Pilihan Genre Fotografi - Shaniba Creative Industry

Pilihan Genre Fotografi untuk Bisnis Ataupun Hobi Anda

Teguh Shaniba Fotografi Tinggalkan Komentar

Pilihan Genre Fotografi - Shaniba Creative Industry

Pilihan Genre Fotografi – Gambar oleh inno kurnia dari Pixabay

Fotografi terdiri dari beragam aliran yang berbeda-beda dan setiap orang sudah yang mempelajari fotografi normalnya menyukai sebuah aliran atau beberapa yang berhubungan dengan aliran tersebut. Untuk fotografer pemula, biasanya senang untuk mempelajari beragam pilihan genre fotografi sebelum akhirnya memutuskan aliran fotografi mana yang paling sesuai dengan minatnya. Berikut ini adalah bermacam-macam pilihan genre fotografi yang dapat Anda gunakan sebagai bahan referensi:

Landscape Photography

Pilihan genre fotografi ini sangat pas bagi Anda yang mencintai karya fotografi dengan kecenderungan melihat dan menyaksikan pemandangan indah di lingkungan sekitar atau saat travelling ke objek-objek yang indah lalu Anda pun mengabadikannya dalam bentuk foto.

Maksud dari istilah Landscape Photography ini ialah menampilkan ruang dalam yang ada di dunia, meliputi pemandangan alam, yang terkadang luas serta tidak berujung, nan muter kadang juga terlihat mikroskopis. Biasanya aliran fotografi landscape sendiri fokus menangkap keindahan alam yang natural akan tetapi juga bisa lebih fokus terhadap buatan manusia.

Jenis foto yang satu ini umumnya diaplikasikan pada pembuatan kartu pos, kalender, ataupun memorabilia.

Street Photography

Biasa disebut sebagai fotografi jalanan, yaitu aliran fotografi yang terbilang sangat menarik. Street Photography ini biasanya bertujuan merekam aktivitas sehari-hari. Thomas Leuthard mengungkapkan jika aliran fotografi ini hanya berupa dokumentasi kehidupan yang diperlihatkan di depan umum secara jujur dan alami.

Street Photography juga memakai teknik yang menampilkan tujuan murni atau suatu visi seperti cerminan kondisi masyarakat. Selain itu, aliran ini juga termasuk aliran yang pengambilan gambarnya mengutamakan objek. Aliran fotografi satu ini objek maupun subjeknya cukup mudah didapatkan namun akan membutuhkan waktu serta dedikasi tinggi untuk memperoleh komposisi yang tepat karena sebagian besar momen yang ditangkap adalah momen bersifat insidentil.

Journalism Photography

Photojournalism ialah bentuk khusus pada jurnalisme dengan menciptakan gambar supaya bisa menceritakan kisah berita. Aliran fotografi satu ini cukup mirip dengan street photography hanya saja alur cerita yang dibuat akan lebih fokus pada kejadian tertentu karena hasil foto normalnya akan digunakan untuk kebutuhan media massa.

Still Life

Pengambilan gambar berupa benda mati secara artistik lewat pemanfaatan cahaya pembantu, seperti benda-benda kecil atau makro. Fotografer yang menyukai aliran fotografi ini biasanya sangat mencintai detail.

Portrait Photography

Foto portrait dapat dikatakan juga sebagai foto profil, yakni aliran fotografi yang berfokus dalam mengambil foto seseorang sekaligus menggambarkan pesan serta menyiratkan kepribadian orang tersebut melalui sebuah gambar. Foto portrait dapat dilakukan dengan beragam teknik, hanya saja kita akan membutuhkan model untuk melengkapi foto portrait kita.

Menjalankan Usaha di Bidang Fotografi

Bila Anda ingin fokus berbisnis di dunia fotografi, memiliki genre spesifik serta merek usaha Anda adalah hal yang wajib. Tidak memiliki genre spesifik akan membuat calon pelanggan Anda bingung untuk memahami kelebihan dari jasa fotografi Anda atau yang paling buruk, pelanggan mungkin akan menganggap bahwa Anda sepertinya tidak mahir dalam genre manapun. Sebagai pemula, mempelajari semua pilihan genre fotografi akan membantu Anda dalam menemukan passion serta aliran utama Anda. Setiap pilihan genre fotografi akan memiliki pasarnya masing-masing dan Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, selama kualitas kerja Anda bagus dan Anda rajin berpromosi, bisnis Anda akan dapat berjalan seperti seharusnya.

Bagi semua yang menyukai portrait ataupun still life photography, Anda memiliki kesempatan untuk membuka studio foto Anda sendiri. Kedua aliran fotografi ini dapat dikembangkan menjadi sebuah aliran baru yakni Commercial Photography yang berfokus untuk membuat konten promosi bagi perusahaan. Salah satu contoh studio foto yang mengambil aliran fotografi ini adalah Shaniba Creative Industry. Studio foto satu ini menyediakan beragam layanan fotografi komersial seperti jasa foto produk, jasa foto profil dan portrait, serta jasa edit foto dan high end retouching. Seluruh layanan dapat dipesan secara online sehingga lebih efisien. Detail mengenai studio fotografio komersial satu ini dapat Anda pelajari melalui laman web Shaniba Creative Industry.

Demikian artikel mengenai pilihan genre fotografi ini, semoga Anda menemukan aliran yang sesuai dengan passion Anda.

Shaniba Creative Industry

Butuh layanan fotografi segera?

Shaniba Creative Industry solusinya. Klik menu dibawah untuk informasi lengkap.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *