Foto Produk Berkualitas untuk Website - Shaniba Creative Industry

Foto Produk Berkualitas adalah Modal Utama Kesuksesan Bisnis Online

Teguh Shaniba Bisnis, Fotografi Tinggalkan Komentar

Foto Produk Berkualitas untuk Website - Shaniba Creative Industry

Foto Produk Berkualitas untuk Website – Photo by Igor Miske on Unsplash

Mengapa sebuah foto produk berkulalitas menjadi hal yang begitu penting bagi pemilik website ataupun bisnis online? Tentunya foto ini adalah konten visual yang akan mempresentasikan produk Anda kepada semua orang yang mengaksesnya. Sederhananya foto ini menjadi citra bisnis Anda. Bayangkan saja jika citra tersebut tidak menarik apalagi terlihat kurang kredibel? Sudah terbayang resiko apa saja yang akan Anda terima?

Seberapa Penting Foto Produk yang Bagus Bagi Sebuah Website?

Apakah Anda masih juga bertanya – tanya mengapa sebuah foto menjadi aset yang begitu penting bagi pemilik website? Jika demikian, Anda mungkin bisa mencermati study kasus berikut ini.

Misalkan Anda adalah pemilik website A yang menyediakan beragam informasi seputar tips kesehatan. Anda tentunya mengharapkan banyak pengunjung yang datang ke laman Anda bukan? Tidak hanya itu, Anda pastinya juga berharap bahwa pengunjung bisa membaca dengan khidmat dan berlama – lama di laman Anda ya? Tanpa gambar atau konten visual yang menarik, dijamin pengunjung akan mudah sekali bosan dan bergegas menutup tab. Hal ini juga akan terjadi pada website atau marketplace bisnis Anda. Yang semua orang inginkan adalah calon pelanggan akan nyaman dan bahkan tertarik dengan apa yang ditampilkan pada website agar bisa menyingkat proses penjualan. Bila website Anda tidak memiliki foto produk berkualitas atau bahkan berisi foto yang tidak bagus, hal terburuk yang mungkin bisa terjadi adalah calon pelanggan akan salah menilai perusahaan dari kesan pertamanya mengunjungi website perusahaan.

Mata manusia memang lebih tertarik dengan gambar dibandingkan tulisan. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda memanjakan setiap pengunjung dengan konten visual yang unik dan menarik. Website bisnis yang memajang foto produk yang bagus akan lebih mudah memperoleh keyakinan calon pelanggannya. Pengunjung nyaman, Anda pun bisa mendapatkan keuntungan, bukan?

Seberapa Pentingkah Foto Produk Yang Bagus Itu Bagi Pemilik Bisnis Online?

Pada dasarnya, sebuah foto untuk pemilik website maupun bisnis online mempunyai nilai yang sama pentingnya. Bayangkan saja, bisnis online ini berjalan dengan apa yang bisa ditampilkan di dunia maya. Calon pembeli pastinya akan melihat foto produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk benar – benar membeli. Anda pasti faham, gambar yang kurang menarik tidak akan menghasilkan penjualan yang tinggi, bukan?

Tidak sekedar menarik saja, gambar atau foto produk juga harus terlihat kredibel. Ini adalah syarat utama foto bisa disebut foto produk berkualitas. Tampilkan bahwa produk Anda memang berkualitas dan meyakinkan untuk dibeli. Hal lain yang harus Anda pastikan terkait foto produk yakni terkait kualitas gambarnya. Pastikan gambar mempunyai resolusi tinggi sehingga tidak blur atau pecah ketika dilihat.

Tips Mengambil Foto Yang Bagus Untuk Pemilik Website Dan Bisnis Online

Anda masih kurang yakin betapa pentingnya sebuah foto bagi kelangsungan bisnis Anda? Menurut laporan IRCE, disebutkan bahwa 75% calon pembeli akan menjadikan foto produk sebagai pertimbangan utama ketika mengunjungi etalase toko online. Foto jelas merupakan aset berharga bagi bisnis Anda, bukan?

Nah berikut ini kami bantu Anda mengambil foto produk berkualitas dengan cara yang mudah. Untuk Anda yang pemula sekalipun tidak ada salahnya mencoba beberapa tips di bawah ini.

#1 Sempurnakan Lighting (Pencahayaan) Ketika Memotret

Untuk membuat produk benar – benar terlihat jelas dan detail tentunya Anda membutuhkan pencahayaan yang sesuai. Tidak kurang apalagi berlebihan, keduanya tentu akan membuat hasil jepretan Anda tidak bagus. Pencahayaan ini bisa disesuaikan dengan jenis produk dan background yang akan dipilih. Tentunya berbeda teknis pengambilan gambar untuk produk kuliner dan fashion, bukan? Itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkan intensitas cahaya yang dibutuhkan.

#2 Buat Keunggulan Produk Terlihat Menonjol

Setiap produk tentunya mempunyai kelebihan yang layak ditampilkan, bukan? Anda bisa memfokuskan memotret bagian yang menjadi kelebihan produk ini. Kemas tampilannya menjadi lebih dan unik. Untuk Anda yang masih buntu ide, cobalah sesekali mencari inspirasi foto melalui Sticknap ataupun Pinterest. Dalam website tersebut Anda bisa mencari beragam inspirasi tentang beragam jenis foto produk yang bagus.

#3 Pertajam Konteks Foto Produk Anda

Mengapa konteks ini penting? Bukankah foto produk sebaiknya diambil fokus hanya pada produknya saja supaya tampilannya lebih detail dan jelas? Misalkan produk yang Anda foto adalah tas wanita. Mengambil foto tas saja dirasa kurang menarik, itulah mengapa Anda juga perlu menambahkan foto wanita sedang menggunakan tas tersebut.

Konteks disini memudahkan calon pembeli mendapatkan gambaran penggunaan produk yang lebih jelas. Tips ini dipercaya bisa meningkatkan conversion rate oleh banyak pelaku bisnis. Anda tentu tertarik menerapkannya juga, bukan?  

#4 Sempurnakan Foto Dengan Proses Editing

Edit foto bukanlah sesuatu yang ilegal karena dianggap memanipulasi. Proses editing ini bertujuan membuat sebuah foto mempunyai tampilan visual yang lebih indah. Anda tidak perlu mengedit secara keseluruhan hingga merubah bentuk asli produk yang dipasarkan.

Proses editing ini biasanya bermain pada kontras warna dan membersihkan noda supaya terlihat lebih sempurna. Untuk memudahkan proses edit, Anda bisa mengambil foto dengan format RAW yang mempunyai tingkat fleksibilitas lebih baik saat editing nantinya. Editing memang merupakan teknik tersendiri dalam ilmu fotografi .Hanya saja dengan menguasainya, Anda bisa lebih mudah dalam memperoleh foto produk yang bagus.

#5 Buat Rencana Setelan Foto

Bukan lagi mengambil foto secara asal, Anda sebaiknya menyiapkan diagram untuk mengatur rencana setelan foto yang akan digunakan. Mulai dari menghitung jarak lighting dengan produk dan kamera kemudian mengatur tingkat pencahayaan yang paling sesuai. Dengan begitu mudah bagi Anda mengambil foto produk dari setiap sudut dengan detail yang jelas. Jika masuk sesi pemotretan, namun hasilnya belum sesuai harapan, Anda tidak perlu ragu untuk melakukan setting ulang sesuai kebutuhan ya?

#6 Gunakan Peralatan Fotografi Sesuai Kebutuhan

Apakah untuk menghasilkan foto produk berkualitas harus menggunakan kamera DSLR? Sebenarnya asalkan mengetahui teknik yang tepat, kamera smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk foto produk. Terlebih saat ini banyak juga smartphone yang dibekali dengan kamera super canggih.

Yang perlu dicatat, entah menggunakan kamera DSLR ataupun smartphone, pastikan Anda mengetahui teknik penggunaan keduanya supaya tetap mendapat foto yang bagus. Dan sebagai informasi tambahan, kamera profesional DSLR sejauh ini masih menjadi prioritas bagi jasa foto produk yang berkualitas. Bisa disimpulkan tentunya kualitasnya lebih bagus daripada kamera smartphone ya? Namun kembali lagi pada kebutuhan foto produk ala Anda.

Tips Memilih Foto Yang Bagus Untuk Website Atau Bisnis Online Di Internet

Memang untuk menyajikan sebuah foto yang profesional butuh waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Yang lebih penting lagi yakni kompetensi atau skill memotret yang memadai. Jangan sampai mengambil foto secara asal karena kualitas yang dihasilkan pun tentunya tidak akan bagus. Cara paling praktis yang bisa Anda lakukan jika membutuhkan foto produk berkualitas namun Anda tidak mempunyai skill memotret yakni mengakses beragam foto melalui internet. Pastikan laman dimana Anda mengakses dan mengunduh gambar tidak melanggar kode etik hak cipta ya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mencari gambar atau foto di internet. Kenali jenis gambar yang nantinya akan menghasilkan dampak baik untuk bisnis Anda. Berikut ini beberapa tips memilih foto yang bagus untuk website dan bisnis online yang bisa Anda praktikkan.

  1. Pastikan foto yang dipilih berkualitas dan mempunyai resolusi yang bagus.
  2. Memilih gambar atau foto yang merepresentasikan brand Anda.
  3. Utamakan memilih foto yang actionable, artinya membuat customer segera mengambil tindakan.
  4. Gunakan foto asli (real people) dibandingkan gambar kartun.
  5. Pilih foto yang unik dan menarik.

Ada banyak sekali situs penyedia foto produk yang bagus. Anda bisa mengeditnya sesuai dengan kebutuhan. Beberapa situs yang sering menjadi rujukan dan populer seperti Pixabay, Stokpic, MMT Stock, dan banyak lainnya. Jadi bagaimana, Anda lebih suka memotret produk sendiri atau mengunduh gambar di internet lalu mengeditnya? Kedua hal tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri ya?

Menggunakan Jasa Fotografer atau Studio Foto Komersial

Membuat foto sendiri memang menyenangkan, namun Anda memang perlu menginvestasikan waktu dan modal yang tidak sedikit. Hal ini sering kali justru melah menghambat kinerja perusahaan terutama bila kita termasuk bisnis kecil menengah. Niatnya ingin hemat, namun justru malah banyak waktu dan tenaga yang terbuang dan kita menjadi kekurangan waktu dalam mengerjakan hal lain yang tak kalah penting. Bila Anda merasa peralatan fotografi Anda kurang mumpuni untuk membuat foto produk berkualitas, tidak ada waktu, atau kurangnya skill editing, solusi terbaik adalah menggunakan jasa studio foto komersial.

Menggunakan jasa studio foto komersial akan sangat membantu Anda dalam membuat foto produk berkualitas. Anda memang perlu mengeluarkan sedikit modal untuk hal ini hanya saja tetap akan lebih hemat karena modal untuk membeli kamera dan peralatan lighting sudah tentu lebih mahal. Yang pasti, Anda akan merasa lebih tenang dan kualitas foto yang akan diperoleh akan lebih terjamin.

Shaniba Creative Industry Dapat Membantu Anda Membuat Foto Produk Berkualitas

Ada banyak pilihan studio foto komersial yang bisa membantu Anda dalam membuat foto produk yang bagus salah satunya adalah Shaniba Creative Industry. Studio foto komersial ini melayani beragam kebutuhan fotografi yang terkait dengan urusan bisnis seperti layanan jasa foto produk, foto profil profesional, dan layanan editing serta high end retouching.

Shaniba Creative Industry beralamat di kota Yogyakarta, untuk Anda yang berlokasi di luar kota Yogyakarta tidak perlu khawatir. Cukup kirimkan produk Anda ke alamat studio dan Anda dapat mereview foto Anda secara online melalui galeri foto khusus. Produk akan dikembalikan pada Anda setelah sesi foto selesai.

Kelebihan dari Shaniba Creative Industry terletak pada sistem harga layanannya yang unik dan peratalannya yang sangat profesional. Anda juga bisa memilih beragam konsep foto produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Shaniba Creative Inudstry, cukup kunjungi laman website resminya di https://shanibacreative.com atau langsung hubungi nomor Whatsapp customer service di 081 911 911 999.

Website atau laman depan toko online Anda ibarat front office untuk calon pelanggan. Foto produk berkualitas adalah hal wajib  yang harus Anda miliki. Jadi, jangan sampai calon pelanggan meninggalkan toko online kita hanya karena kualitas foto yang kita pajang justru memperburuk citra perusahaan. Ada banyak solusi yang bisa kita pilih kok.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.