Harga Jasa Foto Produk - Shaniba Creative Industry

Harga Jasa Foto Produk & Tips Memilih Studio Foto Terbaik

Harga Jasa Foto Produk - Shaniba Creative Industry

Harga Jasa Foto Produk – Gambar oleh magicake dari Pixabay

Usaha online menjadi salah satu teknik yang banyak digunakan oleh kebanyakan penjual di Indonesia maupun di luar negeri di era saat ini. Berjualan secara online ini memungkinkan produk kita menjadi lebih mudah dikenal oleh banyak orang baik di Indonesia sendiri atau bisa juga oleh warga mancanegara dan sebaliknya. Untuk memasarkan barang online ini membutuhkan suatu media untuk mereka yang ingin mengetahui produk yang Anda jual yaitu berupa foto atau video. Maka dari itu, Anda memerlukan jasa foto produk. Namun banyak yang masih bingung dalam memilih studio foto terbaik dan standar harga jasa foto produk untuk kebutuhan promosi perusahaan.

Harga dari satu pemilik jasa dan jasa lainnya ini biasanya berbeda sehingga Anda harus banyak membandingkan. Biasanya harga dari jasa foto tersebut ditentukan oleh beberapa variabel biaya ini :

Lokasi Pengambilan Foto

Untuk menyewa jasa foto produk yang biasanya digunakan untuk foto katalog, harga yang akan ditetapkan juga bisa dengan menyesuaikan tempat yang akan digunakan untuk melakukan sesi pemotretan. Jasa fotografi ini biasanya memperhitungkan tempat yang akan digunakan apakah di tempat sang customer mereka atau mau datang ke studio foto yang sudah mereka miliki sebelumnya dengan setting yang sudah disesuaikan terlebih dahulu.

Biasanya jika harus datang ke tempat pelanggan, mereka akan menambah tarif untuk jasa fotografi ini. Hal ini dikarenakan perjalanan yang juga memerlukan biaya apalagi tempatnya yang jauh, selain itu set fotografi yang banyak yang tidak bisa diangkut dengan kendaraan kecil sehingga harganya akan lebih mahal. Beberapa studio foto mungkin memiliki fasilitas editing foto unik yang memungkinkan foto produk Anda di foto di lokasi menggunakan latar belakang polos namun hasil akhirnya akan memiliki latar belakang custom sesuai dengan keinginan Anda.

Durasi dan Kuantitas Foto

Jasa foto produk ini kurang lebih juga mirip dengan jasa edit foto wedding yang biasanya menghitung berapa kali pengambilan foto dan juga berapa lama sesi foto tersebut akan dilaksanakan. Beberapa studio foto seperti Shaniba Creative Industry menerapkan sistem harga satuan untuk mempermudah Anda menghitung biaya sesuai dengan kebutuhan. Studio foto dengan harga foto satuan biasanya menerapkan sistem diskon bila Anda memesan foto dalam jumlah tertentu. Anda tidak perlu khawatir biasanya mereka juga memiliki katalog yang menjadi referensi Anda,

Durasi standar sesi pemotretan foto produk di lokasi Anda biasanya berkisar 2-3 jam dan selanjutnya akan dikenai biaya. Terkecuali bila Anda mengirimkan sampel produk dan sesi foto dilakukan di studio foto maka biaya yang dikenakan akan lebih rendah dan biasanya tidak akan ada biaya tambahan untuk durasi sesi foto. Harga jasa foto produk yang perlu Anda bayar akan lebih efisien. Studio foto komersial Shaniba Creative Industry juga memiliki sistem perhitungan harga jasa foto produk seperti ini untuk mempermudah Anda.

Ukuran Produk Anda 

Harga jasa foto produk juga akan tergantung oleh besar kecilnya produk yang akan difoto. Biasanya Jasa foto baju online shop akan lebih mahal karena ukurannya yang besar dan haru menggunakan model. Biasanya jasa foto pakaian ini juga banyak terdapat di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan lain-lainnya. Studio foto produk normalnya juga menyediakan jasa edit foto untuk online shop sehingga tidak heran jika hasil fotonya tampak sangat maksimal.

Foto produk kecil dapat dilakukan di studio foto sehingga membuat harga jasa foto produk yang dikenakan menjadi lebih murah. Tapi bisa juga dilakukan di lokasi Anda dengan tambahan biaya. Untuk produk berukuran besar normalnya dilakukan di lokasi Anda untuk mempermudah proses transportasi karena mengirimkan produk besar ke studio akan beresiko merusak produk. Produk ukuran besar juga membutuhkan peralatan lighting khusus sehingga harga jasa foto produk untuk produk besar sudah tentu lebih tinggi.

Di studio foto seperti Shaniba Creative Industry yang juga melayani foto produk berukuran besar, sesi foto akan dilakukan di lokasi Anda. Anda akan menghemat biaya pengiriman produk namun akan dikenai biaya transportasi. Pada dasarnya harga jasa foto produk yang dikenakan untuk Anda tetap sama hanya saja tidak ada resiko kerusakan barang.

Peralatan Fotografi yang Digunakan

Peralatan fotografi bukanlah barang yang murah. Namun semakin mahal harganya akan semakin bagus hasil fotonya. Hasil foto dengan kamera APSC biasa seharga Rp 8.000.000 sudah tentu sangat berbeda dengan foto dengan kamera Full Frame seharga Rp 30.000.000 atau bahkan kamera medium format dengan harga diatas Rp 100.000.000. Anda boleh menanyakan terlebih dahulu mengenai peralatan yang digunakan oleh studio foto yang akan Anda gunakan jasanya untuk memastikan. Biasanya jika semakin kompleks alat yang akan digunakan maka harga jasa foto produk juga akan semakin mahal. Penggunaan peralatan adalah variabel utama yang mempengaruhi harga jasa foto produk, jadi jangan terlalu kaget mengapa studio X menawarkan harga yang sangat rendah dan studio Y sangatlah mahal.

Harga jasa foto produk yang menggunakan peralatan standar biasanya berkisar antara Rp 25.000 – Rp 35.000 per foto untuk produk ukuran kecil. Untuk kamera yang lebih berkualitas biasanya bisa mencapai Rp 100.000 per fotonya. Dan untuk kualitas atas biasanya mencapai jutaan per fotonya. Shaniba Creative Industry adalah contoh salah satu studio foto komersial yang menggunakan kamera full frame berkualitas tinggi untuk sesi fotonya.

Pilihan Model

Foto produk online shop akan tampak bagus bila menggunakan model sebagai objek pemotretan. Model bisa disiapkan oleh pemilik jasa studio foto atau juga bisa juga dengan menggunakan model pelanggan. Nah, variabel ini juga akan mempengaruhi harga jasa foto produk yang akan dikenakan pada Anda.

Fee model pun berbeda-beda, semakin tinggi jam terbangnya sudah tentu akan semakin baik saat tampil dalam frame. Pose dan penampilan model sangat mempengaruhi kualitas foto Anda, oleh karena itu jangan sembarangan memilih model untuk foto produk Anda. Anda dapat mengonsultasikan hal ini kepada fotografer atau studio foto Anda dan mengomunikasikan kebutuhan model seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, terutama budget. Ya semakin baik kualitas model, sudah tentu fee-nya akan lebih tinggi. Dan model yang memiliki banyak penggemar akan lebih meningkatkan brand-awareness untuk produk Anda.

Brand dan Kualitas Studio Foto

Brand adalah faktor utama yang mempengaruhi harga jasa foto produk. Semakin terkenal brand dari studio foto tersebut maka akan semakin mahal harganya. Akan tetapi dengan menggunakan brand yang ternama dan terkenal bagus di kalangan masyarakat juga akan mempengaruhi kualitas yang akan dihasilkan.Hal ini dikarenakan brand ternama sudah tentu memiliki banyak pelanggan dan pengalaman di bidangnya. Harga jasa yang bisa dibilang tinggi juga dapat berarti studio foto tersebut telah menggunakan personel yang hebat dan berkualitas.

Namun banyak juga studio foto lainnya yang mungkin belum dikenal secara nasional namun memiliki kualitas serta harga jasa foto produk yang jauh dibawah brand terkenal. Jadi, jika Anda cukup sabar dalam mencari pilihan studio foto komersial, Anda bisa saja mendapatkan studio foto berkualitas dengan harga yang ekonomis. Ekonomis yang dimaksud artinya bukanlah murah, tapi menghasilkan kualitas terbaik dengan harga yang lebih rendah.

Banyak Sedikitnya Proses Editing yang Akan Digunakan

Harga jasa foto produk juga amat ditentukan oleh proses editingnya. Semakin lihai dalam proses editingnya maka hasilnya akan semakin bagus dan akan membuat marketing Anda berjalan sangat lancar.

Normalnya setiap layanan foto produk sudah dilengkapi dengan editing standar untuk membersihkan kotoran dan memperbaiki warna foto produk Anda. Untuk studio tertentu seperti Shaniba Creative Industry, layanan editing dilakukan secara mendetail sehingga tidak ada cacat pada foto produk Anda. Editing mendetail akan menghilangkan debu, baret, meluruskan sisi produk Anda, menambal bagian rusak, dan lain sebagainya dalam satu harga foto. Lebih lengkap namun harga jasa foto produk mungkin akan sedikit lebih tinggi.

Shaniba Creative Industry

Saat membaca artikel ini beberapa kali disebutkan nama Shaniba Creative Industry. Siapakah itu? Shaniba Creative Industry adalah studio foto komersial yang beroperasi di Kota Yogyakara yang memiliki tiga layanan utama yakni jasa layanan foto produk, jasa foto profil portrait, serta jasa edit foto dan high end retouching. Walaupun beralamat di Yogyakarta, studio foto satu ini juga melayani kebutuhan fotografi komersial untuk bisnis ataupun profesional yang beroperasi kota-kota lainnya. Untuk Anda yang beroperasi di luar kota biasanya sampel produk akan dikirim ke studio dan akan dikembalikan setelah sesi foto selesai.

Harga jasa foto produk yang ditawarkan juga tergolong ekonomis untuk fasilitas yang diberikan. Penggunaan kamera full frame, lighting profesional, serta layanan editing mendetail telah menjadi satu paket dari setiap frame yang Anda pesan. Akan ada diskon hingga 50% bila Anda memesan banyak frame sekaligus sehingga sangat cocok bila Anda menjalin kerjasama dengan Shaniba Creative Industry.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga jasa foto produk di Shaniba Creative Industry, silahkan kunjungi laman web officialnya di shanibacreative.com.

Sekian artikel mengenai tips memilih studio foto produk atau komersial ini, semoga Anda menemukan pilihan serta harga jasa foto produk terbaik untuk bisnis Anda. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *