Hashtag di Instagram - Shaniba Creative Industry

Cara Memanfaatkan Hashtag Di Instagram untuk Promosi Bisnis Anda

Hashtag di Instagram - Shaniba Creative Industry

Hashtag di Instagram – Gambar oleh freestocks dari Pixabay

Belakangan, Instagram jadi salah satu media sosial yang cukup diminati. Baik untuk akun pribadi maupun untuk bisnis. Jika Anda menggunakan Instagram untuk bisnis, meningkatkan interaksi atau kunjungan adalah salah satu kunci penting agar brand Anda dikenal baik. Dan untuk mendapatkan hal tersebut, Anda harus mampu untuk memanfaatkan hashtag di Instagram secara maksimal.

Hashtag adalah fitur dalam Instagram yang memungkinkan seseorang menemukan postingan dengan hashtag yang sama. Penggunaan hashtag di Instagram memungkinkan orang yang tidak mengikuti Anda bisa tetap menemukan post dan akun Anda. Karena itu, memanfaatkan hashtag di Instagram dengan baik bisa menjadi kunci penting dalam meningkatkan engagement di akun Instagram Anda.

Batas Penggunaan Hashtag Di Instagram

Penggunaan hashtag di Instagram ternyata memiliki batasan. Sehingga, Anda tidak bisa menulis caption dengan hashtag yang terlalu banyak. Perlu diketahui, bahwa batas hashtag yang bisa Anda tuliskan di caption adalah sekitar 30 hashtag.

Meski relatif banyak, Anda tetap harus mempertimbangkan dengan baik hashtag apa yang akan Anda gunakan di post Anda tersebut. Sehingga, hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan. Pastikan juga kalau hashtag yang Anda gunakan sudah sesuai dan relevan dengan target market yang Anda sasar.

Manfaat Hashtag Di Instagram

Hampir semua kata bisa Anda jadikan hashtag dengan menambahkan lambang hashtag di bagian depan kata tersebut. Jika Anda ingin membuat hashtag yang terdiri lebih dari satu kata, pastikan Anda tidak menggunakan spasi untuk memisahkan kata tersebut.

Meski terbilang sederhana, penggunaan hashtag di Instagram terbukti dapat meningkatkan engagement sebuah post dengan cukup baik. Yaitu sekitar 12,6 persen dibandingkan dengan tidak menggunakan hashtag. Angka ini tentu saja cukup baik. Apalagi jika engagement yang didapat sesuai dengan target market yang Anda inginkan.

Tips Menggunakan Hashtag

Dengan potensi tersebut, menggunakan hashtag tentu saja harus mempertimbangkan beberapa hal. Sehingga, hasil yang didapat juga bisa lebih optimal. Ada beberapa tips menggunakan hashtag yang bisa Anda ikuti dan sesuaikan dengan post Anda, yaitu:

#1 Memisahkan Hashtag Dengan Caption Text Terakhir

Anda bisa menuliskan hashtag di mana saja pada caption Instagram Anda. Tapi, daripada menyebar hashtag di berbagai tempat pada caption, akan lebih baik jika Anda memisahkan hashtag dengan caption text Anda.

Misalnya dengan menuliskan hashtag di bagian bawah caption dengan memberi satu baris jeda. Hal ini akan membuat caption text yang Anda buat terlihat lebih rapi dan menarik.

#2 Jangan Membuat Caption Dengan Kumpulan Hashtag

Anda bisa saja membuat caption dengan kumpulan hashtag untuk meningkatkan engagement sebanyak – banyaknya. Tapi, orang akan lebih suka jika mereka menemukan informasi yang bisa mereka baca di caption dibandingkan dengan sekumpulan hashtag saja.

Konten Tetap Bagian Terpenting

Sebaik apapun kemampuan kita menentukan hashtag, tetap tidak akan lengkap bila kontennya tidak menarik. Membuat konten menarik adalah hal wajib untuk sukses di media sosial tidak peduli apakah untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis. Namun sering sekali hal ini cukup sulit dilakukan karena membuat caption pun terkadang sudah cukup menguras otak, ditambah lagi menentukan hashtag, dan terkahir foto seperti apa yang harus diunggah.

Bila Anda berkecimpung di dunia bisnis, masalah seperti ini sangat sering dijumpai. Membuat divisi marketing khusus untuk mengurusi branding di media sosial adalah salah satu solusi yang paling umum. Hanya saja solusi ini akan membutuhkan pendaaan yang terkadang cukup besar. Pilihan paling efisien untuk hal ini adalah menyerahkan pembuatan materi foto ke studio foto komersial dan perusahaan hanya perlu fokus dalam membuat caption serta hashtag di Instagram.

Berbicara tentang studio foto komersial, ada banyak pilhan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda di luar sana. Salah satu yang cukup direkomendasikan adalah Shaniba Creative Industry. Studio foto komersial satu ini dapat melayani Anda secara online lho. Sistem pemesanan, reviu foto, hingga penyerahan berkas dilakukan secara online sehingga tidak merepotkan operasional perusahaan Anda.

Terdapat 3 (tiga) layanan utama di Shaniba Creative Industry, yang pertama adalah layanan jasa foto produk dengan kualitas premium. Semua jenis produk dapat difoto sesuai dengan konsep yang Anda butuhkan. Layanan kedua adalah layanan jasa foto profil dan portrait dan layanan terakhir adalah jasa editing dan retouching foto. Kunjungi laman web official Shaniba Creative Industry di shanibacreative.com untuk informasi lebih lanjut.

Setelah konten yang bagus Anda miliki, caption yang kreatif sudah dibuat, maka membuat hastag akan lebih mudah. Itulah beberapa cara memanfaatkan hashtag di Instagram yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *