Membuat Foto Profil yang Bagus - Shaniba Creative Industry

Bagaimana Cara Membuat Foto Profil yang Bagus?

Membuat Foto Profil yang Bagus - Shaniba Creative Industry

Membuat Foto Profil yang Bagus – Foto oleh Evan Dvorkin dari Unsplash

Foto portrait atau foto profil diperlukan oleh hampir semua orang. Ini tak hanya digunakan untuk identitas diri saja, foto portrait banyak digunakan untuk kepentingan pribadi dan bisnis. Ini bisa dipajang di dalam rumah atau kantor atau ditempatkan di media promosi. Meskipun terkesan sederhana, namun foto portrait memiliki efek dan nilai tertentu bagi orang yang ada di dalam foto tersebut. Hanya saja pertanyaan utamanya adalah bagaimanakah cara membuat foto profil yang bagus agar hasilnya maksimal?

Kenali Pengertian Foto Portrait

Fotografi portrait atau foto profil merupakan jenis fotografi untuk satu orang atau sekelompok orang yang dapat menangkap kepribadian dari subjek dengan menggunakan pencahayaan, backdrop, dan pose yang efektif. Sebuah foto portrait bisa tampak artistik atau mungkin klinis sebagai bagian dari studi medis. Jadi, cara membuat foto profil yang bagus tidak sekedar melakukan foto selfie atau memotret seseorang secara acak.

Penggunaan Foto Profil atau Portrait

Umumnya jenis foto yang satu ini ditujukan untuk acara-acara khusus, seperti pendidikan, pernikahan, atau acara perusahaan. Potret ini bisa digunakan untuk berbagai hal mulai ditaruh di lobi kantor sampai diunggah di situs web pribadi. Sesuai dengan pengertiannya, foto profil akan bercerita pada orang lain yang melihatnya tentang kepribadian Anda. Oleh karena itu orang yang memahami hal ini sudah tentu ingin agar foto profilnya menceritakan hal yang baik dan bukan sebaliknya. Bila Anda juga sangat peduli akan hal ini, memahami cara membuat foto profil yang bagus adalah hal yang penting untuk Anda.

Variasi Teknik dan Tema untuk Membuat Foto Profil yang Bagus

Ada banyak teknik berbeda yang digunakan untuk fotografi portrait. Namun umumnya ditujukan untuk menangkap mata dan subjek dengan fokus dan tajam. Ini perlu fokus pada sosok seseorang bukan latar belakangnya atau pun benda. Tak hanya mencakup wajah, menampilkan diri seseorang secara lebih luas seperti tangan dan bagian tubuh lainnya juga termasuk cara membuat foto profil yang bagus.

Foto portrait sendiri ada berbagai jenis misalnya portrait tradisional. Portrait jenis ini berupa subjek yang menghadap ke depan atau ke kemara. Ini umumnya difoto di dalam studi dengan latar belakang netral. Ada juga jenis tipe yang lain seperti kelompok, formal, lifestyle, candid, surreal, dan abstrak.

Foto portrait kelompok misalnya terdiri dari beberapa orang yang saling berkaitan misalnya satu keluarga atau satu perusahaan. Foto ini bisa digunakan untuk kepentingan pribadi, dokumentasi, atau untuk promosi bisnis. Baik foto kelompok atau foto tradisional bisa berupa foto formal yang orang-orangnya diatur sedemikian rupa sehingga tampil rapi dengan pakaian yang juga formal seperti kemeja dan jas. Konsep formal selalu bisa diterima oleh siapapun karena memang berlaku secara umum, oleh karena itu menggunakan konsep formal adalah salah satu cara membuat foto profil yang bagus yang termudah.

Keuntungan Menggunakan Fotografi Portrait Untuk Bisnis

Bagi Anda yang pengusaha, foto portrait menjadi cukup penting dalam masalah bisnis. Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri saat ingin mengenalkan sosok-sosok yang menjalankan bisnis tersebut. Foto yang meyakinkan dan berkualitas akan menguntungkan karena menunjukkan keseriusan. Secara umum, berikut ini beberapa keuntungan menggunakan fotografi portrait untuk bisnis:

Menciptakan Kepercayaan

Saat bekerja dengan orang lain, selain hasil karyanya maka tak bisa dipungkiri sosok orang tersebut menjadi penting untuk diketahui. Orang cenderung ingin mengetahui dengan siapa mereka berbisnis. Orang-orang akan merasa lebih nyaman saat ada foto wajah beserta dengan namanya dan fotografi portrait dapat membantu hal tersebut.

Membuat foto profil yang bagus adalah hal yang sangat penting jika sudah berurusan dengan bidang profesional. Menampilkan foto profil diri atau staf pada website perusahaan bisa mengenalkan lebih dekat perusahaan dengan pelanggan. Ini bisa menimbulkan kepercayaan karena bisnis tersebut menampilkan foto orang bukan hanya sekadar kata-kata.

Menunjukkan Komitmen

Menempatkan wajah di dalam website atau brosur untuk promosi dapat memberikan kesan bahwa pelaku bisnis berkomitmen. Sosok pelaku bisnis tersebut menunjukkan bahwa mereka percaya pada bisnis yang dijalankan dan bertanggung jawab pada merek bisnis tersebut. Orang-orang bisa merasa terjamin, karena jika nanti ada masalah maka ada sosok yang nantinya bisa dimintai pertanggungjawaban. Anonimitas tanpa menampilkan foto malah membuat orang lain curiga bahwa sosok tersebut tidak sungguh-sungguh dan takut menampilkan identitasnya.

Menunjukkan Personal

Berbeda dengan foto biasa, foto profil menampilkan diri seseorang untuk menunjukkan siapa dirinya. Ini berbeda dengan foto beberapa karyawan duduk mengelilingi meja dengan dokumen. Foto-foto tersebut mudah didapatkan di stok foto yang ada di internet. Sedangkan untuk foto portrait, maka fokus pada sosok orang baik itu karyawan atau pimpinannya. Ini perlu dipersiapkan khusus untuk mengenalkan orang di balik usaha tersebut. Foto ini perlu autentik, misalnya untuk foto manajer maka harus manajer itulah yang ditampilkan. Membuat foto profil yang bagus untuk manajemen perusahaan akan membantu pihak lain mengenal lebih jauh  tentang personalia perusahaan kita.

Menampilkan Manusia Yang Baik Untuk Public Relationship

Foto portrait menampilkan sosok manusia dan ini baik untuk menjalin hubungan dengan publik. Tak jarang beberapa perusahaan mencoba untuk faceless tanpa menampilkan sosok pimpinan atau karyawan mereka. Ini kurang baik dalam menjalin hubungan dengan para konsumen. Menampilkan dan membuat foto profil yang bagus untuk manajemen menunjukkan bahwa bisnis tersebut dijalankan oleh manusia sungguhan yang bisa dipercaya.

Tips Fotografi Portrait

Foto portrait untuk perusahaan sebaiknya menggunakan jasa studio foto profesional. Ini untuk menjamin tentang kualitas dari foto tersebut apalagi jika ditujukan untuk kepentingan bisnis. Namun tak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana seharusnya foto profil yang baik itu. Ini bisa memberikan masukan dengan melihat hasil dari studio foto apakah sudah sesuai atau tidak. Bagi Anda yang pemula atau yang ingin mempelajari mengenai fotografi jenis ini berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Headroom

Perhatikan headroom saat memotret untuk foto wajah. Headroom merupakan ruang antara bagian atas kepala subjek dan bagian tepian frame. Pastikan tidak ada banyak ruang kosong atau headroom dalam foto tersebut. Terlalu banyak ruang kosong di bagian atas kepala subjek akan mengurangi fokus kita pada subjek itu sendiri. Dalam membuat foto profil yang bagus, hal ini termasuk prinsip yang cukup penting.

Memilih Latar Belakang Yang Tepat

Pada fotografi jenis ini, latar belakang sama pentingnya dengan subjek. Latar belakang yang ramai bisa membuat perhatian tidak terfokus pada orang dalam foto sehingga itu harus dihindari. Biasanya fotografi portrait menggunakan latar belakang yang netral sehingga tidak mendistraksi orang yang melihatnya. Teknik lainnya yaitu mengikutkan sebuah obyek dari background untuk menambahkan konteks, misalnya musisi di depan sebuah gitar atau nelayan di depan sebuah perahu.

Menyiapkan Subjek Atau Orang Untuk Dipotret

Kamera profesional memang bisa menunjang kualitas foto namun tanpa subjek yang siap maka hasilnya bisa menjadi buruk. Sebelum memotret, subjek harus siap, nyaman, rileks, dengan perasaan terbaik. Tak sedikit orang yang merasa kurang nyaman untuk difoto, maka tugas fotografer salah satunya yaitu bisa membuat orang tersebut tidak stress dan merasa senang.

Selain itu pose subjek juga perlu diatur. Berikan instruksi yang jelas saat akan memotret. Pose tersebut juga harus sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan dalam foto profil tersebut. Ya, foto profil akan menceritakan tentang subjeknya, oleh karena itu untuk membuat foto profil yang bagus sudah tentu kondisi subjek juga harus dalam keadaan terbaik kan.

Fokus Pada Mata

Foto profil akan tampak terbaik saat mata dalam fokus yang tajam. Mata yang terbuka dan menatap jelas ke depan bisa memberikan sensasi eye contact antara subjek dalam foto dan yang melihatnya. Jadi penting untuk memastikan bahwa potret tersebut menggambarkan sosok dengan sorot mata yang jelas. Ini dapat diatur pada saat pemotretan degan mengatur poin fokus secara hati-hati.

Penempatan Cahaya Yang Tepat

Foto portrait perlu terlihat terang dan jelas. Ada beberapa teknik pencahayaan yang dapat digunakan baik itu di dalam ruangan atau di luar ruangan. Teknik lighting yang bisa dilakukan misalnya highkey lighting, low key lighting, split lighting, dan butterfly lighting.

Menggunakan Jasa Studio Foto Profesional

Ada banyak pilihan studio foto profesional diluar sana yang dapat membantu kita dalam membuat foto profil yang bagus. Namun perlu kita pahami juga, foto profil bukanlah hal sepele sehingga Anda perlu lebih jeli dalam memilih studio, karena banyak studio foto yang menawarkan jasa foto profil dengan biaya rendah namun hasilnya tidak maksimal. Jika Anda benar-benar menginginkan foto profil yang benar-benar menceritakan profil Anda dengan baik maka Anda perlu mencari studio yang tepat dan normalnya biaya foto untuk foto portrait sudah tentu lebih tinggi daripada sesi foto biasa.

Salah satu studio foto yang menyediakan layanan foto profil yang cukup direkomendasikan adalah Shaniba Creative Industry. Studio foto ini sudah tentu dapat membantu Anda dalam membuat foto profil yang bagus. Anda dapat menentukan konsep Anda sendiri dan membuat foto profil yang dapat menceritakan tentang diri Anda dengan baik. Tidak hanya foto profil biasa, Anda juga bisa mendapatkan layanan foto pofil dengan konsep digital imaging untuk memberikan efek latar belakang yang khusus. Semua dapat Anda peroleh di Shaniba Creative Industry.

Tidak hanya layanan foto profil, bagi Anda para pengusaha tersedia juga layanan foto produk komersial untuk membuat foto berkualitas premium untuk kebutuhan pemasaran perusahaan. Layanan editing retouching foto juga tersedia jika Anda sudah membuat foto Anda sendiri namun ingin memaksimalkannya lagi dalam post-processing. Kunjungi laman web official Shaniba Creative Industry di shanibacreative.com untuk informasi lebih lanjut untuk layanan yang tersedia.

Mempelajari fotografi portrait bisa dilakukan siapa saja, namun perlu profesional yang berpengalaman jika ingin mendapatkan hasil yang lebih terjamin. Dari segi bisnis, foto portrait bisa ditampilkan ke berbagai media promosi. Foto profil sendiri merupakan bagian yang cukup penting dalam mengenalkan bisnis Anda kepada klien atau calon pelanggan.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *