Memilih Fotografer Berkualitas - Shaniba Creative Industry

Memilih Fotografer Berkualitas? Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Tipsnya!

Teguh Shaniba Bisnis, Fotografi Tinggalkan Komentar

Memilih Fotografer Berkualitas - Shaniba Creative Industry

Memilih Fotografer Berkualitas – Photo by Tycho Atsma on Unsplash

Sekarang ini banyak orang yang melabelkan dirinya sebagai fotografer profesional. Hal ini karena semakin mudah mendapatkan kamera dengan teknologi canggih dipasaran. Selain itu, banyak orang yang berandai-andai menjadi fotografer adalah hal yang mudah, cukup dengan memiliki kamera canggih. Pada kenyataannya tidak semudah itu, untuk menjadi fotografer berkualitas tidak hanya membutuhkan perlengkapan saja, tapi juga keahlian menggunakannya.

Pengalaman dan skill sang fotografer sangat menentukan hasil foto yang dapat dihasilkan. Bila kita ada di sisi konsumen atau klien, sudah tentu hasil foto terbaik adalah hal yang paling kita butuhkan. Apalagi untuk kebutuhan bisnis atau usaha sehingga kita perlu dengan teliti dalam memilih calon fotografer kepercayaan kita. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana caranya memilih fotografer berkualitas untuk kebutuhan fotografi kita.

Seorang fotografer profesional akan mulai bekerja jauh sebelum hari pemotretan berlangsung. Biasanya mereka akan survei langsung ke lokasi, membuat perencanaan pengambilan gambar, bertemu tim kreatif, seperti penata kostum, makeup dan berdiskusi dengan klien. Tidak hanya itu, sesudah proses pengambilan gambar selesai, fotografer melanjutkan proses kerja berikutnya yaitu: memilih foto yang akan digunakan lalu mengeditnya. Proses edit foto membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan membutuhkan software khusus yang mendukung proses edit.

Mengapa Menggunakan Jasa Fotografer Profesional? Bagaimana Memilih Fotografer Berkualitas?

Tentu siapapun tidak ingin dokumentasi momen berharga gagal, seperti pernikahan, ulang tahun, pertunangan dan acara penting lainnya. Agar hal ini tidak terjadi, maka kita perlu mengetahui tips memilih fotografer berkualitas. Yang lebih penting, ketahui terlebih dahulu alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan jasa fotografer berkualitas.

Berpengalaman Di Bidang Fotografi

Sebutan profesional tidak bisa diberikan ke sembarang orang, label tersebut diberikan untuk orang yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidangnya dan mengetahui apa saja yang biasanya akan menjadi masalah dan tahu cara penyelesaiannya. Selain itu, fotografer profesional mempelajari teknik foto secara mendalam, bekerja dengan serius dan cenderung mendalami situasi, tempat dan karakter untuk mengasah keahlian fotografi.

Kualitas Fotografer Profesional Tidak Diragukan

Seorang fotografer berkualitas memiliki peralatan foto yang akan dibutuhkan. Mereka menyadari pentingnya peralatan untuk mendukung pekerjaan agar menghasilkan foto dengan kualitas tinggi. Memang kemampuan antara fotografer tidaklah sama, walau sesama profesional sudah tentu ada yang mungkin sangat hebat dan ada juga yang kemampuannya biasa-biasa saja untuk jajaran kelas pro. Namun kita sebagai calon konsumen sudah tentu haruslah memikirkan sejak awal fotografer apa yang kita butuhkan. Bila kebutuhan kita adalah foto produk, maka jangan gunakan jasa fotografer wedding, sehebat apapun fotografer wedding itu sudah tentu kemampuannya tidak akan sama dengan fotografer komersial yang selalu berurusan dengan foto produk.

Mampu Mengarahkan Pose Untuk Mendapatkan Hasil Yang Tepat

Foto yang bagus tidak lepas dari gaya atau pose, namun tidak semua orang bisa berpose di depan kamera. Jika Anda menggunakan fotografer profesional, mereka akan membantu atau menyarankan Anda untuk bergerak atau berposes sesuai arahan untuk mendapatkan sudut yang sempurna. Kemampuan pose adalah salah satu variabel penting dalam memilih fotografer berkualitas, terutama bila layanan yang Anda butuhkan adalah layanan foto portrait seperti foto pribadi, bersama pasangan, keluarga, hingga wedding prewedding.

Tidak hanya itu, mereka akan memberikan yang terbaik dalam situasi apapun. Misalnya, Fotografer yang berkualitas akan pergi ke lokasi walaupun cuaca ekstrem atau di tempat/lokasi yang tidak biasa dan akan mengeluarkan kemampuannya secara maksimal untuk memberikan kepuasan klien dan hasil terbaik.

Khusus untuk fotografer produk atau komersial, kemampuan membuat komposisi atau peletakan produk yang baik adalah skill utama yang harus dimiliki. Produk adalah benda tidak bergerak yang tidak bisa melakukan pose secara natural. Foto produk memerlukan penataan khusus agar bisa tampak maksimal dan mampu membantu penjualan perusahan atau memaksimalkan aktifitas pemasaran serta iklan.

Memilih Fotografer Berkualitas Justru Lebih Hemat Biaya

Dengan menggunakan jasa layanan foto, Anda tidak perlu mengeluarkan puluhan bahkan ratusan juta untuk memiliki peralatan, seperti kamera, lensa, tripot, dan lighting. Karena fotografer profesional memiliknya sebagai fasilitas untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna. Bila kita bisa mendapatkan fotgrafer profesional yang sesuai dengan kualitas yang kita butuhkan, hal ini justru akan semakin menghemat biaya? Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan fotografer yang tepat normalnya akan memberikan foto dengan nilai yang mungkin lebih dari apa yang kita perlukan. Biaya foto bisa jadi lebih mahal namun value yang diberikan dari foto tersebut menjadi lebih baik.

Hasil Akhir Memuaskan

Banyaknya pengalaman dan konsisten berkarya menjadikan fotografer berkualitas paham mengenai sudut/angle dan pencahayaan yang baik. Mampu menyembunyikan kekurangan, ketidaksempurnaan dengan teknik memotret dan edit foto super sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan hasilnya.

Memiliki Peralatan Fotografi Lengkap

Dengan pengalaman terjun ke dunia fotografi dibarengi dengan ilmu tentu seorang fotografer akan memenuhi kebutuhan memotret dengan peralatan kerja yang lengkap. Peralatan yang memadai merupakan sarana untuk membuat karya foto yang estetik dan menawan. Setiap alat memiliki fungsinya masing-masing yang digunakan sesuai kebutuhan. Dengan peralatan yang lengkap, hasil foto akan lebih jernih, pencahayaan pas karena dilengkapi lighting yang memadai.

Tips Memillih Fotografer Berkualitas

Nah sesudah mengetahui alasannya, berikut ini tips mengetahui fotografer berkualitas yang perlu Anda ketahui.

Cek Portofolio Fotografer

Sebelum memilih fotografer berkualitas, minta terlebih dahulu portofolionya lalu pelajari. Dengan mengetahui portofolionya Anda bisa mengetahui apakah fotografernya memiliki selera yang sama dan perhatikan hasil, fokus serta sudut pengambilan gambar.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya menjadi fotografer profesional tentu bukan sekedar pengakuan. Julukan keprofesional diberikan karena mendapatkan pengakuan baik dari para konsumen maupun di dunia fotografer itu sendiri. Karena memiliki pengalaman yang banyak dan sudah mengerti apa saja masalah dalam fotografi.

Pelajari Hasil Fotonya

Anda bisa mengetahui hasil fotonya dari media sosial. Hampir semua vendor fotografi memiliki akun media sosial baik di Instagram atau Facebook. Anda bisa mencarinya dengan hashtag (#) untuk mempermudah penelusuran. Bandingkan vendor yang satu dengan yang lainnya, perhatikan bagaimana fotografer mengambil momen dan angle. Fotografer profesional juga normalnya akan memiliki websitenya sendiri-sendiri sehingga kita akan lebih mudah dalam memahami hasil karyanya. Mencari informasi ke website biasanya lebih mudah dan lebih lengkap ketimbang hanya melalui media sosial.

Mendalami Dunia Fotografi

Hasil foto yang berkualitas dengan hasil memuaskan tentu harus menggunakan teknik fotografi dan keahlian menggunakan kamera serta peralatan fotografi lainnya. Keunggulan memilih fotografer berkualitas dan profesional untuk momen yang penting adalah hasilnya bernilai seni tinggi karena tidak asal jepret mengambil gambar. Nah untuk memahami nilai seni ini tidak ada salahnya kita juga perlu untuk memahami sedikit tentang dunia fotografi itu sendiri. Dengan berbekal ilmu fotografi yang cukup kita dapat menentukan kriteria serta membedakan kualitas antara fotogarfer profesional dengan lebih baik.

Tanpa ilmu fotografi mungkin saja kita justru memiliki selera foto yang buruk dan menjadi tidak cocok dengan konsep yang ditawarkan oleh fotografer. Bukannya malah mendapatkan foto yang bagus, yang terjadi justru malah miskomunikasi dan yang terburuk mungkin saja fotografer profesional tersebut lebih memilih untuk menolak permintaan kita.

Pilih Dan Kenali Fotografer

Setelah mendapatkan fotografer dengan portofolio yang cocok. Bertanyalah atau diskusikan terlebih dahulu mengenai konsep yang ingin Anda tampilkan dalam foto. Jika ada permintaan tambahan, komunikasikan dengan fotografer sehingga pada waktu hari H pengambilan gambar, fotografer sudah mengetahui perlengkapan, persiapan yang dibutuhkan untuk mewujudkan keinginan Anda

Perlu diketahui setiap fotografer memiliki ciri khas dan style-nya sendiri. Anda bisa mengetahui dari caranya mengambil gambar dan hasil setelah diedit.

Perhatikan Testimoni

Sebelum memilih jasa layanan fotografi sebaiknya cari terlebih dahulu review atau testimoni orang-orang yang pernah menggunakan layanan jasanya. Seberapa baik pelayanan dan hasilnya. Oleh sebab itu pastikan fotografer yang Anda pilih benar-benar berpengalaman dan bisa diandalkan sehingga momen berharga dalam foto menjadi indah dan berkualitas.

Pastikan Berapa Biayanya Dan Fasilitas Lainnya Yang Diberikan

Sekarang, layanan jasa fotografer tidak hanya memberikan foto dokumentasi mentahannya saja, namun juga memberikan album memori dalam bentuk digital. Selain itu, tanyakan mengenai harga atau rincian biayanyaa. Anda bisa menanyakan apakah menyediakan pilihan paket. Jika ada pilih yang sesuai budget dan negosiasikan kembali jika ada item yang ingin ditambahkan atau dikurangi.

Beberapa fotografer atau studio foto mungkin tidak memberikan foto mentahan pada Anda namun memberikan layanan tambahan berupa editing retouching mendetail tanpa tambahan biaya lagi. Salah satu studio yang cukup baik dalam hal editing retouching adalah Shaniba Creative Industry.

Layanan Fotografer Profesional untuk Kebutuhan Bisnis

Pengalaman seorang fotografer tidak bisa dibeli, mereka sudah terbiasa bekerja di berbagai situasi dan kondisi dengan berbagai macam klien sehingga mengerti apa yang menjadi keinginan Anda dan membantu mewujudkannya. Selain itu, mereka bisa memberikan saran mengenai elemen-elemen yang dibutuhkan, misalnya warna pakaian, makeup dan rambut, tipe pakaian, warna background, properti yang akan digunakan, dan lain-lain. Nah khusus untuk layanan fotografi profesional yang bersifat komersial atau yang ditujukan untuk kepentingan bisnis atau usaha, Anda tidak perlu susah-susah memilih fotografer berkualitas. Ada banyak pilihan studio foto komersial diluar sana, namun yang cukum direkomendasikan adalah layanan fotografer profesional Shaniba Creative Industry.

Shaniba Creative Industry adalah studio foto komersial yang melayani beragam kebutuhan fotografi untuk personal hingga bisnis. Layanan yang tersedia antara lain jasa foto produk, jasa editing foto, serta jasa pembuatan foto profil untuk CV ataupun foto personel perusahaan. Shaniba Creative Industry cukup fokus pada bidang komersial sehingga kualitasnya sudah sangat teruji. Anda bisa melihat lebih lanjut mengenai portofolio hingga daftar harga layanan yang tersedia secara lengkap langsung melalui laman web resminya di shanibacreative.com. Yang paling menarik dari studio foto satu ini adalah, proses review dan penerimaan foto seluruhnya dilakukan secara online sehingga akan membuat kinerja Anda menjadi lebih efisien. Pemesanan foto juga cukup mudah yakni cukup hubungi customer service melalui Whatsapp di nomor 081 911 911 999 atau melalui Telegram di 081 911 911 999 / shanibacreative.

Bagaimana Apakah Anda tertarik dan yakin menggunakan jasa fotografer berkualitas? Jika Ya, ikuti tips yang sudah kami berikan dalam artikel ini. Bagi Anda yang pernah memiliki pengalaman unik dan menarik atau bahkan menyebalkan saat menggunakan jasa fotografer bisa berbagi cerita di kolom komentar yang sudah kami sediakan agar bisa dijadikan bahan pembelajaran dan informasi untuk kita semua.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.