Menjual Jasa di Media Sosial - Shaniba Creative Industry

Begini Caranya Menjual Jasa di Media Sosial dengan Baik dan Benar

Menjual Jasa di Media Sosial - Shaniba Creative Industry

Menjual Jasa di Media Sosial – Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Pemasaran produk jasa tentu saja membutuhkan trik yang agak berbeda dengan menjual produk fisik. Salah satunya, karena penjualan penjualan jasa tidak memiliki wujud fisik. Sehingga, sebagian calon pelanggan tidak memiliki gambaran jelas mengenai produk yang ditawarkan. Begitu juga bila Anda menjual jasa di media sosial sebagai strategi pemasaran sehingga tidak bertemu langsung dengan calon klien atau pelanggan.

Meski begitu, bukan berarti produk jasa tidak bisa ditawarkan melalui media sosial. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjual jasa lewat media sosial dan mendapatkan profit dari sana.

#1 Gunakan Key Opinion Leader

Key Opinion Leader adalah orang yang memiliki pengaruh dalam topik tertentu. Anda bisa memanfaatkan mereka untuk membangun citra brand yang Anda miliki. Jangan lupa untuk mencari key opinion leader dengan citra yang baik dan sesuai dengan brand Anda. Hal ini juga dapat memberikan kesan positif terhadap brand Anda terutama bila menjual jasa di media sosial.

#2 Tentukan Harga Yang Sesuai

Menentukan harga untuk layanan jasa mungkin lebih sulit dibandingkan dengan produk fisik. Meski begitu, Anda tidak bisa menetapkan harga dengan sembarangan. Dalam menjual produk jasa, yang terpenting adalah membangun brand dan kepercayaan pelanggan.

Salah satunya dengan memiliki layanan penjualan dan brand yang kuat. Semakin baik citra brand dan kepercayaan pelanggan, maka akan semakin mudah Anda menaikkan harga layanan.

#3 Tanggapi Keluhan Konsumen

Baik menjual produk fisik ataupun jasa, keluhan konsumen sudah pasti akan selalu ada. Jika hal ini datang kepada Anda, pastikan Anda bisa menjawab keluhan tersebut sebaik mungkin. Yakinkan pelanggan Anda bahwa Anda mengerti keluhan yang disampaikan dan akan menyelesaikan masalah tersebut. Kelebihan dalam menjual jasa di media sosial adalah Anda dapat memanfaatkan fitur chat yang tersedia (di beberapa platform tertentu) sehingga menambah varian media komunikasi yang efektif dengan pelanggan.

#4 Berikan Reward Kepada Pelanggan

Selain menanggapi keluhan, Anda juga bisa memberikan reward atau penghargaan kepada pelanggan yang merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. Misalnya berupa diskon bagi pelanggan yang membawa temannya untuk membeli jasa Anda.

#5 Berikan Promo Menarik

Hampir setiap pelanggan pasti menyukai diskon. Anda bisa memanfaatkan ini untuk menjaga pelanggan lama dan menarik pelanggan baru. Anda bisa memanfaatkan promo ini untuk mengumpulkan data pelanggan baru juga. Seperti nomor WhatsApp, email, dan lain – lain. Dengan begitu, Anda bisa berkomunikasi dengan mereka di lain waktu.

#6 Manjakan Pembeli Dengan Layanan Maksimal

Di atas semua itu, hal yang terpenting dalam menjual jasa di media sosial adalah layanan yang Anda berikan. Pastikan Anda selalu memberikan layanan maksimal yang membuat pelanggan Anda merasa puas. Jaga komunikasi dengan pelanggan juga menjadi cara yang menarik untuk Anda gunakan. Dengan begitu, pelanggan akan tetap tertarik menjalankan bisnis dengan Anda.

#7 Konsisten Dalam Menerbitkan Konten

Dalam menjual produk jasa, membangun brand adalah sebuah kunci yang penting Anda miliki. Salah satunya adalah dengan menerbitkan konten secara konsisten. Ada banyak konten yang bisa Anda buat sesuai dengan citra yang ingin Anda bangun mengenai perusahaan Anda.

Konten ini bisa berupa video di YouTube, post Instagram, Instastory, artikel, dan lain sebagainya. Pastikan juga Anda membuatnya secara rutin dan sesuai dengan produk jasa yang Anda miliki. Dengan begitu brand awareness dari produk Anda juga bisa lebih dikenal dan lebih memudahkan Anda dalam menjual jasa di media sosial.

#8 Buat Konten Semenarik Mungkin

Masih berhubungan dengan penjelasan sebelumnya. Rajin membuat konten akan meningkatkan brand awareness perusahaan, namun isi dari konten tersebut juga tidak kalah penting. Banyak membuat konten yang tidak berkualitas justru akan menurunkan citra perusahaan. Hal ini sangat berpengaruh karena saat kita menjual jasa di media sosial, calon pelanggan akan menilai keprofesionalitasan secara sepintas dengan melihat informasi yang tersedia di laman media sosial kita.

Membuat konten berkualitas sekaligus rajin membuat konten itu sendir adalah hal yang menantang atau justru melelahkan. Kedua hal ini adalah hal yang berbau kreatif sehingga membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya. Perusahaan besar pada umumnya telah memiliki divisi kreatif sendiri yang mengurusi urusan pembuatan konten. Banyak juga perusahaan kreatif yang menjual jasa pembuatan konten dengan biaya yang tidak murah (sesuai kualitas). Bagi perusahaan menengah mungkin membuat divisi marketing akan menguras banyak anggaran sehigga justru tidak efisien.

Solusi terbaik untuk membuat konten secara berkala namun tetap berkualitas dalam menjual jasa di medis sosial adalah dengan mengerjakan materi Anda sendiri, lalu menyerahkan proses pembuatan materi foto atau video ke studio fotografi/videografi komersial.

Ada banyak pilihan studio komersial yang layanannya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dari banyak pilihan yang ada, yang cukup recommended adalah Shaniba Creative Industry. Studio fotografi ini memang hanya berfokus pada materi foto, hanya saja layanan yang diberikan dapat membantu Anda membuat foto yang kreatif. Dengan memiliki banyak stok foto Anda akan lebih terbantu dalam membuat konten dalam menjual jasa di media sosial.

Layanan yang diberikan di Shaniba Creative Industry antara lain jasa foto produk, jasa foto profil portrait, dan layanan editing foto serta high end retouching. Ketiga layanan ini akan sangat membantu Anda dalam membuat konten kreatif di akun media sosial perusahaan. Yang lebih keren lagi, semua layanan ini dapat Anda pesan secara online. Kunjungi laman web Shaniba Creative Industry untuk infomasi lebih lanjut tentang layanan yang ada.

Itulah beberapa cara menjual jasa di media sosial yang bisa Anda coba. Meski begitu, kesabaran dan kreativitas juga turut mendukung hasil yang akan Anda dapatkan. Apalagi, penjualan jasa lewat media sosial juga semakin ketat dari waktu ke waktu.

Bagikan artikel ini ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *