desain kemasan produk kreatif

Cara Membuat Desain Kemasan Produk Kreatif & Unik

Yudha Epsen SetyawanTanpa Kategori 1 Comments

Desain kemasan produk kreatif menjadi salah satu hal penting yang dapat membuat brand mampu memiliki penjualan cukup tinggi. Semakin kreatif dan unik suatu desain kemasan produk, tentu saja memungkinkan untuk brand tersebut semakin dikenal oleh khalayak luas.

Melihat hal demikian, membuat pelaku bisnis berpikir bagaimana caranya mampu mewujudkan kemasan produk yang sesuai dengan target pasar. Harapannya calon pembeli mampu tertarik untuk mengetahui produk tersebut dan bahkan berminat membelinya.

Agar hal tersebut dapat terwujud, tentu saja butuh adanya proses atau cara menentukan desain kemasan untuk terlihat kreatif dan menarik. Nah berikut ini cara membuat desain kemasan produk yang memungkinkan terlihat menarik dan mampu mempengaruhi calon pembeli.

Cara Membuat Desain Kemasan Produk Kreatif 

Berikut ini adalah tips yang bisa membantu pelaku bisnis untuk membuat desain kemasan menarik produk yang dijual. Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar nantinya desain kemasan produk dapat dikatakan berhasil karena mampu memiliki daya tarik tersendiri.

Memahami Produk Apa Yang Nantinya Kalian Jual

Untuk memudahkan kalian dalam menentukan desain kemasan produk, pastinya hal pertama yang perlu diperhatikan adalah produk itu sendiri. Kenali jenis produk yang nantinya kalian pasarkan secara detail, mulai dari besar kemasan, warna kemasan, dan lain sebagainya.

Dengan memahami langkah pertama ini, tentu saja bisa lebih mempermudah menentukan arah kemasan atau packaging yang sekiranya mampu menarik perhatian calon pembeli. Setelah berhasil memahami produk, kalian jelas akan terlintas desain apa yang cocok untuk produk tersebut sehingga memiliki nilai jual tinggi.

Menentukan Target Pasar

Jika sudah memahami produk apa yang nantinya bakal kalian jual, selanjutnya juga harus mengerti target pasar. Seperti misalnya produk makanan atau minuman, yang mana notabene lebih menyasar untuk kalangan milenial.

Apabila target pasarnya adalah kalangan milenial, maka jelas desain kemasan atau packaging dari produk tersebut harus menyesuaikan tren kekinian. Bahkan untuk lebih menarik perhatian lagi, kalian bisa terus mengembangkan desain kemasan secara fluktuatif bergantung dengan tren yang sedang viral.

Meskipun demikian, untuk menampilkan ciri khas brand kalian bisa saja memiliki master atau template dari desain kemasan produk tersebut. Sehingga orang akan lebih mudah mengingat meskipun baru sekali melihat kemasan produk, akan langsung tahu bahwa itu adalah brand milikmu.

Bagaimana Pembeli Mendapatkan Produk Tersebut

Selain dua poin tadi, admin Shaniba Creative menyarankan untuk para pelaku bisnis harus memperhatikan bagaimana pembeli nantinya mendapatkan produk milikmu. Penentuan lokasi tempat untuk menjual produk juga berpengaruh terhadap kemasan yang nantinya dibuat.

Jika produk tersebut bisa didapatkan secara online, maka bisa saja kemasan terbuat dari bahan plastik yang memang lebih kuat dan tahan lama. Namun ketika pembeli harus mendapatkan produk tersebut dengan mengunjungi offline store, dapat juga kemasan berupa papper bag atau sejenisnya.

Ini berlaku bagi beberapa produk tertentu, seperti misalnya makanan cepat saji yang membutuhkan desain kemasan menyesuaikan kondisi tertentu. Oleh karenanya, memahami tempat kalian menjual produk tersebut tentu menjadi hal yang begitu penting untuk menentukan desain kemasan.

Memiliki Keunikan Dari Produk Lainnya

Kemudian yang paling terakhir dan menjadi bagian penting adalah tampilkan sisi keunikan produk dari pada pesaing lainnya. Meskipun rasa atau kualitas produk sama dengan brand lain, namun ada faktor lain yang bisa saja membuat produkmu ini lebih unggul.

Salah satunya adalah dari sisi desain kemasan, yang mana pastikan untuk memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dari lainnya. Ketika dari rasa dan kualitas produk sama dengan brand lain, kalian harus bisa menampilkan desain kemasan yang lebih menarik minat calon pembeli.

Nah untuk dapat mewujudkan hal ini, pastinya kalian harus melakukan riset terlebih dahulu. Setelah menemukan desain kemasan produk yang kreatif, nantinya kemungkinan besar peningkatan penjualan pun akan semakin terbuka lebar.

Faktor Yang Mempengaruhi Desain Kemasan Produk Kreatif

Terdapat beberapa faktor yang nantinya mempengaruhi suatu desain kemasan produk terbilang cukup unik dan kreatif. Nantinya ketika kalian memperhatikan faktor ini, tentu saja akan lebih memudahkan untuk menciptakan desain kemasan yang unik dan berbeda dari brand lain pada umumnya.

Sejatinya riset produk dan target pasar menjadi hal yang utama agar nantinya bisa menghasilkan kemasan yang menarik. Namun ada baiknya juga kalian memperhatikan faktor yang mempengaruhi desain kemasan produk terlihat kreatif berikut ini.

  • Faktor keamanan produk : misalnya kemasan produk lebih tahan terhadap cuaca dengan suhu ekstrim, seperti terlalu panas atau dingin.
  • Faktor ekonomi : pemilihan bahan dan material yang sekiranya dapat menentukan kualitas kemasan produk.
  • Faktor pendistribusian : memastikan bahwa produk dapat bertahan cukup lama dan jangka panjang untuk proses penyimpanan.
  • Faktor komunikasi : kemasan produk dapat menumbuhkan citra dari brand produk tersebut.
  • Faktor estetika : meliputi tampilan visual desain kemasan yang mampu menarik perhatian calon pembeli.

Itulah beberapa faktor yang sekiranya bisa menjadi pertimbangan untuk membuat desain kemasan dari produk milikmu semakin menarik calon pembeli. Semoga dengan hadirnya informasi ini bisa memberikan manfaat dan memaksimalkan potensi peningkatan penjualan dari hal tampilan desain kemasan.

Bagikan artikel ini ke:

Semua Komentar 1

  1. Pingback: Background Untuk Foto Produk Biar Terlihat Menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *