Cara Menentukan Materi Yang Bagus Untuk Media Sosial

Menentukan Materi yang Bagus untuk Media Sosial - Shaniba Creative Industry

Menentukan Materi yang Bagus untuk Media Sosial – Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Siapa saja pasti bisa menggunggah konten atau materi untuk platform media sosial yang dimilikinya. Namun, menentukan materi yang bagus untuk media sosial adalah suatu hal yang bisa dibilang sangat menantang. Apalagi jika Anda ingin mendapatkan interaksi yang bagus dari konten tersebut. Tentu saja dibutuhkan strategi yang menarik, kuat, dan juga beragam.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menentukan materi yang bagus untuk media sosial, lalu diunggah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

#1 Menggunakan Konten Yang Dihasilkan Oleh Pengguna

Salah satu cara praktis untuk meningkatkan keterlibatan dan jangkauan adalah dengan menggunakan konten yang dihasilkan oleh pengguna Anda. Jangan lupa untuk mencantumkan nama pengguna tersebut sebagai sumber konten. Dengan begitu, mereka akan lebih merasa dihargai oleh Anda.

Ada beberapa akun yang menggunakan cara ini untuk mendapatkan interaksi. Salah satunya adalah GoPro. Akun GoPro mengunggah ulang hasil tangkapan yang didapat oleh para penggunanya dengan mencantumkan username pengguna sebagai sumber. Ini adalah cara yang sangat efektif dalam menentukan materi yang bagus untuk media sosial.

Cara ini akan membuat follower Anda merasa dihargai dan diperhatikan. Bahkan, bukan tidak mungkin mereka akan membagikannya dan membuat jangkauan Anda menjadi semakin luas. Hanya saja untuk menjalankan tips ini Anda perlu terlebih dahulu memiliki pelanggan atau brand ambassador yang Anda pilih untuk menggunakan produk Anda.

#2 Manfaatkan Live Streaming

Livestreaming adalah salah satu cara bagus yang jarang dimanfaatkan oleh orang lain. Anda bisa menggunakan Live Streaming di Facebook, Instagram, dan YouTube atau melakukan live testing terlebih dahulu. Sayangnya, live streaming di Instagram tidak bisa Anda simpan. Sehingga akan hilang begitu saja setelah Anda melakukan live.

Jika Anda berencana melakukan live streaming, pastikan Anda fokus mempromosikan sesuatu selama live streaming. Sehingga, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan prospek dan terlibat langsung dengan audiens Anda.

#3 Infografis

Tips menentukan materi yang bagus untuk media sosial selanjutnya adalah dengan memanfaatkan infografis. Infografis biasanya akan lebih mendapat banyak engagement dan share dibandingkan dengan postingan biasa. Hal ini karena, penyampaian info melalui infografis terasa lebih eye catching dan mudah dipahami.

#4 Testimoni Klien

Jika akun Anda adalah akun bisnis, tidak ada salahnya untuk membagikan testimonial klien pada waktu – waktu tertentu. Materi seperti ini dapat membantu brand Anda agar lebih dipercaya. Penyampaian testimoni ini bisa Anda buat dalam bentuk video agar lebih menarik dan terlihat profesional.

Sama seperti menggunakan konten pengguna, testimoni adalah pilihan terbaik dalam menentukan materi yang bagus untuk media sosial. Hanya saja Anda perlu memiliki pelanggan atau brand ambassador agar teknis satu ini bisa berjalan.

#5 Tutorial Dan Panduan

Materi tutorial dan panduan adalah materi yang selalu bisa Anda gunakan. Ada banyak contoh tutorial dan panduan melakukan sesuatu yang bisa Anda berikan kepada audiens Anda. Namun, pastikan materi tutorial atau panduan yang Anda berikan masih berkaitan dengan materi utama atau branding yang ingin Anda munculkan.

#6 Membuat Konten yang Kreatif dengan Jasa Studio Foto Komersial

Sebagian besar platform media sosial selalu menyediakan fasilitas pengunggahan berkas foto sebagai pelengkap feed atau postingan Anda. Bahkan bila Anda menggunakan Instagram, foto atau video adalah bahan utama dari feed Anda.

Dalam keseharian kita, mungkin kita pernah membaca sebuah kalimat yang berbunyi “because visual speaks louder”. Kalimat ini adalah sebuah fakta yanga terjadi dalam dunia pemasaran. Sebuah foto atau video dapat menyampaikan pesan yang sangat mendalam. Jadi, kita harus hati-hati dalam konten terutama yang berupa foto. Bila kita mengunggah materi foto yang kurang bagus, foto tersebut akan memberikan gambaran yang kurang menarik atas bisnis kita pada pemirsa media sosial perusahaan.

Namun permasalahan utamanya adalah, membuat foto yang bagus itu tidaklah mudah. Menjalankan operasional perusahaan sudah menjadi hal yang melelahkan apalagi jika kita masih harus berurusan dalam proses pembuatan foto kreatif. Jika masalah ini terjadi, solusi terbaik adalah dengan menggunakan jada layanan studio foto komersial. Ada banyak pilihan studio foto komersial diluar sana dan salah satu yang cukup bagus adalah Shaniba Creative Industry. Studio foto satu ini dapat membantu Anda dalam membuat dan juga menentukan materi yang bagus untuk media sosial. Terdapat 3 macam layanan yang akan sangat cocok untuk kebutuhan Anda.

Layanan pertama adalah jasa foto produk untuk membuat foto produk kreatif dan berkualitas. Layanan kedua adalah jasa foto profil dan portrait, layanan ini akan sangat Anda butuh kan bila Anda adalah seorang public figure atau seorang pekerja profesional dimana foto profil Anda adalah sebuah aset yang berharga. Layanan ketiga yang tidak kalah keren dan tidak banyak disediakan oleh studio foto secara umum adalah layanan editing foto dan highend retouching. Semua layanan ini dapat Anda pesan secara online dan sudah tentu membuat kinerja Anda lebih efisien. Kunjungi laman web Shaniba Creative Industry untuk informasi lebih lanjut

Itulah beberapa langkah dalam menentukan materi yang bagus untuk media sosial, yang bisa Anda coba. Di antara materi tersebut, manakah yang belum pernah Anda coba?

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *