Media Sosial untuk Profesional - Shaniba Creative Industry

Manfaatkan 5 Media Sosial Untuk Profesional Ini dalam Berbisnis

Media Sosial untuk Profesional - Shaniba Creative Industry

Media Sosial untuk Profesional – Gambar oleh William Iven dari Pixabay

Penggunaan media sosial mungkin lebih dikenal untuk urusan casual, hiburan, dan pribadi saja. Namun, beberapa perusahaan IT telah membuat fitur media sosial untuk profesional terutama yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Dengan menggunakan media sosial ini, maka perusahaan bisa memanfaatkannya untuk berkomunikasi dengan karyawan atau calon karyawan dengan lebih efektif.

Apa saja media sosial untuk profesional tersebut?

#1 Facebook Workplace

Facebook bisa dibilang merupakan perusahaan sosial media terbesar. Selain memiliki berbagai sosial media casual, saat ini Facebook juga meluncurkan sosial media terbaru untuk kalangan korporasi dan profesional. Sosial media ini dinamai dengan Workplace.

Secara umum, tampilan dan fitur yang ada di Workplace cukup mirip dengan Facebook. Seperti news feed, reactions, group, hingga chatting. Karena itu, bagi Anda yang baru menggunakan Workplace, Anda tidak akan merasa terlalu kebingungan.

#2 LinkedIn

Bagi Anda yang ingin membangun relasi profesional, mencari pekerjaan, atau mencari pekerja, LinkedIn bisa menjadi sosial media yang tepat untuk menjawab kebutuhan ini. Selain itu, LinkedIn juga bisa menjadi sosial media yang bagus untuk dimanfaatkan oleh para pebisnis. Bisa jadi, bisnis Anda akan menarik perhatian beberapa pihak dan mendapatkan investor baru.

#3 Yammer

Layanan media sosial Yammer pertama kali diluncurkan pada tahun 2008. Kemudian, di tahun 2012, Yammer dibeli oleh Microsoft. Sosial media ini tepat digunakan sebagai media komunikasi internal perusahaan atau organisasi.

Akses ke Yammer ditentukan oleh ranah internet pengguna. Jadi, hanya pengguna dengan alamat surel tertentu saja yang bisa bergabung ke dalam jaringan. Selain itu, Yammer juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda berbagai informasi dengan rekan kerja Anda lainnya. Mulai dari berbagi data, file, hingga foto. Informasi lebih lanjut tentang Yammer dapat Anda peroleh di laman web Microsoft

#4 Slack

Aplikasi ini merupakan aplikasi chatting online yang bisa Anda manfaatkan untuk bertukar informasi dengan sesama anggota tim. Dengan menggunakan Slack, Anda bisa melakukan koordinasi secara lebih mudah dengan anggota tim lainnya. Dengan media sosial untuk profesional satu ini, Anda juga bisa berbagi data dan file serta memanfaatkan fitur lain yang ada di Slack untuk meningkatkan produktivitas tim.

#5 Google+

Google+ yang dilengkapi dengan Circle dan Hangout bisa menjadi sosial media yang tepat untuk komunikasi dan koordinasi tim. Anda bisa berinteraksi dengan menggunakan video dan membagikan informasi kepada anggota grup secara khusus. Selain itu, admin juga dapat melakukan pembatasan posting atau Hangout yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi. Untuk menggunakan Google+, ada syarat khusus yang perlu Anda miliki yakni akun Anda adalah akun perusahaan dan memiliki fasilitas Gsuite.

Membuat Profil dan Postingan Anda Lebih Meyakinkan

Laman Profil dan Feed Anda adalah Modal Utama

Menggunakan media sosial berarti Anda akan menampilkan profil usaha Anda secara digital agar calon pelanggan atau klien dapat mempelajari mengenai usaha Anda tanpa harus bertanya secara langsung. Hal ini adalah sebuah keuntungan, namun ada resiko juga dibaliknya. Ketika calon pelanggan atau klien membuka laman media sosial Anda, mereka akan menilai kita dari kesan pertama saat mereka melihat laman profil atau postingan kita. Menggunakan media sosial untuk profesional berarti kita harus menampilkan konten profesional. Mengisi laman media sosial profesional kita dengan konten tidak berkualitas akan secara langsung mempengaruhi rating perusahaan.

Mengisi feed media sosial kita dengan hal berkualitas adalah hal yang sangat menantang apalagi zaman sekarang feed atau postingan media sosial sangat membutuhkan materi foto atau video agar maksimal. Membuat caption atau artikel secara bersamaan dengan menampilkan materi foto yang relevan akan sangat sulit dan menghabiskan banyak waktu.

Gunakan Jasa Pihak Ketiga untuk Membantu Anda Membuat Feed Berkualitas

Kini sudah banyak perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan feed media sosial untuk profesional dalam konsep yang kreatif. Hanya saja dari segi pembiayaan mungkin akan sedikit tinggi dikarenakan hal kreatif memang tidak murah. Solusi kedua yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah dengan menggunakan jasa studio foto komersial. Jadi perusahaan akan fokus membuat caption lalu studio foto komersial yang akan mengerjakan materi fotonya.

Ada banyak pilihan studio foto komersial di luar sana, salah satu yang cukup recommended adalah Shaniba Creative Industry. Studio foto satu ini fokus pada layanan fotografi untuk kebutuhan bisnis maupun jasa profesional. Tersedia beberapa layanan utama yang pertama adalah jasa foto produk untuk membantu Anda membuat materi iklan ataupun katalog produk dengan kualitas premium. Layanan kedua adalah jasa foto profil dan portrait, layanan ini akan sangat cocok bila Anda membangun usaha jasa profesional yang membutuhkan foto profil terbaik untuk menghias laman utama media sosial. Layanan ketiga adalah layanan jasa editing foto dan high end retouching untuk membantu Anda memaksimalkan seluruh foto hasil jepretan Anda agar maksimal digunakan pada media sosial untuk profesional. Kunjungi laman web Shaniba Creative Industry untuk informasi lebih lanjut.

Demikian artikel mengenai media sosial untuk profesional ini. Selain 5 sosial media yang disebutkan, tentu saja ada media sosial lain yang bisa Anda coba gunakan. Namun, 5 sosial media tersebut adalah yang paling umum dan sering digunakan oleh orang-orang. Di antara 5 sosial media tersebut, manakah yang pernah Anda gunakan?

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *