Hasil Edit Foto yang Bagus - Shaniba Creative Industry - Jasa Foto Produk, Jasa Foto Portrait, Jasa Editing Foto & High End Retouching

Hasil Edit Foto Yang Bagus & Tips Menggunakan Adobe Photoshop

Teguh Shaniba Editing Foto, Fotografi Tinggalkan Komentar

Hasil Edit Foto yang Bagus - Shaniba Creative Industry - Jasa Foto Produk, Jasa Foto Portrait, Jasa Editing Foto & High End Retouching

Hasil Edit Foto yang Bagus – Photo by Joseph Pearson on Unsplash

Sekarang ini banyak sekali foto-foto yang tersebar di internet, mulai dari foto pemandangan, kuliner, pernikahan, peristiwa, produk dan beragam jenis foto lainnya. Sebagian sudah diproses melalui proses edit foto, tidak sedikit juga yang tidak. Lalu, pertanyaannya bagaimana sih ciri edit foto yang bagus itu? Hal yang tidak kalah penting lagi adalah bagaimana caranya membuat hasil edit foto yang bagus menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Yuk kita pelajari lebih lanjut dalam artikel ini.

Tujuan Dan Jenis Edit Foto

Editing foto merupakan seni maka tidak ada standar baku benar atau salah. Pada dasarnya, hasil edit foto yang bagus itu akan membuat foto tampak enak dilihat secara umum. Banyak orang yang bisa mengedit foto, tapi hasilnya mungkin bisa jadi enak bila dilihat oleh editor foto tersebut namun bisa jadi tidak enak dilihat oleh orang lain. Kembali lagi pada kalimat awal, tidak ada benar dan salah namun minimal foto tersebut enak untuk dilihat serta memberikan kekuatan seperti magnet yang menarik banyak mata memandang.

Secara garis besar tujuan edit foto adalah sebagai berikut.

  1. Memperbaiki hasil foto, karena kadang lensa baik dari kamera DLSR maupun smartphone tidak bisa menangkap objek foto dengan baik. Misalnya: gambar blur, kurang tajam, gelap terang terlalu ekstrem;
  2. Membuat nuansa/suasana dalam foto berbeda. Misalnya, memberikan kesan suram, angker, jadul, ramai, sepi dan lain-lain;
  3. Memberikan fokus ke satu objek dari pada objek lainnya yang ada di dalam foto atau latar belakang.

Berdasarkan batasan jenis fotografi dapat dibedakan menjadi dua, yang pertama: foto dengan aturan ketat dan yang kedua: aturannya cukup longgar. Aturan ini akan menentukan standar hasil edit foto yang bagus yang diperlukan agar sesuai dengan tujuannya. Berikut penjelasannya.

  • Jenis foto yang aturannya ketat adalah foto untuk kebutuhan jurnalisme. Seorang fotografer jurnalisme harus menampilkan foto sesuai realitas.
  • Jenis foto yang aturannya longgar, seperti fotografer komersial yang menggunakan edit foto dan memanipulasi foto, contohnya: foto untuk kebutuhan iklan, perusahaan, bisnis, majalah. Hal ini sah-sah saja, malah dianjurkan karena lebih efisien. Contohnya: Membutuhkan foto dengan latar belakang pantai, hutan atau lokasi lainnya namun karena ada kendala teknis akhirnya bisa menggabungkan foto yang menjadi objek dengan foto latar belakang.

Lalu bagaimana cara edit foto yang bagus itu? Untuk lebih jelas langsung saja kita bahas ciri edit foto yang bagus menggunakan Photoshop berikut ini.

Tips Menggunakan Aplikasi Photoshop Agar Mendapatkan Hasil Edit Foto yang Bagus

Ada banyak aplikasi edit foto yang bisa digunakan saat ini. Adobe Photoshop adalah aplikasi yang bagus untuk dipelajari. Edit foto menggunakan aplikasi ini susah-susah mudah. Mudah karena menyediakan banyak fitur yang memudahkan dalam mengedit. Dibilang susah karena harus mengetahui fungsi masing-masing fitur agar hasilnya sesuai dengan harapan. Namun Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi yang sangat populer baik digunakan untuk kalangan profesional maupun hobbyst. Tidak sulit mendapatkan hasil edit foto yang bagus menggunakan aplikasi satu ini bila kita sudah mulai memahaminya dengan baik.

Pelajari Isi dari Panel Menu Utama

Menu utama adalah tempat dimana kita bisa mengakses semua fitur yang ada di Photoshop. TIdak hanya pada Photoshop, seluruh jenis aplikasi komputer sudah tentu memiliki panel menu. Berikut ini adalah penjelasan ringkas mengenai panel penu penting yang ada pada Adobe Photoshop:

  1. Panel menu yang pertama adalah “Menu”. Bagian ini berisi fitur-fitur untuk mengedit, seperti, menu file yang fungsinya untuk membuka, menyimpan file;
  2. Yang kedua adalah panel menu “Edit”. Isi dari panel menu ini adalah beragam perintah untuk melakukan perubahan dengan cara menambah, menghapus, copy;
  3. Berikutnya adalah panel menu “Image” fungsinya untuk mengedit layer, seperti: membuat, mengelompokkan, memodifikasi, menggabungkan layer;
  4. Dan beragam panel menu lainnya yang mungkin tidak akan kita butuhkan untuk awal-awal kita mempelejari Photoshop untuk mendapat hasil edit foto yang bagus.

Pelajari Tools yang Ada Satu Persatu Sesuai Kebutuhan

Photoshop memiliki banyak sekali tools yang bisa kita gunakan. Mempelajari seluruh tools dalam waktu cepat sangat sulit dilakukan. Namun tenang saja, untuk mendapatkan hasil edit foto yang bagus, sebenarnya hanya butuh beberapa tools saja kok. Lain bila kita ingin menjadi manipulator foto, mungkin akan banyak tools yang harus kita gunakan. Kembali ke topik ini, selain panel menu, ada juga Tools Box dan Palette. Tools Box berisi fitur berupa tombol perintah untuk menyeleksi, memotong, membuat teks. Pada menu Palette berisi informasi dan perintah untuk edit foto, seperti  palette navigator, palette info, histogram, palette history, atau action layer channel path.

Yang perlu dipahami oleh pemula adalah tidak semua teknik edit foto bisa langsung diterapkan. Ada banyak sekali tools yang harus dipahami sebelum memulainya. Mari kita pelajari beberapa penjelasan berikut ini:

Crop Foto

Crop foto merupakan salah satu teknik edit yang paling banyak digunakan pada waktu memakai Photoshop. Dengan teknik ini Anda bisa memindahkan objek, memotong atau memindahkan fokus. Salah satu ciri hasil edit foto yang bagus adalah tidak terlalu banyak objek mengganggu pada foto dan sebagian besar kasus dapat diatasi hanya melalui proses crop.

Langkah-langkah crop adalah sebagai berikut.

  • Tekan huruf “C”, otomatis akan berpindah ke tools crop.
  • Lalu atur Aspect Ratio, sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Setelah selesai klik kanan lalu klik crop.
  • Selesai, Anda sudah berhasil melakukan crop

Memperbaiki Cahaya

Ciri hasil edit foto yang bagus berikutnya adalah foto harus memiliki pencahayaan yang baik dimana subjek utama harus memiliki pencahayaan terbaik dan menarik perhatian. Jika pencahayaan dalam foto kurang pas, solusi mengatasinya adalah dengan menggunakan fitur Adjustment di Photoshop.

Caranya hampir mirip dengan cara crop foto, yaitu: setelah foto dibuka, klik Image > Adjustment > pilihlah opsi berikut ini.

  • Exposure.
  • Levels.
  • Shadow or Highlights.
  • HDR Toning.

Anda bisa menyesuaikan pengaturannya sesuai kebutuhan, tapi sebaiknya jangan terlalu rendah atau tinggi agar hasilnya tetap terlihat alami dan proporsional.

Atur Ulang Warna

Warna adalah hal yang tidak kalah penting selain cahaya. Langkahnya sama seperti mengatur cahaya, perbedaannya nantinya color balance-nya diatur.

  • Buka foto yang dinginkan menggunakan aplikasi Photoshop.
  • Lalu pilih Image > Adjustment> kemudian pilih Color Balance.
  • Kemudian setting Color Balance, sesuaikan dengan kebutuhan.

Blending Mode

Salah satu fungsi Blending Mode adalah memungkinkan pengguna mengatur atau mengedit presets edit secara otomatis. Blending mode digunakan untuk menggabungkan foto. Anda bisa memilih beberapa opsi seperti: Screen, Overlay, Darken, Soft and Hard Light, atau Multiply.

Cara memakai fitur Blending Mode adalah sebagai berikut.

  • Setelah foto dibuka, klik Layer> Layer Style> Options.
  • Kemudian pilih opsi blending.
  • Setelah selesai klik “Ok”.

Jika layer tidak bisa dibuka, coba klik Layer> Layer Style> Duplikat.

Menambahkan Background Tulisan

Orang-orang biasanya senang menambahkan teks pada background dipakai untuk gaya seperti: komik atau foto dengan tambahan quotes. Penasaran cara membuatnya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Untuk memilih tools Marquee, klik huruf “M”.
  • Selanjutnya kita perlu memilih foto yang akan digunakan.
  • Lalu klik Image> Adjustment> Brightness, atur menjadi lebih gelap.

Nah kemudian beri teks sesuai keinginan/kebutuhan Anda. Bisa klik logo “Text” pada menu tools di bagian kiri, lalu sesuaikan font dan ukurannya.

Tips Edit Foto

Beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat edit foto menggunakan aplikasi Photoshop.

Pencahayaan Cukup

Editing foto akan membuat hasil foto kita menjadi lebih baik. Memastikan foto yang diambil sudah memiliki komposisi dan cahaya yang cukup dan seimbang juga merupakan hal penting. Jangan karena ada edit foto akhirnya sembarangan memotret. Sebaiknya prioritaskan cahaya natural, misalnya dari cahaya matahari daripada cahaya buatan. Pencahayaan alami menambah keindahan objek di dalam foto. Kualitas berkas asli atau hasil foto sangat menentukan potensi kita dalam mendapatkan hasil edit foto yang bagus.

Hindari Edit Berlebihan

Proses editing jika berlebihan (over edit) bisa memudarkan kealamian foto atau mengubah objek. Warna pada foto akan berubah menjadi buruk atau tidak lagi sesuai dengan kenyataan. Melakukan perubahan warna pada foto termasuk hal yang artistik, namun bila berlebihan tidak akan sedap dipandang.

Anda bisa memanfaatkan basic tools, seperti: shadows, contrast, highlights dan warm. Walaupun ini merupakan fitur dasar jika menggunakannya terlalu berlebihan, misalnya: kontras yang over edit bisa malah mengakibatkan foto tidak sedap dipandang. Seimbangkan antara satu aspek dengan aspek lain di pengaturan dasar.

Editing bagi para pekerja fotografi profesional adalah skill yang sangat penting. Editing tidak sekedar pekerjaan mempercantik atau memperbaiki foto namun juga tentang memperkuat hal-hal yang ada di dalam foto. Berlatih adalah hal yang terpenting dalam mendapatkan hasil edit foto yang bagus. Editing foto adalah sebuah proses seni yang membutuhkan pengalaman dan imajinasi kita agar hasilnya maksimal.

Mendapatkan Hasil Edit Foto yang Bagus di Shaniba Creative Industry

Adobe Photoshop dan teknik editing adalah hal yang sangat menyenangkan untuk dipelajari. Proses belajar adalah hal yang menyenangkan, namun untuk mendapatkan hasil terbaik, proses ini tidak bisa berjalan dengan mudah. Kebutuhan editing akan semakin tinggi kedepannya terutama untuk kebutuhan bisnis atau perusahaan yang kini perlu bergerak di era digital. Mempelajari proses editing akan memakan waktu, mempekerjakan personel khusus untuk kebutuhan fotografi perusahaan juga terkadang terasa berat karena perusahaan masih harus mengorbankan anggaran untuk urusan lain yang lebih penting.

Bagi Anda yang bergerak di dunia bisnis atau berwirausaha, penjualan adalah hal yang terpenting sehingga tidak mungkin lagi untuk merangkap kebutuhan fotografi perusahaan yang akan menghabiskan banyak sekali waktu. Bila situasinya seperti ini, menggunakan jasa fotografi profesional adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan hasil edit foto yang bagus. Ada banyak pilihan studio foto yang bagus di luar sana namun salah satu yang cukup direkomendasikan adalah Shaniba Creative Industry. Studio foto satu ini adalah partner yang tepat untuk perusahaan karena fokus melayani kebutuhan komersial seperti jasa foto produk, jasa editing foto, dan jasa pembuatan foto CV atau portrait profesional.

Mau tau lebih lanjut tentang Shaniba Creative Industry, silahkan kunjungi laman utama websitenya di shanibacreative.com atau bisa menghubungi langsung bagian customer service di nomor Whatsapp 081 911 911 999 atau melalui Telegram di 081 911 911 999 / shanibacreative. Demikian tips mendapatkan hasil edit foto yang bagus serta cara edit foto menggunakan aplikasi Photoshop bagi pemula. Masih banyak teknik edit lainnya di Photoshop yang bisa Anda pelajari. Bagi pembaca yang ingin memberikan tips, informasi seputar cara/ciri edit foto  yang bagus di kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.