cara membuat promosi makanan

Cara Membuat Promosi Makanan Yang Menarik di IG

Yudha Epsen SetyawanBisnis 1 Comments

Bagi kalian yang ingin mulai berbisnis atau sedang mengembangkan bisnis makanan secara online, pastinya harus tahu promosi apa yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Terdapat beberapa cara membuat promosi makanan yang menarik dan bisa kalian lakukan dengan memanfaatkan Instagram.

Promosi dengan platform ini sekarang mampu meningkatkan penjualan, apabila cara pengemasannya cukup menarik dan tepat sasaran. Nah untuk mendapatkan promosi yang menarik dan tepat sasaran, alangkah baiknya jika kalian memperhatikan beberapa tips promosi produk berikut ini.

Cara Membuat Promosi Makanan Yang Menarik di Instagram

Seperti yang sudah kami spill di awal artikel tadi bahwa akan tersedia informasi mengenai bagaimana cara promosi makanan yang menarik di Instagram. Mulai dari pembuatan akun Instagram business sampai dengan optimasi hashtag bisa kalian terapkan untuk menghasilkan promosi yang tepat sasaran.

Membuat Akun Instagram Business

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan ketika ingin promosi makanan melalui Instagram adalah dengan membuat akun business terlebih dahulu. Sebisa mungkin akun Instagram versi business, karena memang sesuai peruntukannya dan terdapat fitur menarik yang memudahkan untuk promosi.

Pembuatan akun business ini tidaklah susah, hanya seperti pada umumnya ketika membuat akun personal. Pastikan ketika menggunakan akun business, nama akun Instagram menarik dan berbeda dari lainnya.

Penamaan yang menarik, unik, dan berbeda dari kompetitor lain tentu memungkinkan kalangan yang melihatnya merasa penasaran dari produk tersebut. Bisa tambahkan juga nama brand dan jenis produk milik kalian, agar nantinya orang mudah mengingat serta mencari akun Instagram.

Seperti misalnya membuka usaha kue kering dan basah, maka bisa menamakan akun tersebut dengan brand plus jenis usaha. Contohnya @emmykuekering atau username lain yang menunjukkan bahwa brand milikmu ini jelas menjual produk berupa kue.

Membuat Konten Berkualitas

Setelah berhasil membuat akun Instagram business dengan nama yang unik, pastikan juga untuk memperhatikan poin lainnya agar promosi berjalan maksimal. Salah satu poin utama pada promosi produk adalah membuat konten yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi dari kompetitor.

Pembuatan konten berkualitas ini dapat dimulai dari konsep foto yang menarik sampai dengan tampilan visual konten tersebut. Semakin bagus kualitas tampilan visual dan ide konsep promosi, maka kemungkinan peningkatan penjualan produk pun sangatlah tinggi.

Adapun pembuatan konten yang kami maksud adalah dengan mempersiapkan foto produk sebaik mungkin beserta alat pendukung lainnya. Pengambilan gambar pada setiap konten foto dan video promosi perlu kalian perhatikan agar nantinya memiliki daya tarik untuk calon konsumen.

Nah jika ingin menghasilkan konten berkualitas dan terbaik, mungkin kalian bisa coba menggunakan jasa foto produk terdekat yang memang terpercaya. Karena umumnya studio foto produk yang berpengalaman sudah pasti akan menghasilkan tampilan konten visual menarik dengan jaminan engagement sosial media tinggi.

Interaksi Dengan Audiens

Kemudian selain memperhatikan dua poin tadi, kalian juga harus bisa membangun brand dengan citra ramah dan positif bagi konsumen. Cara mewujudkan hal tersebut adalah dengan berinteraksi secara aktif dari komentar yang maksud pada akun Instagram business milikmu.

Semisal ada calon konsumen yang bertanya melalui direct message terkait harga produk, cara pembelian, dan lain sebagainya, maka admin harus menjawab dengan cukup ramah. Sebisa mungkin pastikan pertanyaan yang masuk ke akun Instagram bisnis milikmu harus terjawab.

Atau lebih baiknya lagi pertanyaan tersebut bisa segera direspon, agar nantinya konsumen tidak perlu menunggu lama terkait informasi yang ingin mereka dapatkan. Tak hanya itu saja, pesan yang masuk melalui kolom komentar juga perlu kalian perhatikan dan membalasnya dengan ramah.

Segala bentuk pertanyaan atau kritik yang masuk, menjadi bahan evaluasi agar bisnismu kedepannya semakin maju. Oleh karenanya, ciptakan interaksi dengan audiens sebaik mungkin untuk mewujudkan brand usaha milikmu terkenal dan semakin berkembang dimasa depan.

Mengoptimasi Hashtag Instagram

Cara membuat promosi makanan lewat Instagram yang selanjutnya juga perlu menggunakan hashtag atau tanda pagar. Selain menyiapkan konten yang berkualitas, ketika akan upload ke Instagram pastinya juga bisa menambahkan hashtag menarik.

Tujuan dari penggunaan hashtag ini adalah untuk mengkategorikan jenis usahamu atau mungkin layanan, harga, dan promo tertentu pada postingan Instagram. Dengan pengkategorian seperti inilah, konsumen bisa lebih mudah menemukan produk yang ingin mereka beli.

Apabila optimasi hashtag berjalan dengan baik dan rapi, maka akun Instagram akan terlihat menarik untuk bahan promosi produk makanan milikmu. Oleh karenanya, jangan sampai melewatkan optimasi hashtag Instagram agar promosi makanan lewat Instagram semakin berkembang dan sukses.

Itulah tadi cara promosi makanan melalui Instagram yang bisa kalian coba untuk meningkatkan penjualan. Semoga dengan hadirnya informasi tadi dapat memberikan manfaat dan membuat bisnis milikmu semakin berkembang.

Bagikan artikel ini ke:

Semua Komentar 1

  1. Pingback: Promosi Makanan Khas Daerah Yang Bisa Naikin Omset Penjualan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *