Foto Produk yang Bagus - Shaniba Creative Industry

Tingkatkan Penjualan Dengan Foto Produk Yang Bagus

Foto Produk yang Bagus - Shaniba Creative Industry

Foto Produk yang Bagus – Foto oleh Randy Fath on Unsplash

Foto produk yang bagus diperlukan untuk kebutuhan promosi usaha Anda. Ini menjadi salah satu bagian penting yang dapat meningkatkan daya tarik produk tersebut saat dipasarkan. Ditampilkan ke berbagai media promosi dari cetak sampai online, kehadiran foto produk yang berkualitas bisa meningkatkan kepercayaan pembeli potensial.

Cara Membuat Foto Produk Yang Bagus

Lalu bagaimana foto produk bisa dianggap bagus? Berikut ini beberapa cara yang digunakan untuk membuat foto produk tersebut sudah layak untuk ditampilkan dalam promosi.

Setting Kamera

Sebuah foto produk yang bagus memberikan gambar produk yang jelas dan membuatnya tampak menarik. Tujuannya secara umum yaitu mencoba agar mampu menangkap gambar produk itu seasli mungkin. Produk perlu digambarkan sesuai dengan keadaan aslinya dan foto yang tanpa gangguan distorsi. Fotografi yang bagus sendiri dapat dimulai dari pengaturan kamera. Pengaturan optimal sebuah kamera bisa berbeda tergantung dari situasi, namun instruksi umum bisa diberikan untuk fotografi produk.

#1 Menggunakan Pengaturan Default

Saat ini bahkan dengan kamera murah dan ponsel pun bisa menangkap foto yang bagus dengan menggunakan pengaturan default. Jadi jika tidak ingin menciptakan karya seni tertentu secara umum lebih baik menggunakan pengaturan default.

#2 Menggunakan Long Focal Length

Saat lensa kamera berada pada panjang maksimum maka bisa meminimalkan distorasi. Lensa yang panjang maka bisa membuat fokus pada produk sementara latar belakangnya tidak. Ini bisa membuat latar belakang menjadi lembut dan produk yang difoto menonjol.

#3 Tidak Menggunakan Flash

Penggunaan flash dapat membuat foto terlihat amatir karena ada cahaya yang kurang alami. Bagian dari gambar akan terekspos berlebihan. Akan lebih baik menggunakan cahaya alami, atau menggunakan bantuan lighting khusus.

#4 Komposisi

Komposisi berarti bagaimana elemen diatur dalam sebuah foto. Misalnya bagaimana letak objek foto dengan latar belakangnya. Komposisi yang bagus akan membuat foto menjadi seimbang dan harmonis.

#5 Sudut

Pilihan angle atau pengambilan sudut kamera bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti bentuk dan kualitas produk, serta lokasi dan kamera yang digunakan. Seringnya lebih baik untuk mencoba memotret dari berbagai angle lalu menemukan yang terbaik. Memiliki beberapa pilihan foto produk akan lebih baik daripada hanya satu. Ini lebih memudahkan untuk mencari foto produk yang bagus.

Konten Foto

Menggunakan latar belakang putih tradisional dapat benar-benar membuat produk tersebut menonjol. Tak ada elemen yang akan mendistraksi gambar dan pencahayaan akan mudah fokus pada obyek foto. Foto seperti ini tidak benar-benar menawan namun sudah memenuhi syarat foto produk yang baik.

Fotografer profesional dan berpengalaman tidak hanya menangkap foto namun juga menciptakannya. Jadi mereka bisa membuat konten foto produk yang bagus dengan kejelian dan teknik yang dimiliki. Latar belakang yang tak umum bahkan bisa menjadikan foto produk tersebut menjadi lebih menarik. Namun pemula tentu saja perlu belajar jika ingin sampai ke titik tersebut.

Ciri Foto Produk Yang Bagus

Sebuah foto produk harus bisa digunakan sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai media promosi. Foto produk ini harus dapat menampilkan produk dalam bentuk 2 dimensi namun tetap bisa menggambarkannya dengan baik. Beberapa ciri foto produk yang bagus yang bisa kita rangkum yaitu

#1 Menarik Dan Menggugah Bagi Yang Melihat

Sebuah foto produk yang ditempatkan di berbagai media harus mampu menarik orang yang melihatnya. Foto tersebut harus tampil menawan sehingga calon pembeli menjadi semakin tertarik ingin membeli bukan malah mundur atau kecewa melihatnya. Sebuah gambar yang menarik biasanya ditunjang dengan kualitas gambar yang juga tinggi, ini bisa didapatkan dengan menggunakan jasa studio profesional.

#2 Menampilkan Produk Apa Adanya, Tidak Menipu

Meskipun harus tampil menarik, namun foto produk tetap harus tampil apa adanya tanpa tambahan efek yang berlebihan. Jika tampilan foto produk tersebut sudah diedit sedemikian rupa bahkan menjadi jauh dari aslinya maka permasalahan akan muncul saat pembeli melihat barangnya langsung. Foto yang berbeda dengan aslinya bisa menurunkan rasa kepercayaan para pembeli.

#3 Jelas Dan Detail

Foto produk yang bagus harus terlihat jelas dan menampilkan detail dengan baik. Saat pengambilan foto tersebut harus dipastikan file yang didapatkan sudah HD sehingga nantinya dapat diaplikasikan dengan baik ke berbagai media. Dalam hal promosi, media yang digunakan kadang berukuran besar sehingga foto produk tersebut harus tetap terlihat jelas bukannya kabur saat diperbesar.

#4 Menonjolkan Kelebihan Produk

Foto produk juga harus bisa menonjolkan kelebihan produk. Sudut atau angle saat pemotretan bisa berpengaruh pada penampakan foto produk ini. Foto tersebut harus bisa menampilkan dirinya dalam kondisi terbaik. Fitur produk yang menjadi keunggulan produk tersebut juga bisa diangkat dan ditonjolkan. Saat kelebihan produk terlihat dari fotonya maka bisa memberikan tambahan faktor daya jual pada produk tersebut.

#5 Sudah Bagus Sebelum Diedit

Foto produk yang baik seharusnya memang sudah tampil bagus sejak awal, sebelum diproses dalam editing. Mengedit foto memang hampir selalu diperlukan untuk membuat foto tersebut lebih baik dan cocok saat ditempatkan dalam sebuah media. Namun foto aslinya tidak boleh berkualitas rendah karena akan lebih menyulitkan saat mengedit.

#6 Bervariasi

Ada baiknya foto produk yang diambil bukan hanya satu sudut pandang saja namun bervariasi. Variasi ini juga bisa dihubungkan dengan varian produk seperti warna yang berbeda-beda. Foto produk harus bisa menunjukkan produk itu dengan jelas sehingga lebih banyak foto yang bagus akan lebih baik.

Foto Produk Untuk Kepentingan Penjualan

Pemasaran merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan. Di dalam pemasaran tersebut terdapat bidang promosi yang di dalamnya terkait dengan foto produk. Media promosi seperti brosur, katalog, billboard, website, bahkan media sosial memerlukan foto produk. Perusahaan-perusahaan modern yang memperhatikan kualitas pastinya akan memastikan bahwa foto produk yang dipakai juga memiliki standar yang baik. Produk yang bagus namun dengan foto produk yang jelek maka bisa menurunkan daya belinya. Jadi penting sekali untuk memastikan bahwa foto yang ditampilkan benar-benar bagus.

Selain kualitas produk itu sendiri, pemasaran mendapatkan peran yang cukup penting untuk mendorong penjualan. Sebagus apapun produk tersebut jika tanpa adanya pemasaran yang baik maka sulit untuk dilirik oleh konsumen. Produk tersebut awalnya harus dikenalkan pada calon pembeli potensial lalu dipasarkan secara luas.

Layanan Studio Foto Komersial adalah Solusi Tepat

Anda bisa bekerja sama dengan studio foto profesional yang menyediakan paket untuk foto produk. Pastikan untuk memilih studio foto terpercaya yang memiliki fotografer berpengalaman yang sudah terbiasa mengerjakan foto produk yang bagus. Jika Anda belum menemukan studio foto yang bagus untuk foto produk anda, coba ke Shaniba Creative Industry. Shaniba creative industry menyediakan layanan foto produk yang bagus dan sudah banyak pelaku usaha yang menggunakan jasa Shaniba Creative Industry. Anda bisa membuat foto untuk segala jenis produk dan Anda bisa memilih konsep foto seperti apa yang Anda inginkan. Tidak tanggung-tanggung, Shaniba Creative Industry menggunakan kamera full frame serta lighting khusus. Foto yang Anda terima sudah termasuk layanan retouching mendetail sehingga foto akan Anda dapatkan sangat berkulitas tinggi.

Beberapa pelaku usaha, khususnya UMKM, lebih suka memotret dengan Hand Phone atau kamera sendiri, tidak perlu khawatir. Shaniba Creative Studio juga menyediakan layanan Retouching lho. Layanan ini khusus untuk memaksimalkan post-processing, memaksimalkan kualitas foto produk anda sehingga tercipta foto produk yang bagus.

Kelebihan dari shaniba creative industry adalah Anda bisa melakukan preview hasil foto produk anda via online menggunakan galeri khusus, jadi anda tinggal duduk manis saja kami yang bekerja untuk membuat foto produk yang bagus untuk Anda. Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan berbagai metode, sangat praktis bukan?

Informasi mengenai layanan yang tersedia di Shaniba Creative Industry dapat Anda cek secara langsung di website resminya shanibacreative.com atau hubungi customer service di nomor 081 911 911 999.

Foto produk untuk usaha Anda menjadi bagian yang perlu mendapat perhatian lebih apalagi di era bisnis online seperti saat ini. Saat produk tersebut dipasarkan secara online, maka calon pembeli tidak bisa melihat dan memegangnya langsung namun hanya melalui foto produk. Foto produk yang bagus bisa menarik perhatian sehingga orang-orang tak ragu untuk membelinya

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *