pas foto untuk melamar kerja

Pas Foto Untuk Melamar Kerja Agar Terlihat Profesional

Yudha Epsen SetyawanEditing Foto 2 Comments

Foto merupakan salah satu dokumen syarat yang tak bisa dilewatkan ketika mengirim lamaran kerja. Walaupun kerap dilampirkan sebagai syarat namun banyak dari kamu pastinya bingung seperti apa standar pas foto untuk melamar kerja yang baik.

Pastinya foto lamaran merupakan salah satu first impression HRD terhadap diri kamu. Jangan sampai hanya karena foto, kamu menjadi gagal memperoleh pekerjaan yang diidamkan. 

Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah tahu ketentuan atau syarat pas foto untuk melamar kerja yang baik. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Kenapa Pas Foto Untuk Melamar Kerja Penting?

Foto yang kamu lampirkan pada lamaran kerja adalah satu perihal kuat yang memperlihatkan citra diri. Melalui foto tersebut, pihak perusahaan bisa membedakan kamu dengan pelamar yang lain.

Ketika mencari kerja, foto profesional merupakan salah satu cara kamu untuk memberikan kesan yang baik pada HRD. Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa fungsi lainnya yaitu sebagai berikut:

1. Personal Branding

Melampirkan foto pada lamaran pekerjaan merupakan salah satu bentuk membangun personal branding. Berdasarkan hasil riset Skill Roads, foto membangun suatu kepercayaan dan kredibilitas untuk pelamar. Tidak hanya itu, melampirkan foto yang sama baik pada CV, LinkedIn, resume, dan portofolio juga bisa menampilkan citra profesional yang konsisten.

2. Orang Lebih Tertarik Melihat Gambar

Kamu tentu setuju apabila banyak orang yang lebih tertarik kepada konten visual daripada tulisan. Dari sini kamu dapat menilai melalui foto yang rapi dan menarik, kamu dapat mengambil perhatian HRD dan menjadikan diri terlihat profesional.

3. Lebih Diutamakan Perusahaan

Kandidat yang melampirkan foto di lamarannya akan lebih di utamakan oleh perusahaan. Foto lamaran kerja juga dapat menarik perhatian perusahaan global misalnya Prancis dan Jerman yang tertarik sekali dengan kandidat yang mencantumkan foto pada CVnya.

Kriteria Foto Lamaran Kerja yang HRD Suka

Sebetulnya, tidak terdapat aturan baku tentang foto lamaran kerja. Akan tetapi terdapat beberapa poin yang jadi kriteria foto untuk melamar kerja yang terbilang baik dan benar, antara lain:

  • Pada saat foto, perhatian busana yang dipakai. Bagi pria biasanya memakai kemeja, jas, dan dasi. Lalu bagi wanita memakai blazer.
  • Hindarilah memakai pakaian yang terlihat mencolok. Hindari pula memakai perhiasan yang terlalu berlebihan.
  • Untuk wanita, pakai make up sewajarnya saja dan tak disarankan untuk mewarnai rambut.
  • Usahakanlah foto menampakkan telinga. Kamu dapat menggerai rambut ataupun mengikatnya supaya tampilan tampak rapi.
  • Berekspresi dengan natural.

Hal yang Perlu Dihindari dalam Pas Foto Untuk Melamar Kerja

Terdapat beberapa hal yang lebih baik kamu hindari supaya foto lamaran kerja terlihat lebih profesional dan elegan, antara lain:

1. Jangan Memakai Foto Selfie

Sebaik-baiknya foto selfie, lebih baik lagi apabila kamu tidak memakainya untuk melamar pekerjaan. Di kutip dari The Balance Careers, hal tersebut akan menjadikan perusahaan menilai kamu sebagai seseorang yang tak mau memiliki usaha lebih. Sebaiknya kamu foto pada studio foto saja apalagi harga jasa pas foto ini juga tidak mahal namun hasilnya terlihat lebih profesional.

2. Jangan Edit Foto Berlebihan

Hindarilah mengedit foto berlebih ataupun menambahkan filter. Hal tersebut akan menjadikan kamu tak tampak profesional dan lamaran kamu dapat di tolak. Mengedit foto sebenarnya boleh saja tetapi hanya untuk memperbaiki.

3. Pecah atau Blur

Pastikan bahwa resolusi foto kamu tinggi supaya foto tak tampak blur atau pecah pada saat mencetaknya dalam bentuk pas foto.

Latar Belakang Foto Lamaran Kerja

Warna latar belakang foto bagi melamar pekerjaan dibedakan jadi dua yakni biru atau merah. Pada beberapa instansi pemerintah, warna latar belakang foto bergantung dari tahun lahirnya. Bagi orang yang lahir di tahun genap, maka latar belakang warna biru. Sementara tahun ganjil warna merah.

Meskipun kedua warna ini yang umum dipakai, akan tetapi tak menutup kemungkinan latar belakang foto warna oren, putih, ataupun bebas.

Apabila perusahaan  tak menetapkan latar belakang foto, kamu dapat memakai warna latar belakang foto netral seperti putih. Warna netral tak akan menghilangkan fokus HRD pada saat melihat lamaran kamu.

Ukuran Pas Foto Untuk Melamar Kerja

Ukuran pas foto untuk melamar pekerjaan bervariasi sekali sesuai dengan syarat yang perusahaan tetapkan. Kamu bisa menyiapkan beberapa ukuran foto lamaran pekerjaan yang biasanya di minta, yakni:

  • Ukuran 2×3 : seperti foto identitas standar.
  • Ukuran 3×4 : seperti foto ijazah.
  • Berukuran 4×6 : pilihan paling baik jika terdapat syarat mengumpulkan foto cetak.
  • Ukuran 3R atau 4R bagi foto full body lamaran kerja.

Bagi ukuran pas foto lamaran kerja ini akan balik lagi pada syarat dan aturan yang perusahaan tempat kamu melamar tetapkan. Akan tetapi, jika perusahaan tidak menetapkan ukurannya. Lebih baik kamu melampirkan 2 ukuran foto dengan ukuran 3×4 dan 4×6 sebanyak 2 lembar masing-masing.

Tips Foto Lamaran Pekerjaan yang Profesional

Foto lamaran kerja merupakan cara HRD dan perusahaan untuk mempelajari dan mengenali kepribadian kamu. Oleh sebab itu,ikuti beberapa tips foto lamaran kerja di bawah ini supaya tampak profesional.

1. Foto Terbaru

Buat foto lamaran pekerjaan terbaru. Hindari memakai foto lampau, sebab manusia mengalami perubahan. Bisa saja tampilan wajah kamu berbeda pada saat kamu foto untuk melamar pekerjaan beberapa tahun lalu dan ketika sekarang. Oleh sebab itu, berilah foto lamaran kerja yang paling baru.

2. Berpose Dengan Bagus Ketika Difoto

Berpose senatural mungkin melalui memberi senyuman kecil yang bisa memberi kesan dekat dan ramah. Pastikan bahwa pose kamu pada kondisi rileks dan memberikan energi positif.

3. Posisi Dagu dan Bahu Tegak

Ketika difoto pastikan posisi tidak bungkuk supaya terlihat elegan dan profesional.

4. Baju Formal

Gunakan baju formal bagi lamaran pekerjaan. Pria memakai kemeja kerah dan wanita memakai blouse dan blazer. Dan pilihlah warna baju yang netral dengan motif tidak berlebihan.

5. Pilih Foto Close Up

Foto close up merupakan pengambilan sudut foto mulai ujung kepala sampai bahu dan dada. Bentuk foto lamaran ini optimal sekali dan sering dipakai.

6. Gunakan Jilbab Simpel

Khusus bagi foto lamaran kerja berjilbab, pakailah jilbab simpel. Pilihlah warna jilbab yang tak mencolok dan motif juga tidak berlebihan. Disarankan sekali memakai jilbab warna hitam.

7. Posisikan Tangan dan Kaki

Bagi foto full body lamaran kerja, pastikan kamu tak tampak kaku dan berpose dengan wajar. Bagi pria, berposes menggenggam kedua tangan dan di angkat hingga setengah badan sedikit ke depan. Sedangkan wanita dapat meletakkan salah satu tangan di depan pinggang dan rileks.

Bagi posisi kaki yang betul yaitu memajukannya satu langkah kecil ke depan. Sehingga badan agak condong ke depan supaya kamu tampak lebih tinggi.

Demikianlah informasi dari kami terkait pas foto untuk melamar kerja yang baik agar terlihat profesional. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini ke:

Semua Komentar 2

  1. Pingback: Apa itu Pas Foto? Berikut Arti dan Macam-Macam Ukurannya

  2. Pingback: Pas Foto Formal Adalah Apa? Cek Penjelasan Berikut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *