Belajar Photoshop untuk Editing Retouching Foto

Belajar Photoshop itu Gampang Kok, Yuk Kita Bahas Prinsip Dasarnya

Teguh Shaniba Editing Foto, Fotografi Tinggalkan Komentar

Kesuksesan itu datang kepada orang yang giat berusaha. Belajar Photoshop juga demikian, usaha giat yang Anda lakukan untuk mempelajari teknik edit foto dari dasar sampai mahir sangat diperlukan supaya Anda sukses di bidang edit foto menggunakan aplikasi edit foto terbaik sepanjang masa.

Pernah melihat satu gambar yang tidak hanya bagus, tetapi ada kesan memukau dan sedikit aneh? Misalnya gambar seseorang biasa yang bisa berpose santai dengan sosok idola dunia. Atau gambar prewedding yang di mana pasangannya berubah menjadi kecil setinggi kucing?

Gambar-gambar memukau yang kadang aneh karena tidak masuk logika ini biasanya diedit dan diproses secara apik oleh orang yang ahli menggunakan aplikasi Photoshop. Anda juga bisa loh mahir seperti mereka.

Cara yang bisa Anda tempuh untuk belajar Photoshop itu gampang banget kok, semuanya bisa dimulai setelah Anda memahami aplikasi edit foto terbaik ini dimulai dari hal paling dasar.

Belajar Photoshop untuk Editing Retouching Foto

Tampilan UI Adobe Photoshop – Photo by Onur Binay on Unsplash

Prinsip Dasar Belajar Photoshop

Paling dasar sekali ketika kita ingin mempelajari aplikasi ini adalah dengan memahami hal-hal dasar yang ada. Seperti belajar tentang apa itu layer, membahas kegunaannya, menemukan letak “layer” itu ada di mana, dan beberapa tips yang biasa dilakukan para ahli dengan layer ini.

Pada dasarnya, belajar Photoshop itu berkaitan erat dengan hal-hal berikut.

  • Layer
  • Tool Warna dan Swatch
  • Font dan Tool Teks
  • Brush Tool
  • Select Tool
  • Move Tool
  • Zoom Tool
  • Erase Tool
  • Crop Tool
  • Fill Tool

Jika kesepuluh tool atau alat di atas bisa Anda kuasai dengan baik, bukan tidak mungkin loh ya dalam waktu dekat Anda akan menjadi seorang yang pro dalam edit-mengedit foto.

Belajar Photoshop Lebih Lanjut dengan Mamahami Fungsi Tools Utama

Tools Belajar Photoshop Part 1 – Peralatan Dasar

#1 Layer

Photoshop Layer

Photoshop Layers

Adalah tool yang berguna untuk mengatur gambar, teks, latar belakang, tambahan item lain dalam satu gambar utuh. Ibaratnya layer ini seperti tumpukkan kaca khusus yang disusun untuk mendapatkan gambar yang terlihat menarik pada tumpukan paling atas. Anggap saja layer ini sebuah kaca yang bisa kita tempati gambar, teks atau item lain untuk memperindah gambar.

Satu gambar yang sangat keren, memukau dan sedikit aneh khas Photoshop ini bisa tercipta dari banyak layer, seperti latar belakang, gambar utama, efek, item yang sudah diedit, dan lain sebagainya. Orang yang tidak paham cara kerja layer pasti akan kesulitan membuat gambar yang menarik.

Letak layer berada di sudut kanan bawah halaman utama kertas kerja. Untuk menambahkan layer baru klik layer > new > layer … layer ini bisa ditambah, dipilih, dipindahkan susunannya, disembunyikan dan bahkan diduplikasi. Layer sederhana bahkan membuat sebuah animasi GIF loh. Keren bukan? Belajar Photoshop jadi lebih mudah.

#2 Tool Warna dan Swatch

Color Palette & Swatches

Photoshop Color Palette & Swatches

Adalah tool yang sangat berguna untuk mengatur, memodifikasi, menyalin atau menyimpan warna kustom pada konten yang Anda buat. Dengan tool ini Anda nantinya akan bisa menyatukan skema warna dan membuat konten visual Anda menjadi sangat hidup.

Letak tool ini berada sudut kanan atas layer. Di sini Anda bisa menyesuaikan warna konten yang sedang dibuat dengan warna yang sesuai keinginan. Referensi warna bisa dilihat dari spektrum warna vertikal yang ada slider di atasnya. Warna di sini berbentuk kode khusus seperti #1b1ee karena saking banyaknya warna yang bisa dipilih.

Pada konten yang akan dibuat rutin, Anda mungkin perlu menggunakan warna-warna tertentu secara khusus dan sering. Simpan warna sebagai swatch agar sewaktu-waktu bisa digunakan kembali sebagai referensi.

#3 Move Tool

Move Tool

Photoshop Move Tool

Dalam belajar Photoshop, Move Tool ini sangat berguna untuk memindahkan elemen-elemen tertentu dari grafik, gambar atau lainnya. Misalnya ada satu elemen dalam gambar yang letaknya belum enak dipandang, atau tidak presisi. Anda bisa tuh gunakan move tool untuk memindahkannya ke tempat yang lebih enak dipandang dan juga presisi.

#4 Zoom Tool

Zoom Tool

Photoshop Zoom Tools

Letaknya berada di toolbar, sebelah kiri bagian halaman utama. Klik ikon kaca pembesar > view > zoom in untuk memperbesar penglihatan gambar atau View > zoom out atau memperkecil atau melihat objek dari jauh.

Tools Belajar Photoshop Part 2 – Seleksi dan Cropping

#5 Select Tool

Photoshop Selection Tools

Photoshop Selection Tools

Adalah alat ajaib untuk memilih salah satu, seluruh atau bagian tertentu dalam sebuah gambar. Setelah dipilih, selanjutnya Anda bisa memutuskan untuk menyalin, menghapus atau memindahkannya ke area yang lain. Letaknya berada di toolbar.

Misalnya Anda ingin memisahkan gambar kepala manusia dengan bentuk tubuhnya, perlahan Anda mulai soroti bagian kepalanya dan pilih select tool ini, setelah itu, gambar yang sudah di select bisa dihapus, diduplikat atau dipindahkan.

#6 Crop Tool

Crop Tool

Photoshop Crop Tool

Pernah mencoba membuat portofolio atau CV dengan gambar yang khusus? Misal ukuran 4×6, atau 3×4. Nah, inilah tugas croop tool sebagai pemotong khusus. Meski merupakan tool dasar, tapi tool ini sering digunakan. Apalagi ketika akan membuat foto untuk keperluan KTP, kartu pelajar, foto nikah KUA dan lain sebagainya.

Tools Belajar Photoshop Part 3 – Peralatan Manipulasi

#7 Font dan Tool Teks

Text Tools

Photoshop Text Tools

Gunanya font atau tool teks ini adalah untuk membuat tulisan yang sesuai dengan keinginan, memasukkannya dalam unsur gambar, atau layer khusus untuk ditumpuk dengan gambar lain supaya terlihat keren.

Tool ini berada di toolbar bagian bawah, kalau di layar letaknya toolbar berada di sebelah kiri ya. Ada ikon teks berbentuk “T”, di toolbar Anda bisa menariknya ke arah kertas kerja, nanti si font ini akan otomatis menjadi layer, jadi teori tumpukkan kaca harus Anda perhatikan juga.

Di alat ini, Anda bisa mengubah ukuran, jenis huruf, warna dan bentuk huruf sesuai dengan keinginan. Ada banyak pilihan font yang disediakan Photoshop, tetapi jika tidak ada yang Anda inginkan, Anda bisa mengunduhnya di internet dan memasangnya.

#8 Brush Tool

Photoshop Brush Tool

Photoshop Brush Tool

Sangat berguna untuk menambahkan brush ke dalam gambar, pengaturannya sama dengan font tool. Bisa diedit, diatur ukurannya, dimodifikasi dan lain-lain. Brush adalah aksen atau efek visual yang bisa menjadi tambahan “goresan seni” dalam konten visual yang sedang Anda buat.

Letaknya juga berada di toolbar ya. Pengaturan lebih lengkap dari brush tool ini akan terlihat ketika Anda mengkliknya. Di sana ada pengaturan untuk mengubah ukuran, ketebalan, flop dan lain sebagainya.

Cobalah menambahkan brush tool ke dalam gambar, pilih yang mana saja secara acak dan mulai untuk bermain-main supaya lancar.

#9 Erase Tool

Eraser Tools

Photoshop Eraser Tools

Sangat berguna untuk menghapus objek yang tidak diinginkan, beberapa opsi penghapusan bisa dipilih. Bisa menghapus seperti penghapus, bisa menghapus khusus background saja, atau memilih bagian tertentu seperti select tool. Pada menu background erase, Anda bisa memilih satu warna sebagai patokan yang akan dihapus.

#10 Fill Tool

Fill Tools

Photoshop Fill Tools

Satu lagi tool yang akan membuat proses belajar Photoshop menjadi lebih gampang. Adalah Fill tool yang bertugas untuk mengisi area tertentu dengan warna pilihan. Ada selain satu warna solid ada juga gradient untuk beberapa warna dengan gradasi; dan pattern untuk warna yang sudah ada patokannya (seperti wallpaper dinding rumah).

Setelah mempelajari prinsip dasar Belajar Photoshop ini, bukan tidak mungkin suatu saat nanti Anda bakalan jadi editor gambar yang andal. Dan bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Lebih banyak hal bisa Anda lakukan dengan Photoshop, misalkan ingin membuat gambar untuk iklan, portofolio yang bagus, membuat efek foto canggih untuk keperluan konten media sosial dan banyak lagi. Jika tidak ada waktu untuk mengerjakannya, Anda bisa menyerahkan pengerjaan ini ke Shaniba Creative loh.

Belajar Photoshop Secara Mendalam VS Menggunakan Jasa Editing Retouching Profesional

Bila Anda membutuhkan layanan editing dalam waktu dekat. Dan belajar Photoshop terlebih dahulu justru akan menghabiskan waktu berharga Anda, menggunakan jasa editor foto profesional mungkin adalah solusi terbaik. Ada banyak penyedia layanan jasa edit foto di luaran sana namun yang sangat direkomendasikan salah satunya adalah Shaniba Creative Industry.

Shaniba Creative adalah tempat di mana Anda bisa mendapatkan jasa fotografi terbaik dengan harga yang terjangkau. Jadi, tidak hanya untuk editing retouching foto saja. Beragam kebutuhan fotografi untuk bisnis tersedia di studio foto satu ini. Urusan membidik kemasan, fashion, makanan atau skincare atau barang lain yang akan dijual, bisa dilakukan Shaniba dengan cara kerja yang profesional. Jadi Anda bisa mendapatkan layanan jasa edit foto, jasa foto produk, dan jasa foto portrait profesional di studio foto satu ini. Yang pastingya semua dikerjakan dengan skill dan peralatan yang sangat mumpuni untuk memberikan hasil berkualitas tinggi. Hasilnya jelas tidak akan mengecewakan.

Kelebihan Shaniba Creative Industry

Shaniba Creative memiliki keunggulan yakni sistem pemesanan, pembayaran, review foto, hingga penyerahan foto semua dilakukan secara online. Sehingga bagi Anda yang memiliki banyak kesibukan sudah tentu sangat menguntungkan. Yang paling seru adalah, Anda akan mendapatkan draft dari permintaan edt retouch Anda sebelum melakukan pembayaran. Bila tidak cocok dengan draft yang diberikan tidak perlu membayar. Sangat mudah bukan, akan jauh lebih efisien dari segi waktu. Sudah tentu ketimbang Anda menghabiskan waktu banyak untuk belajar Photoshop. Padahal banyak juga deadline yang harus diselesaikan segera, terutama bila Anda adalah seorang pebisinis.

Informasi lebih lengkap mengenai layanan yang tersedia, tata cara pemesanan, daftar harga, dan portofolio dapat Anda bisa intip di www.shanibacreative.com. Anda juga bisa mengonsultasikan kebutuhan editing retouching foto Anda ke customer service Shaniba Creative. Bisa melalui Whatsapp 081 911 911 999 atau Telegram 081 911 911 999 / @shanibacreative.

Kesimpulan

Belajar Photoshop bisa diawali dengan mempelajari 10 prinsip paling dasar yang sudah dijelaskan di atas. Caranya gampang, yang diperlukan selain aplikasinya adalah waktu dan niat yang kuat untuk terus belajar. Tidak ada hasil yang akan mengkhianati usaha, terus berkarya dan jadilah juaranya.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.