membuang waktu berharga Anda. Menggunakan layanan jasa edit foto profesional adalah solusi terbaik untuk kasus ini.

Foto Berkualitas Dapat Meningkatkan Pendapatan

Foto dalam dunia bisnis dapat meningkatkan pendapatan karena sebagian besar konsumen menjadikan foto sebagai bahan pertimbangan membeli atau tidak sebuah produk. Ini salah satu alasan pentingnya layanan edit foto karena hasil mentah foto baik dari kamera maupun smartphone masih terdapat kekurangan, jika langsung ditampilkan malah membuat konsumen berpikir ulang untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Yang perlu diingat adalah, foto produk  yang bagus adalah foto yang mampu menampilkan produk Anda dalam keadaan terbaik, menyampaikan informasi yang benar, namun tetap tampak original tanpa manipulasi. Foto produk Anda harus jujur sehingga Anda harus memilih studio foto penyedia jasa foto komersial dan penyedia layanan jasa edit foto yang akan Anda gunakan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan khusus untuk foto produk, di antaranya adalah sebagai berikut.

#1 Foto Produk Dengan Beragam Warna

Jika produk Anda memiliki beragam pilihan warna sebaiknya jangan tampilkan semuanya, Anda bisa menampilkannya berdasarkan warna. Maksudnya agar konsumen bisa melihat jelas produk dari warna berbeda. Produk dengan pilihan warna membuat katalog lebih ramai, dibandingkan hanya dengan mencantumkan keterangan berupa teks saja.

#2 Foto Produk Dengan Beragam Sudut

Foto produk yang ditampilkan dari berbagai sudut terlihat lebih menarik. Hal ini membantu konsumen untuk mendapatkan gambaran lebih banyak mengenai produk yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk lengkapi keterangan panjang dan lebar produk.

#3 Foto Produk Saat Digunakan

Akan terlihat lebih menarik jika menampilkan foto produk yang sedang digunakan, misalnya kursi disebuah ruangan yang didesain menarik, pakaian atau aksesoris yang digunakan oleh model.

#4 Foto Produk Dengan Detail

Kadang ada produk yang detail yaitu bagian bagian yang tidak terlihat jelas. Misalnya, motif pada kain, kantong di bagian dalam tas. Untuk produk seperti ini ada baiknya menampilkan juga bagian detailnya, dengan maksud agar konsumen dapat melihat lebih jelas.

Menggunakan Layanan Jasa Edit Foto Profesional akan Memudahkan Pekerjaan Pemasaran/Marketing

Membuat copywriting atau pekerjaan marketing lainnya bisa lebih mudah jika menambahkan foto yang mampu bercerita. Contohnya, foto bahan-bahan pembuatan produk mebel, foto saat pengerjaan produk, saat mengemas produk sampai foto produk dipasarkan. Oleh karena itu banyak perusahaan sekaligus memberikan tugas pembuatan konten foto pada divisi marketingnya. Perusahaan besar mungkin mempunyai cukup budget untuk memiliki content creator, fotografer, sekaligus editor foto dalam tim kreatifnya. Hal ini akan sangat sulit jika dilakukan oleh perusahaan menengah ataupun perusahaan kecil yang baru menjajaki dunia pemasaran online.

Dalam hal ini, untuk menghemat budget, pilihannya adalah menyewa fotografer freelance yang punya spesialisasi di foto komersial. Pilihan kedua adalah membuat foto produk Anda sendiri dengan kamera lalu menyerahkan proses editing ke penyedia layanan jasa edit foto profesional seperti Shaniba Creative Industry.

Dengan Editing, Kesamaan Antar Foto dapat Diperoleh

Bagi perusahaan, foto yang dibutuhkan sudah tentu sangatlah banyak atau mungkin tidak terbatas selama perusahaan masih beroperasi. Jumlah foto yang banyak ini sudah tentu menuntut adanya konsistensi baik minimal dari segi warna. Standarnya, untuk kebutuhan komersial wana foto harusnya natural dan tidak dibuat-buat. Penyedia layanan edit foto profesional biasanya sudah mengetahui hal ini. Proses editing untuk komersial tidak akan sama dengan proses editing untuk foto wedding dan lain-lainnya.

Satu tips untuk Anda, sebaiknya serahkan proses edit foto produk Anda ke fotografer produk atau studio fotografi komersial seperti Shaniba Creative Industry. Mengapa? Karena sestiap fotografer ataupun studio foto akan memeiliki karakter hasil kerjanya masing-masing. Bila Anda menyerahkan foto Anda untuk diedit oleh studio foto wedding, mungkin hasilnya akan tampak seperti foto wedding dan justru tidak memiliki syarat utama foto bagus untuk jenis foto komersial.

Setiap berkas foto yang akan digunakan sebaiknya memiliki kesamaan style, pencahayaan dan kontras agar menjadi satu kesatuan dan hal ini hanya bisa diwujudkan dengan proses edit foto. Jangan pernah mengambil foto untuk keperluan perusahaan/bisnis dari Google atau situs free download. Sebaiknya gunakan foto sendiri dengan sentuhan style Anda. kemudian lanjutkan dengan proses edit agar terlihat eksklusif dan profesional. Dan solusi dengan membuat foto Anda sendiri lalu menyerahkannya ke studio foto dengan layanan jasa edit foto profesional adalah pilihan paling efisien.

Shaniba Creative Industry adalah Pilihan yang Tepat

Sejak tadi kita menyebutkan sebuah nama yakni Shaniba Creative Industry, apakah itu? Shaniba Creative Industry adalah salah satu studio foto komersial yang cukup recommended. Studio foto satu ini sangat berfokus untuk menyajikan foto produk atau portrait berkualitas untuk perusahaan maupun pribadi. Dan yang pasti, layanan jasa edit foto profesional juga tersedia. Sistem harga yang ditawarkanpun sangat mudah dipahami dan bisa dipesan satuan sesuai dengan konsep yang Anda butuhkan.

Shaniba Creative Industry memiliki 3 jenis layanan utama. Layanan pertama adalah jasa foto produk komersial. Ini adalah layanan satu pintu bagi Anda para pebisnis untuk mendapatkan foto berkualitas tinggi yang dikhususkan untuk kebutuhan pemasaran. Layanan kedua adalah jasa foto portrait yang ditujukan untuk membuat foto profil profesional. Dan layanan yang terpenting yang sejak tadi dibahas dalam artikel ini yakni layanan jasa edit foto profesional untuk beragam kebutuhan dengan hasil foto yang realistis.

Kesimpulan

Proses editing membutuhkan waktu yang lebih lama namun hasilnya akan sangat memuaskan. Masalah harga bervariasi, biasanya penyedia layanan jasa edit foto profesional memberikan berbagai pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan anggaran biaya. Tapi sebaiknya jangan hanya mempertimbangkan tawaran harga yang murah namun hasilnya mengecewakan. Apalagi untuk kebutuhan bisnis, yang penting dipertimbangkan adalah bagaimana foto tersebut dapat membantu mendongkrak hasil penjualan.

Demikian pembahasan mengenai pentingnya layanan edit foto untuk mendukung bisnis Anda. Selain poin-poin yang sudah kita bahas ada poin yang tidak kalah pentingnya, yaitu sebagai branding bisnis/perusahaan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan khususnya mengenai pentingnya atau keuntungan menggunakan layanan jasa edit foto untuk kepentingan bisnis. Terimakasih

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *