Berjualan di Facebook - Shaniba Creative Industry

Meski Terlihat Potensial, Ternyata Ini Kekurangan Berjualan Di Facebook

Teguh Shaniba Media Sosial Tinggalkan Komentar

Berjualan di Facebook - Shaniba Creative Industry

Berjualan di Facebook – Gambar oleh William Iven dari Pixabay

Selain di Instagram, banyak juga pebisnis online yang berjualan di Facebook. Salah satu pertimbangan memilih Facebook sebagai tempat untuk berjualan online karena Facebook menyediakan tempat untuk bisa menulis copywriting sepanjang apapun. Online shop bisa membuat content-content yang beragam untuk bisa menarik minat kunjung dan minat beli orang lain.

Namun ada beberapa hal yang perlu diingat mengenai penggunaan Facebook sebagai sosial media marketing. Meski terlihat cukup potensial, ternyata masih banyak juga kekurangan berjualan di Facebook, antara lain:

Target Market Hanya Pengguna Facebook Saja

Salah satu kelemahan Facebook jika digunakan untuk berjualan adalah akses target market yang terbatas. Misalkan saja anda mempunyai 2.000 akun pertemanan di Facebook. Yang bisa melihat postingan jualan anda juga hanya 2.000 akun saja yang berteman dengan anda di Facebook. Itupun kalau semuanya aktif. Kalau ada yang tidak aktif berarti target marketnya berkurang lagi.

Postingan Lebih Cepat Tenggelam

Memang banyak grup-grup di Facebook yang bisa anda masuki untuk sekedar menawarkan barang. Namun jika banyak akun anggota lain yang memposting dalam grup tersebut, maka postingan dagangan anda akan cepat tenggelam oleh postingan-postingan baru. Bahkan untuk bisa bertahan sehari saja agak sulit.

Untuk sedikit mengakalinya, anda harus berkomentar di dalam kolom komentar postingan anda. Namun ini juga tidak begitu membantu. Karena banyak sekali anggota grup yang memposting dalam setiap harinya.

Sulit Diindeks Mesin Pencari Google

Kelemahan berjualan di Facebook berikutnya adalah sulit ditemukan oleh mesin pencari Google. Biasanya calon pembeli terlebih dahulu akan mengetikkan kata kunci pada Google untuk mencari barang yang akan dibelinya. Jika anda menggunakan Twitter ataupun Facebook, akan sulit sekali ditemukan oleh calon pembeli.

Hal ini disebabkan karena postingan di dalam Facebook kalah dengan postingan yang ada dalam website maupun blog ketika dicari dengan mesin pencarian Google. Maka pertimbangkan kembali penggunaan Facebook jika ingin postingan produk anda mudah ditemukan pada mesin pencari Google.

Tidak Ada Fitur Mencari Konten

Kelemahan berjualan di Facebook yang terakhir adalah sulitnya mencari produk yang diinginkan calon pembeli pada kolom pencarian di Facebook. Ini disebabkan karena tidak adanya fitur pencarian konten dan kata kunci yang disediakan oleh Facebook. Di Facebook hanya disediakan pencarian halaman fanspage, grup, dan akun.

Bagi kita semua yang menggunakan media sosial untuk berbisnis, kebutuhan materi konten yang berkualitas terutama foto bagus adalah hal yang wajib. Membuat mater foto bagus membutuhkan waktu dan tenaga sehingga dapat memecah fokus kita dalam menjual produk ataupun layanan. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan jasa layanan fotografi di studio foto khusus atau komersial. Salah satu studio foto bagus yang direkomendasikan adalah Shaniba Creative Industry. Untuk kita semua yang membutuhkan foto produk untuk materi katalog ataupun promosi perusahaan, layanan jasa foto produk yang tersedia adalah sebuah pilihan yang tepat. Bila Anda ingin menghias ruangan kantor ataupun CV, layanan jasa foto profil portrait bisa menjadi solusi untuk Anda. Bila Anda sudah membuat foto Anda sendiri, tersedia juga layanan jasa edit foto dan high end retouching untuk memaksimalkan setiap foto Anda agar tampil maksimal. Kunjungi laman web Shaniba Creative Industry untuk informasi lebih lanjut.

Sebenarnya, Facebook memang sosial media yang masih potensial digunakan untuk berjualan. Hanya saja, anda harus mengetahui target market dari produk yang anda tawarkan untuk berjualan di Facebook. Cobalah untuk melakukan pendekatan personal dengan mengirim pesan langsung pada target market. Anda pernah melakukannya? Seberapa efektif melakukan penawaran langsung melalui messenger di Facebook? Silakan bagi pengalaman pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.